Belajar Office: 10 Program yang Ada di Ms Office

belajar-office

Microsoft Office memiliki fungsi yang cukup penting terutama sebagai penunjang berbagai macam pekerjaan yang erat kaitannya dengan multimedia. Saat ini, hampir seluruh pekerjaan di perkantoran membutuhkan program Microsoft Office jadi belajar Office menjadi penting untuk dilakukan.

belajar office

Microsoft Office merupakan software yang dimanfaatkan untuk pengolahan data, penyimpanan, dan mengkombinasikannya ke dalam bentuk dokumen. Data yang diolah seperti data digital baik angka, gambar, dan huruf.

Belajar Office: Berbagai Jenis Program di Microsoft Office

belajar office

Software ini memiliki peranan khusus di dalam bidang perkantoran. Tentunya berbagai hal yang berkaitan dengan data akan diolah kemudian disimpan secara detail di dalamnya. Dalam belajar Office, Terdapat beberapa jenis Microsoft Office yang bisa kalian ketahui sebagai berikut.

  • Microsoft Word

Software ini termasuk yang populer dan banyak dipergunakan. Bahkan sampai saat ini software tersebut berhasil menduduki pada puncak pertama di program pengolahan kata yang dipergunakan secara sering pada laptop maupun komputer.

Sesuai dengan namanya software ini mempunyai fungsi untuk pengolah kata. Walaupun begitu Microsoft Office dapat dipergunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan lainnya yaitu menghitung sampai mengoreksi berbagai kata yang kurang tepat.

Berbagai macam fitur unggulan yang ditemukan di dalamnya seperti mail merge, autocorrect, auto formatting, autopage index, booklet layout, dan HTML editor.

  • Microsoft Excel

Hampir serupa dengan Microsoft Word, software ini juga tergolong cukup spesifik di dalam pengolahan data. Untuk fungsinya lebih sering dipergunakan dalam pengolahan data berupa angka dan teks.

Untuk tampilannya yaitu lembar kerja yang telah diberikan tabel sehingga akan memudahkan kalian ketika akan mengelompokkan data. Tidak hanya mengolah angka jumlah kecil namun juga untuk nominal yang lebih besar tanpa harus khawatir salah dalam perhitungannya.

Keakuratannya disebabkan karena software ini menyerupai kalkulator. Tidak hanya itu saja namun software ini bisa digunakan untuk pengaturan berupa pemasukan dan pengeluaran maupun Menyusun data dari para anggota.

  • Microsoft PowerPoint
Baca Juga:  Max If Excel, Rumus Nilai Tertinggi Excel

Software ini tergolong paling pas jika dipergunakan untuk kebutuhan yang terkait dengan presentasi. Software ini bisa membuat lembar presentasi serta digambarkan melalui media apapun entah video, animasi, teks, dan gambar.

Sebagai pengguna tentunya kalian bisa membuat lembaran presentasi yang terlihat menarik di dalamnya. Tampilannya yaitu rangkaian halaman yang bisa disinkronisasikan menggunakan halaman lain memakai hyperlink.

  • Microsoft Access

Jenis lainnya yaitu Microsoft Access yang harus dipelajari ketika kalian belajar Office. Software ini berguna untuk mengolah basis data.

Maksudnya disini yaitu data yang dilakukan pengolahan memakai Microsoft Access bisa dibuat saling mempunyai keterkaitan. Hal ini karena basis data adalah pusat berkumpulnya berbagai data yang terpisah.

  • Microsoft Outlook

ini merupakan program personal information manager yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Perangkat ini berguna untuk mengelola informasi pribadi yang akan dipergunakan untuk mengirim serta membaca email.

Jadi dengan kata lain Microsoft Outlook ini mempunyai fungsi untuk pembuatan kalender, jadwal, jurnal, dan catatan.

  • Microsoft OneNote

Software ini memiliki fungsi semacam kertas catatan, tidak hanya menulis saja namun aktivitas lain dapat dilakukan seperti memasukkan objek, menggambar, menulis, dan lainnya.

Hal yang membuatnya berbeda dari Microsoft Word yaitu kalian dapat menulis serta meletakan apa saja dan dimana saja sesuai keinginan. Tentunya hal tersebut akan memberikan sebuah kesan seperti sedang menulis pada kertas biasa.

  • Microsoft Front Page

Belajar Office terutama untuk software ini akan sangat membantu terutama yang ingin melakukan kegiatan administrasi pada situs web.

