7 Cara Menguasai Microsoft Office untuk Pemula

Microsoft Office saat ini menjadi platform yang harus senantiasa dikuasai, apalagi ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menguasainya. Dengan mengetahui cara menguasai Microsoft Office secara maksimal, tentu saja Anda akan menguasai platform tersebut untuk berbagai keperluan.

cara menguasai microsoft office

Cara Menguasai Microsoft Office dengan Cepat

Microsoft Office terdiri dari Word untuk pengolah kata, Excel untuk mengolah angka, hingga Power Point untuk membuat slide presentasi. Selain itu, ada juga beberapa platform lain seperti Access, Outlook, hingga OneNotes dengan berbagai manfaat dan tujuan pengolahan data.

Banyak orang mencari info bagaimana cara menguasai Microsoft Office dengan cepat. Tidak perlu khawatir karena ada berbagai tips yang bisa langsung Anda terapkan seperti berikut.

Mempelajari pengenalan dasar

cara menguasai microsoft office

Pengenalan dasar Microsoft Office tentu harus senantiasa Anda pelajari dengan mengetahui berbagai kumpulan teori dari program-program yang disediakan, termasuk berbagai teknis operasional yang ada di dalamnya. Program pada Office memang sangat beragam, namun sebaiknya Anda kuasai dulu tiga program yang umum digunakan, yakni Word, Excel, dan Power Point.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Anda juga dapat belajar cara menguasai program Microsoft Office yang lain karena semuanya tentu sangat penting dan akan menjadi poin plus jika Anda berhasil menguasai semuanya. Untuk itu, Anda dapat mencari informasi dan panduan lengkap yang membahas program Office secara lengkap untuk referensi belajar.

Adapun pembelajaran yang dapat dipraktikkan misalnya pengenalan menu dan shortcut, memahami fungsi item yang terdapat dalam setiap menunya, hingga bagaimana menyelesaikan dokumen yang sedang dikerjakan menggunakan program Office tersebut.

Melakukan praktik secara langsung

Jika teori program Office sudah Anda ketahui, tentu saja Anda perlu praktik secara langsung untuk semakin membuat Anda paham dengan program-program Office. Di tahap ini, Anda bisa belajar cara menguasai Microsoft Office secara mandiri (otodidak) atau meminta seseorang sebagai pembimbing.

Baca Juga:  Pengertian Range dalam Microsoft Excel

Apabila belajar secara mandiri, biasanya Anda juga akan memerlukan suatu media seperti video tutorial atau buku-buku referensi. Akan tetapi jika Anda lebih nyaman belajar dengan orang lain, ada baiknya Anda meminta orang yang benar-benar menguasai program tersebut.

Praktik secara langsung tentu akan membuat Anda semakin paham dengan teori program Office. Setidaknya, Anda akan melihat apa yang selama ini digambarkan. Selain itu, ada baiknya Anda mempelajari program satu persatu supaya lebih maksimal.

Tanamkan rasa ingin tahu

Jika Anda ingin belajar program-program pada Microsoft Office, selalu tanamkan rasa keingintahuan yang tinggi. Rasa ingin tahu yang disertai dengan praktik langsung tentu akan membuat proses belajar semakin optimal karena Anda dapat tahu apa yang memang seharusnya dilakukan.

Sebagai contoh jika Anda ingin mencetak dokumen menggunakan printer, maka Anda bisa langsung meng-klik Office Button pada bagian Printer, kemudian mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan pada laman program Office tersebut.

Kita juga akan lebih tertantang untuk melakukan perintah secara cepat sehingga semakin lama kita tahu kalau kombinasi tombol Ctrl+P pada keyboard bisa menjadi cara mencetak dokumen secara cepat. Selain itu, dengan mengetahui cara menguasai Microsoft Office secara intens, Anda juga bisa mencari tahu apakah bisa mencetak dokumen secara bolak balik di Word dengan cepat, begitu pula seterusnya.

Tidak mudah menyerah

Anda sering mengalami kegagalan saat mengolah suatu data di program Office? Tidak perlu risau karena salah memang hal yang manusiawi. Camkan dalam diri Anda jika kegagalan adalah awal dari suatu proses pembelajaran dan dengan kegagalan tersebut Anda akan semakin tahu langkah apa yang sebaiknya dilakukan untuk memperbaikinya.

