judul skripsi

Judul Skripsi, Perlu Diketahui Inilah Tips atau Cara Membuat yang Baik dan Benar

Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang wajib ditulis oleh seorang mahasiswa sebagai syarat kelulusan dari suatu perguruan tinggi. Penulisan ini dilakukan oleh mahasiswa di tingkat akhir, dalam menulis skripsi sebelumnya tentu seorang mahasiswa sudah menentukan judul skripsi yang dipilih.

Jika sudah memasuki tingkat akhir pada perguruan tinggi adalah hal yang membahagiakan bagi seorang mahasiswa. Nah namun selain membahagiakan di semester akhir inilah mahasiswa harus bekerja lebih keras agar bisa lulus.

Sebagian mahasiswa mungkin akan mengaku bahwa pembuatan skripsi merupakan hal yang paling sulit dan menegangkan dan dengan penulisan skripsi inilah yang akan menentukan kapan akan lulus ketika semuanya sudah disetujui oleh dosen pembimbing ataupun lulus pada ujian skripsi yang diselenggarakan.

Tips Dalam Mencari Referensi Untuk Judul Skripsi yang Tepat

judul skripsi
Judul Skripsi, Perlu Diketahui Inilah Tips atau Cara Membuat yang Baik dan Benar 5

·       Sesuaikan dengan minat

Sama halnya seperti pekerjaan, jadi sebelum Anda memasuki dunia pekerjaan Anda bisa berlatih untuk memilih hal yang sesuai dengan passion Anda. Jadi ketika Anda mengerjakannya Anda tidak terkendala, jika pun terkendala Anda akan enjoy melakukannya karena bidang tersebut sesuai dengan minat Anda. Jadi tips yang pertama ini akan memudahkan Anda dalam mencari ide-ide yang menarik.

·       Memilih judul skripsi dengan bidang yang paling disukai

Sama halnya dengan menyesuaikan dengan minat Anda, selanjutnya pilihlah judul yang sesuai dengan bidang yang paling Anda sukai. Contohnya pada jurusan akuntansi biasanya terdiri dari 6 bidang peminatan yaitu akuntansi dan keuangan, perpajakan, audit, akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen bisnis atau sistem informasi akuntansi.

Ada baiknya sebelum memasuki tahun akhir, Anda sudah memilih bidang peminatan ini sedini mungkin. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mempersiapkan diri kira-kira bidang peminatan apa yang paling Anda sukai sehingga untuk membuat judul skripsi nantinya Anda tidak akan kesulitan.

·       Memperkaya referensi

judul skripsi
Judul Skripsi, Perlu Diketahui Inilah Tips atau Cara Membuat yang Baik dan Benar 6

Selanjutnya tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperkaya berbagai referensi mulai dari internet ataupun skripsi dari kakak tingkat Anda di kampus. Dengan membaca referensi ini pasti Anda akan mendapatkan pencerahan untuk menentukan judul yang tepat untuk skripsi Anda. Adapun di bawah ini terdapat contoh judul skripsi khususnya untuk jurusan Akuntansi.

Contoh judul yang ada di bawah ini semoga bisa menjadi referensi untuk Anda dan dari sini Anda bisa langsung terinspirasi dan bisa menentukan judul yang baik untuk skripsi Anda.

–          Peran Laporan Keuangan dan Intuisi dalam Pengambilan Keputusan Kredit

Contoh yang pertama bisa sebagai referensi untuk Anda yang tertarik dengan ilmu perkreditan. Seperti yang diketahui kredit ini tidak hanya dilakukan oleh perorangan saja namun perusahaan besar juga banyak yang memanfaatkan kredit untuk usaha perusahaan agar lebih besar. Jadi jika Anda membahas hal ini pada skripsi Anda sepertinya akan banyak sumber referensi yang bisa Anda cari.

–          Evaluasi Hasil Pemilihan Alternatif Leasing atau Pinjaman Bank sebagai Bahan Pembiayaan PT. Nusantara Bakri

Contoh selanjutnya cocok dipilih bagi Anda yang tertarik untuk membahas perusahaan leasing ataupun tertarik untuk melakukan penelitian pada sebuah bank terkait pembiayaan yang dilakukan untuk sebuah perusahaan yang besar.

