Passkey: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Paskey Pengertian, Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan semakin berkembangnya teknologi, keamanan informasi menjadi hal yang sangat penting. Passkey adalah salah satu metode yang bisa diupayakan demi melindungi data sensitif dari akses yang tanpa izin. Tidak hanya individu saja yang menggunakannya, tapi juga banyak organisasi yang menggunakan metode keamanan tersebut.

Agar lebih memahami perihal passkey, mari kita simak berbagai hal yang ada di dalamnya.

Apa Itu Passkey?

Secara umum, passkey adalah sebuah kode atau kata sandi yang diperlukan untuk membuka akses ke suatu sistem atau layanan. Misalnya, dalam penggunaan sehari-hari, passkey bisa merujuk pada kunci fisik yang digunakan untuk membuka pintu atau mengakses ruangan tertentu. Namun, dalam era digital seperti sekarang, passkey lebih sering mengacu pada kata sandi atau kode akses digital yang digunakan untuk autentikasi pengguna.

Apa Itu Passkey

Dengan menerapkan passkey, pengguna diharuskan untuk memasukkan kode atau kata sandi yang benar sebagai proses autentikasi. Hal ini memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki otorisasi yang tepat yang bisa mendapatkan akses yang diinginkan.

Dalam dunia teknologi informasi, passkey menjadi salah satu mekanisme yang sangat penting dalam menjaga keamanan data dan sistem. Tanpa adanya passkey yang tepat, resiko kebocoran informasi atau penyalahgunaan fasilitas dapat meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, penting bagi setiap organisasi atau individu untuk memastikan penggunaan passkey yang kuat dan aman sebagai bagian dari strategi keamanan mereka.

Baca Juga:  Apa Itu Snooping? Pengertian, Tujuan dan Cara Mencegahnya

Sejarah Passkey

Passkey, sebagai alternatif untuk kata sandi merupakan metode otentikasi yang dapat dilacak hingga sejarah awal penggunaan komputer. Namun, untuk memberikan konteks lebih lanjut, kita dapat melihat evolusi otentikasi dan keamanan dalam dunia komputasi:

1. Password Sederhana

Konsep dasar penggunaan kata sandi atau password telah ada sejak awal komputasi. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem atau data dengan cara yang relatif aman (meskipun kata sandi yang lemah dapat menjadi kerentanan).

2. Token dan Kode Akses

Pada awalnya, token fisik seperti kartu akses atau dongle khusus digunakan sebagai pengganti atau pelengkap password. Ini adalah bentuk awal dari apa yang kemudian kita kenal sebagai passkey. Pengguna akan memasukkan password mereka, dan kemudian menggunakan token untuk otentikasi tambahan.

3. Passkey dan Kode Otentikasi

Seiring dengan perkembangan teknologi, passkey menjadi istilah yang lebih umum digunakan. Passkey bisa berupa kombinasi angka atau karakter yang unik untuk setiap pengguna. Pengguna akan diminta memasukkan passkey mereka bersamaan dengan kata sandi mereka untuk mengakses sistem atau data.

4. Penggunaan Modern

Saat ini, passkey atau kunci pengganti semakin berkembang dengan teknologi seperti autentikasi dua faktor (2FA) atau autentikasi multi-faktor (MFA), di mana selain kata sandi, pengguna juga perlu memberikan informasi tambahan seperti kode yang dikirim melalui pesan teks atau aplikasi otentikasi, sidik jari, atau verifikasi wajah.

Manfaat Passkey

Manfaat Passkey

Tentu saja passkey adalah teknologi yang memiliki manfaat, diantaranya:

1. Login yang lebih mudah

Dibandingkan dengan memasukkan sandi panjang dan rumit, pengguna dapat dengan mudah masuk ke akun mereka dengan memasukkan passkey, yang mungkin berupa pola, sidik jari, atau metode lainnya yang lebih sederhana.

2. Kompatibilitas cross-platform

Passkey seringkali dapat digunakan secara lintas platform, artinya pengguna dapat menggunakannya untuk masuk ke berbagai layanan dan perangkat yang berbeda tanpa perlu mengubah metode autentikasi.

3. Tidak repot menghapalkan sandi

Pengguna tidak perlu mengingat sandi yang rumit atau mengelola banyak kata sandi untuk berbagai akun. Ini mengurangi resiko lupa sandi dan juga menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan kata sandi yang mudah ditebak.

Baca Juga:  Cara Kerja Hacker dan Cara Terhindar dari Peretasan

4. Keamanan yang lebih baik

Beberapa jenis passkey, seperti autentikasi dua faktor yang menggunakan sidik jari atau pemindaian wajah, dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada kata sandi saja, karena lebih sulit untuk diretas atau diretas.

5. Pengalaman pengguna yang lebih baik

Passkey dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan metode autentikasi yang lebih cepat dan lebih nyaman, meminimalkan hambatan yang dapat mencegah pengguna untuk mengakses layanan atau perangkat mereka dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Passkey

Kelebihan Passkey:

Kelebihan dan Kelemahan Passkey

1. Kemudahan Penggunaan

Passkey seringkali lebih mudah digunakan dibandingkan dengan metode keamanan lainnya seperti kunci fisik atau token. Pengguna hanya perlu mengingat satu kode atau kata sandi untuk mengakses berbagai layanan.

2. Keamanan yang Tinggi

Dengan passkey yang cukup panjang dan kompleks, tingkat keamanannya bisa sangat tinggi. Ini membuatnya sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk menebak atau membobol passkey tersebut.

3. Pengelolaan Akses

Passkey memungkinkan administrator untuk dengan mudah mengelola akses pengguna. Mereka dapat dengan cepat menetapkan atau mencabut akses dengan mengubah passkey yang terkait.

Kekurangan Passkey

1. Resiko Lupa

Salah satu resiko utama dari passkey adalah kemungkinan pengguna lupa kode atau kata sandinya. Jika ini terjadi, pengguna bisa kehilangan akses ke sistem atau layanan yang diinginkan.

2. Serangan Brute Force

Meskipun passkey yang kompleks dapat sangat sulit untuk ditebak, serangan brute force masih merupakan ancaman potensial. Serangan ini melibatkan mencoba kombinasi passkey secara berulang-ulang sampai berhasil.

3. Phishing dan Social Engineering

Penggunaan passkey tidak sepenuhnya melindungi dari serangan phishing atau social engineering. Penipu masih bisa mencoba memperoleh passkey dengan mengelabui pengguna melalui teknik sosial atau rekayasa.

Kesimpulan

Passkey adalah alat keamanan yang penting dalam dunia digital saat ini. Dengan memberikan lapisan tambahan keamanan dan autentikasi, passkey membantu melindungi data dan sistem dari akses yang tidak sah. Pelajari lebih jauh mengenai dunia IT bersama Coding Studio.

Related Articles