Untuk belajar cara menguasai Microsoft Office, tentunya diperlukan latihan secara intens dan terus menerus. Pengulangan teori dan praktik tentu saja diperlukan supaya kemampuan Anda semakin meningkat. Terlebih, yang namanya belajar tentu saja bersifat bertahap dengan hasil yang tidak instan.

Dengan Anda menguasai Office tentunya akan membuka banyak kesempatan dan sangat berguna bagi karir ke depannya. Apalagi saat ini ada banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan penguasaan Microsoft Office pada beberapa posisi strategis.

Baca Juga:  Mengenal Cara Mengacak Nama Di Excel

Percaya pada kemampuan diri

Seringkali, proses cara menguasai Microsoft Office terganggu karena kita yang mempelajarinya merasa kurang percaya pada kemampuan diri sendiri. Anda mungkin juga pernah merasa takut salah harus klik tombol yang mana, menggunakan perintah yang seperti apa, dan hal-hal lainnya.

Mempelajari suatu hal baru memang membutuhkan proses yang panjang dan rasa ingin tahu yang besar. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri di bidang Microsoft Office, tentu saja kemampuan tidak akan berkembang serta menjadi tidak banyak tahu dengan berbagai program yang ada.

Apabila masih ragu, ada baiknya Anda mencari orang yang memang sudah berpengalaman dan menguasai Office. Hal ini supaya ketika Anda menemui kesulitan, maka masalah tersebut dapat terselesaikan. Misalnya jika Anda tidak bisa menggunakan rumus Excel tertentu, cobalah bertanya pada orang lain untuk mendapatkan rumus yang dimaksud.

Mengembangkan kemampuan

Dari berbagai teori dan praktik yang sudah dilakukan tentu saja Anda setidaknya sudah mempunyai dasar yang kuat untuk mahir dalam Microsoft Office tersebut. Dengan rajin berlatih dan memahami detail dari suatu program tentunya akan membuat Anda semakin mudah mengembangkan diri dalam hal tersebut.

Meski demikian, janganlah cepat puas dengan kemampuan Anda saat ini. Ada baiknya tetap mengembangkan diri dengan mengikuti update aplikasi dan terus belajar tips dan trik terbaru dalam mengelola data-data yang dibutuhkan.

Sebagai contoh yakni dengan menonton video tutorial di media sosial. Video ini memang cocok untuk Anda yang ingin memahami cara menguasai Microsoft Office secara mandiri maupun yang ingin menambah referensi update terkini seputar program-program Office, baik secara online maupun offline.

Tidak puas dengan hanya satu program

cara menguasai microsoft office

Ketika Anda sudah menguasai satu atau bahkan dua program Office sekaligus, tentunya Anda tidak boleh berpuas diri. Terlebih, Microsoft Office memiliki berbagai program lain yang jika dikuasai akan menjadi nilai tambahan bagi Anda.

Sebagai contoh Anda sudah bisa memahami Word dan Excel, maka ada baiknya jika Anda menambah pemahaman terhadap Power Point. Jika sudah lebih paham, coba pula Ms. Access, Outlook, dan program lainnya.

Baca Juga:  Microsoft Office Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Bila perlu, Anda juga bisa menambah keahlian lain dengan menguasai Office365 yang menjadi salah satu program pengolah angka, huruf, dan data yang dapat diakses secara online. Meskipun sama-sama dari Microsoft, tentu ada perbedaan mendasar seperti tampilan dan mekanisme lain yang perlu dikuasai. Demikian beberapa tips cara menguasai Microsoft Office yang bisa Anda terapkan untuk berbagai kebutuhan. Tentunya, menyeimbangkan antara penguasaan teori dan praktik akan membuat Anda semakin mudah belajara cara menguasai Microsoft Office demi masa depan yang lebih baik. Nah, semoga bisa menjadi referensi!

Tertarik belajar cara menguasai Microsoft Office dengan tutorial yang lengkap? cek link ini dan dapatkan promonya segera!