–          Hubungan Antara Kinerja Lingkungan dan Luas Pengungkapan Lingkungan dengan Kinerja Keuangan

Contoh yang ketiga ini mungkin bisa dibahas untuk bidang peminatan sistem informasi akuntansi di mana pada akuntansi juga dibahas kinerja keuangan yang tentunya akan berpengaruh pada berjalannya sebuah perusahaan.

–          Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Menggunakan Nilai Tambah dan Laba Rugi

Sama halnya dengan contoh sebelumnya, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan penelitian di bank khususnya bank syariah maka ide judul ini bisa Anda jadikan sebagai referensi yang dibahas pada skripsi Anda.

–          Perhitungan Pajak Penghasilan Badan Pasal 25 dalam Penyajian Laporan Keuangan

Tidak hanya di perbankan saja yang bisa Anda jadikan sebagai tempat penelitian, contoh selanjutnya ini bisa Anda pilih jika Anda tertarik pada bidang peminatan perpajakan. Seperti yang diketahui berdasarkan 6 bidang peminatan yang disebutkan tadi, bidang akuntansi ini termasuk jurusan yang cukup luas prospek kerjanya. Jadi jika Anda tertarik untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pajak maka Anda bisa memilih jurusan kuliah akuntansi.

–          Peran Mediasi Orientasi Pasar Global Pada Pengaruh Human Capital Readliness terhadap Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada UMKM di Kecamatan A Tahun B)

Contoh selanjutnya bisa Anda pilih jika topik bahasan skripsi yang Anda suka yaitu membahas peran ilmu akuntansi dalam UMKM.

Itulah beberapa judul skripsi akuntansi yang bisa Anda pilih sesuai dengan bidang peminatan yang Anda inginkan. Selain tips yang bisa Anda lakukan dalam mencari referensi yang tepat untuk dijadikan judul pada skripsi, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat judul pada skripsi yang tepat dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Informasi ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa khususnya Anda mahasiswa di semester akhir.

Tips Membuat Judul Skripsi yang Tepat

judul skripsi
Judul Skripsi, Perlu Diketahui Inilah Tips atau Cara Membuat yang Baik dan Benar 7

–          Pastikan judul skripsi yang dipilih sudah sesuai dengan topik bahasan

Tips yang judul skripsi yang baik pastinya adalah judul yang menggambarkan seluruh isi skripsi Anda baik itu topik, metode ataupun sampel hingga hasil penelitian yang dibahas pada skripsi Anda. Jadi judul ini sudah menceritakan gambaran atau inti dari isi Anda, jangan sampai judul skripsi yang Anda susun tidak berkorelasi dengan isi skripsi Anda ya.

–          Hindari kata yang tidak penting

Selanjutnya judul yang baik adalah judul yang singkat, padat dan jelas. Jadi pastikan judul yang disusun singkat, tidak perlu bertele-tele dan menggunakan kata-kata yang tidak penting. Tips selanjutnya, hindari juga penggunaan jargon untuk judul yang dipilih ya.

–          Pastikan jumlahnya terdiri dari 5 sampai 15 kata

Sudahkah Anda tahu mengenai hal ini? Ternyata judul yang baik adalah judul yang terdiri dari 5 sampai 15 kata loh. Jangan sampai judul Anda hanya 4 kata saja atau lebih dari 15 kata, aturan ini sudah tepat karena jika judul yang disusun lebih dari 15 kata akan susah untuk dipahami dan tidak menunjukkan sifat yang singkat namun jika judul yang Anda susun kurang dari 5 kata hal tersebut tidak akan menunjukkan sifat yang jelas.

–          Pastikan juga judul skripsi yang ditulis sudah sesuai dengan standar yang ada di perguruan tinggi Anda ya

Tips yang terakhir jangan lupa untuk memperhatikan standar persyaratan yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi Anda masing-masing ya. Hal tersebut karena setiap perguruan tinggi memiliki standarnya masing-masing. Jadi jika Anda ingin lulus dalam penulisan skripsi ini tentunya Anda harus menaati aturan yang ada.

Itulah beberapa tips dan contoh tentang judul skripsi yang penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang mungkin akan membuat skripsi.

Tertarik mengikuti kurusus yang disediakan codingstudio.id, cek promonya sekarang

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lagi ada Flash Sale, Promo Cinta Digital!

X