Kamus Bahasa Inggris: Memilih Kamus Berdasarkan Kompetensi

Saat ini bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi tidak hanya bahasa Indonesia dan bahasa daerah saja akan tetapi penggunaan bahasa Inggris sudah banyak digunakan. Bahasa internasional tersebut bahkan sudah mulai dipelajari di sekolah baik melalui guru ataupun lewat kamus bahasa inggris.

kamus bahasa inggris

Apakah Belajar Bahasa Inggris Berguna?

Banyak dari kalian pasti bertanya-tanya mengenai hal tersebut di saat mulai muncul keinginan untuk mempelajari bahasa Inggris. Bagi kalian yang merasa bimbang ketika akan belajar bahasa Inggris berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan kalian peroleh.

  • Meningkatkan potensi

Memang dalam dunia kerja tidak ada peraturan khusus mengenai penggunaan bahasa, namun bahasa inggris adalah basa universal yang telah dipergunakan pada hampir perusahaan baik nasional maupun internasional.

Apakah kalian mengetahui jika perusahaan yang mempekerjakan pegawai dengan kemampuan bahasa Inggris bagus akan memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan yang tidak. Hal itu merupakan fakta sebenarnya dan bisa membantu kalian untuk mempunyai karir lebih cemerlang. 

  • Mengasah kemampuan otak

Saat kalian mempelajari bahasa baik melalui kamus bahasa inggris maupun cara lainnya akan membuat otak secara aktif akan terus bekerja. Bahkan ada penelitian yang mengatakan jika kapasitas otak meningkat ketika mempelajari bahasa.

Jadi jangan melatih fisik saja dengan berolahraga namun kalian juga harus melatih kemampuan otak agar selalu tajam.

Mempelajari bahasa Inggris dengan kamus bahasa inggris ternyata terbukti bisa membantu kalian dalam membantu otak supaya tetap aktif ketika mengolah informasi.

  • Travelling jadi lebih mudah

Untuk kalian yang menguasai bahasa Inggris tentunya tidak akan perlu merasa cemas pada saat bepergian terutama ke luar negeri. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah umum dipergunakan sehingga ini bisa membuat kalian lebih mudah saat berada disana. Bawalah kamus bahasa inggris berukuran pocket agar lebih mudah ketika Anda berjalan-jalan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika belajar bahasa Inggris. Tentunya selain keuntungan diatas masih banyak keuntungan lain yang akan diperoleh.

Baca Juga:  Apa itu Social Proof? Pengertian, Prinsip dan Cara Penerapannya

Tips Belajar Bahasa Inggris

kamus bahasa inggris

Memang mempelajari bahasa Inggris bisa dilakukan dengan banyak cara membaca kamus bahasa inggris, mengikuti kursus ataupun belajar secara otodidak. Untuk kalian yang tertarik belajar secara otodidak dengan bantuan kamus bahasa inggris ataupun tidak maka inilah tipsnya.

  • Pilih topik bahasa Inggris favorit

Orang akan cenderung merasa senang ketika melakukan hal yang disenangi. Hal ini juga bisa diterapkan ketika sedang belajar bahasa Inggris dan bisa dimulai dengan memilih topik yang menjadi kesukaan.

Sebagai contoh kalian senang dengan berbagai topik yang berkaitan dengan self development. Jadi saat belajar kalian dapat mempelajari berbagai macam kosakata terkait dengan topik tersebut.

  • Dengarkan podcast berbahasa Inggris

Podcast ini memiliki banyak sekali pembahasan bahkan dengan mendengarkan podcast bisa dijadikan teman ketika kalian melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Saat mendengarkan podcast berbahasa Inggris kalian akan menemukan banyak kosakata baru dan mau tidak mau akan mencari artinya. Tentu saja dengan begitu kosa kata akan bertambah banyak.

  • Baca artikel & berita bahasa Inggris

Disadari ataupun tidak ternyata membaca artikel walaupun sedikit ternyata dapat menambah perbendaharaan kosakata kalian. Jika ada kosakata yang membingungkan, Anda dapat mengeceknya langsung di kamus bahasa inggris. Melihat hal tersebut maka tidak ada salahnya jika kalian menantang diri sendiri untuk terus membaca berita bahasa Inggris setiap harinya.

  • Membaca buku bahasa Inggris

Untuk kalian yang sudah terbiasa untuk membaca artikel berbahasa Inggris maka langkah selanjutnya tingkatkan kemampuan dengan cara membaca buku fiksi dan non fiksi bahasa Inggris.