Front Page bisa menampilkan struktur data serta memudahkan navigasi pada situs web dan tentunya mudah untuk digunakan. Bahkan software ini bisa untuk melihat berbagai macam data lain yang dihasilkan Microsoft Office lainnya.

  • Microsoft Publisher

Software ini sering dipergunakan untuk aktivitas desktop publishing semacam madding, poster, majalah, koran, dan kalender.

  • Microsoft Visio

Dalam belajar Office, software ini bisa dipergunakan dalam pembuatan diagram Flowchart serta berbagai skema jaringan. Aplikasi tersebut memakai fitur grafik vektor jadi pengguna bisa dimudahkan ketika akan memakainya.

  • Microsoft InfoPath
Baca Juga:  Belajar Cara Menggunakan Transpose Excel Menyenangkan

Microsoft Office InfoPath digunakan untuk pengembangan pada formulir data yang berbasis XML semacam merancang, mendistribusikan, mengisi serta mengirimkan formulir elektronik yang didalamnya berisikan data terstruktur.

Itulah berbagai macam jenis software yang ada di dalam Microsoft Office. Berbagai jenis tadi bisa kalian pelajari dengan lebih maksimal terutama ketika akan mempelajarinya.

Belajar Office: 6 Tujuan Belajar Microsoft Office

belajar office

Melihat kegunaannya yang luar biasa dalam berbagai bidang terutama dalam pekerjaan tentu saja belajar Office merupakan hal penting yang harus dipelajari sedang dini. Adapun tujuan dari pembelajaran Microsoft Office sebagai berikut.

  • Beradaptasi dengan era digital secara cepat

Saat ini hampir seluruh sektor dipengaruhi oleh penggunaan teknologi dan sebagai langkah adaptasi bisa dilakukan dengan mempelajari Microsoft Office.

Hal tersebut termasuk dalam hard skill paling mendasar supaya bisa beradaptasi dengan lebih mudah. Jika tidak menguasai nya maka akan kesulitan dalam masuk ke dalam ranah digital.

  • Hampir diperlukan pada seluruh sektor

Saat ini berbagai aktivitas seperti membuat data, menghitung, mempresentasikan ide, membuat laporan, mencatat, dan kegiatan lainnya memerlukan Microsoft Office.

Untuk melakukan berbagai aktivitas tadi menggunakan perangkat komputer maupun laptop yang didalamnya terdapat program Microsoft Office.

  • Memudahkan pekerjaan dan tugas

Microsoft Office memiliki banyak jenis yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam kebutuhan baik tugas sekolah ataupun pekerjaan dengan mudah.

Sebagai contoh bagi kalian yang ingin mengolah data berupa angka dengan lebih cepat maka bisa menggunakan Excel.

  • Mengasah skill desain

Saat belajar Office terutama Microsoft Power Point skill desain kalian akan lebih terasah. Memang tersedia fitur desain instan yang ada di dalamnya namun kreativitas akan tetap teruji untuk bisa membuat tampilan lebih menarik.

Saat kalian sudah memiliki basic desain melalui aplikasi ini maka akan lebih mudah dalam memahami aplikasi lain yang lebih rumit. Hal tadi bisa untuk menunjang kemampuan kreatif serta seni menjadi lebih baik.

  • Mempunyai kemampuan pembuatan laporan dan entri data

Manfaat lain yaitu kemampuan dalam input data serta laporan digital menjadi lebih terasah. Skill tersebut akan bisa kalian dapatkan jika mempelajari Microsoft Excel. Memang saat pertama mengoperasikannya akan merasa sangat susah namun jika sudah menguasai akan mudah.

  • Nilai tambah saat melamar pekerjaan
Baca Juga:  Mempelajari Rumus Penjumlahan Excel

Bagi yang ingin berkarir dalam bidang administrasi tentunya harus bisa mengoperasikan Microsoft Office dengan baik. Sebenarnya tidak perlu mempelajari seluruh software nya cukup beberapa saja yang sering dibutuhkan seperti Microsoft Excel, Word, dan Power Point.

Jika kalian memiliki kemampuan belajar Office tersebut maka ketika terjun ke dunia kerja bisa dengan cepat beradaptasi. Bahkan HRD juga akan menjadikan skill ini sebagai poin khusus yang dipertimbangkan.

Itulah informasi terkait program dari Microsoft Office dan tujuan belajar Office yang bisa kalian ketahui. Untuk mempelajarinya bisa dengan mengikuti kursus lengkap disini maupun belajar otodidak melalui video di internet.

Related Articles