Apa Itu Buffering? Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Buffering Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang sering mengakses streaming video, tentu sudah familiar dengan yang namanya buffering. Buffering adalah jeda dari proses buffer suatu konten video online, penyebabnya bisa dari internet, website, maupun perangkat.

Apa Itu Buffering?

Apa itu buffering? Inilah hambatan akses media video-audio online yang terjadi karena internet tidak stabil dan faktor-faktor lainnya. Jika terdapat ikon lingkaran berputar-putar, itulah proses buffering yang sedang terjadi pada saat streaming.

Apa Itu Buffering

Penyebab Buffering

Buffering bisa disebabkan beberapa hal, berikut beberapa penyebab buffering yang perlu Anda tahu:

Penyebab Buffering

– Kecepatan internet

Mendapatkan akses internet memadai memang sekarang ini sudah semakin mudah. Tapi karena alasan tertentu, internet yang digunakan bisa saja kurang berkualitas dan pada akhirnya bisa menyebabkan buffering. Mengingat streaming membutuhkan performa internet memadai, maka buffering bisa terjadi kalau internetnya tidak mampu memberikan performa optimal.

Coba cek kembali status internet di perangkat, restart perangkat juga bisa menjadi solusi yang dapat dicoba.

– Traffic website

Traffic website bisa berbeda-beda dan aspek satu ini bisa saja berpengaruh terhadap munculnya proses buffering maupun seberapa lamanya buffering tersebut berlangsung. Ketika suatu media diakses online oleh jutaan pengguna, buffering bisa terjadi terutama saat website terkait tidak didukung server memadai. 

Kemampuan server menjadi penyebab lainnya dari munculnya buffering terutama saat server tersebut tidak bisa menampung banyak lalu lintas. 

– Masalah pada platform yang digunakan

Penyebab lain buffering adalah dari platform terkait. Bisa saja platform yang digunakan tidak didukung oleh provider internet atau ISP. Jaringan internet bisa mengalami kendala untuk platform tertentu termasuk platform streaming. Pada akhirnya, kecepatan akses bisa berkurang lalu menghambat proses loading video maupun audio. Coba lakukan perbandingan antara satu platform streaming dengan platform sejenis lainnya.

Cara Mengatasi Buffering

Cara Mengatasi Buffering

Buffering adalah masalah umum yang biasa ditemui orang-orang saat melakukan streaming. Kadang masalah seperti ini cukup menjengkelkan apa lagi kalau buffering muncul terus menerus. Agar bisa mengatasinya, simak beberapa cara mengatasi buffering berikut:

Baca Juga:  Mind Mapping Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

– Gunakan platform lain

Seperti yang disebut sebelumnya, bisa saja yang menjadi masalah adalah platform yang digunakan. Beda platform, bisa saja berbeda kualitas streaming yang mereka sajikan. Agar tidak penasaran, bisa coba bandingkan 2-3 platform yang sejenis atau yang memiliki konten video yang sama. 

Kalau saat dibandingkan, platform lainnya lebih lancar memutar video atau bahkan tanpa sama sekali ada buffering, maka bisa gunakan platform tersebut. 

– Pause video

Cara ini biasa dilakukan oleh mereka yang mengalami buffering saat menonton video online. Coba hentikan video terlebih dahulu beberapa saat, jaringan internet nantinya memuat video lebih lama dan menghindari buffer.

Agar bisa melihat buffer dimuat sebanyak apa, maka bisa coba lihat dari garis setelah pause. Kalau semisal garisnya cukup panjang, maka bisa memutar video kembali.

– Tentukan kualitas video yang paling sesuai

Cara lainnya adalah memastikan kualitas videonya sudah sesuai dengan kapasitas internet. Sebagian besar platform menyediakan opsi kualitas video dan disarankan untuk Anda tahu pada kualitas video berapa buffering muncul atau sering terjadi. Kualitas video yang dimaksud yaitu mulai dari 144p, 360p, sampai 2160p.

Kalau kualitas 480p sudah cukup memuaskan, maka disarankan untuk memilih kualitas tersebut karena merupakan kualitas video pertengahan. Jika dirasa kurang, bisa coba naikkan satu tingkat ke 720p. Ada kalanya jaringan internet yang digunakan sedang lambat atau menurun performanya.

Jika sudah seperti itu, maka kita bisa saja tidak dapat menonton video berkualitas tinggi karena bisa terjadi buffering. Dari semakin besarnya kualitas video, semakin besar ukuran file-nya. Beban internet pun bisa semakin tinggi seiring dengan semakin besarnya kualitas video. 

Meskipun lebih cepat buffer saat memilih videonya berkualitas rendah, kualitas gambarnya tentu tidak sejernih video HD.

– Fokus pada aktivitas streaming

Maksudnya adalah coba hentikan berbagai aktivitas penggunaan internet yang lainnya. Dari semakin banyaknya aktivitas internet, koneksi internet menurun baik itu membuka aplikasi yang membutuhkan internet upload maupun download. Saat hendak streaming, maka hentikan aktivitas tersebut jika tidak ingin terjadi buffering.

Baca Juga:  XAMPP adalah Software Web Server, Fungsi dan Cara Penggunaannya

Dari segi penggunaan memori, pastikan membersihkan aplikasi lain yang berjalan bersamaan dengan aktivitas streaming terutama yang memakai koneksi internet.

– Memastikan status koneksi internet

Pastikan juga koneksi internetnya stabil, karena beberapa hal, bisa saja koneksi internet terganggu. Jika suatu jaringan internet wireless terhalang dinding, maka kualitasnya bisa berkurang. Termasuk juga saat hujan, atau bahkan terdapat petir, bisa saja mengganggu kualitas jaringan internet.

– Pilih provider internet berkualitas

Tidak semua provider mampu menyediakan internet berkualitas tinggi. Kalau kebutuhan internet Anda tinggi seperti streaming, download dan penggunaan aplikasi berat yang butuh koneksi internet tinggi, pastikan providernya memadai. Meski harus mengeluarkan budget lebih besar, Anda tidak harus lagi menemukan masalah buffering, lag dan sejenisnya.

– Hapus plug in 

Biasanya beberapa orang menggunakan banyak plug in pada browser yang mereka gunakan. Supaya aplikasi browser bisa lebih ringan, hindari penggunaan banyak plug in. Pilih plug in paling utama atau yang akan sering digunakan. Jika tidak ingin repot menghapus atau ingin dipakai kembali, cukup di non aktifkan saja.

– Gunakan kabel ethernet

Kalau masalah tidak kunjung selesai dengan memakai koneksi nirkabel, maka coba untuk memakai kabel Ethernet saja. Pada umumnya, ethernet bisa memberikan koneksi cepat dan lebih stabil kalau dibandingkan koneksi nirkabel.

Buffering adalah memang menjadi permasalahan yang umum terjadi saat mengakses internet terutama video online. Demikian pembahasan kali ini seputar buffering. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pembelajaran intensif dan komprehensif seputar bidang IT, Coding Studio bisa menjadi solusi terbaik.

Related Articles