Ketika membaca kalian bisa memakai metode multisensori. Coba saja tandai phrase, vocab, dan kata yang unik dan tulis di catatan. Nantinya kalian hanya perlu mencari artinya di kamus bahasa inggris untuk kata-kata tersebut.

  • Belajar lewat sosial media

Saat ini dengan hadirnya media sosial tentu bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Banyak orang luar negeri yang memberikan tips untuk mempelajarinya melalui potongan video pendek yang bisa ditemukan di sosial media.

Baca Juga:  Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik

Bahkan interaksi juga semakin mudah ketika tersedia kolom komentar. Jadi pada saat ada materi yang sulit untuk dimengerti maka kalian bisa langsung menanyakannya.

  • Bergabung ke grup bahasa Inggris

Tentu memiliki teman yang sefrekuensi akan mengasyikkan. Maka terapkan hal itu juga ketika akan belajar bahasa Inggris. Kalian bisa bergabung dalam sebuah grup ataupun komunitas yang sama-sama memiliki minat pada bahasa Inggris.

Keuntungannya kalian akan mendapatkan banyak materi dan pemahaman ketika belajar bersama. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan dan teman satu komunitas tadi akan dengan senang membantu pada saat kalian mengalami kesusahan pada saat belajar.

  • Bermain games berbahasa Inggris

Pernahkah kalian memiliki teman yang terlihat tidak pernah belajar namun kemampuan untuk speaking bahasa Inggrisnya bagus. Jangan heran karena saat ini banyak game dengan penggunaan bahasa Inggris yang membuat vocabulary semakin bertambah. Jangan lupa untuk mencari vocabulary baru di dalam kamus bahasa inggris ya!

Jadi bermain game dengan bahasa Inggris akan memberikan kalian dua keuntungan yaitu rasa senang saat bermain game dan kosakata bertambah.

Tips Dalam Memilih Kamus Bahasa Inggris

kamus bahasa inggris

Metode yang dipergunakan untuk belajar bahasa Inggris sangat beragam dan bisa dengan bantuan kamus tentunya. Kamus ini bisa kalian temukan dalam bentuk online dan fisik yaitu buku.

Berbicara mengenai kamus tentunya jangan memilih secara sembarangan karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran nantinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan pada saat pemilihan kamus tersebut.

  • Sesuaikan usia

Untuk kalian yang akan membeli kamus untuk anak-anak maka pilih kamus yang dilengkapi dengan gambar. Kamus jenis tersebut akan membuatnya merasa lebih bersemangat ketika belajar sehingga akan lebih mudah bagi kalian dalam mengajarkannya.

Sementara bagi kalian yang masuk usia remaja maupun dewasa bisa memakai kamus biasa tanpa gambar. Saat membeli bukalah kamus guna melihat font serta kelengkapannya mencakup daftar irregular verb dan regular verb.

  • Sesuaikan kebutuhan

Saat ini untuk jenis dan ukuran dari kamus sudah banyak seperti kamus pocket berukuran kecil sampai kamus dengan ukuran yang tergolong besar dan tebal.

Baca Juga:  Teknik Uji Homogenitas Dalam Suatu Penelitian

Tentu saja semakin kecil ukuran dari kamusnya akan memiliki dampak pada tulisan serta kelengkapannya. Maka sesuaikan kebutuhan saja jika ingin dibawa bepergian gunakan kamus pocket dan untuk belajar di rumah gunakan kamus berukuran standar.

  • Sesuaikan Budget

Usahakan untuk membeli kamus yang memiliki harga sesuai kemampuan kalian. jangan pernah memaksakan membeli kamus dengan harga mahal dikarenakan covernya terlihat menarik ataupun karena merasa harganya lebih mahal tentu akan lebih bagus.

Sebelum membeli kamus bahasa inggris sebaiknya meminta referensi kepada guru ataupun kerabat untuk lebih jelasnya sehingga kalian tidak kebingungan dalam menentukan pilihan.

Jadi itulah informasi kenapa bahasa inggris itu penting dan tips untuk mempelajarinya. Jika kalian tertarik belajar menggunakan kamus sebaiknya pilih kamus yang benar-benar berkualitas dengan isi yang lengkap.

Jangan sampai kamus yang digunakan ternyata banyak memiliki informasi yang tidak tepat dan itu akan menyebabkan kalian salah dalam belajar. Jika tertarik belajar Bahasa Inggris lebih lengkap dan terstrukur Anda dapat belajar kursus online Bahasa Inggris di Coding Studio!

Related Articles