Outbound Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Outbound Marketing Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Strategi marketing memiliki peran penting dalam mengembangkan bisnis. Oleh karenanya outbound marketing adalah strategi yang sering diterapkan oleh perusahaan. Untuk memahaminya secara mendalam, kalian perlu membaca pembahasan outbound marketing ini 

Apa Itu Outbound Marketing?

Outbound marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus untuk menyebarkan pesan promosi ke konsumen secara luas. Pesan promosi yang dikirim tanpa permintaan ke konsumen ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, atau pun mendorong penjualan. 

Apa Itu Outbound Marketing

Dulu outbound marketing dilakukan melalui radio, televisi, majalah, dan surat kabar. Seiring dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini membuat outbound marketing dilakukan dengan cara yang berbeda agar sampai ke konsumen secara langsung, misalnya melalui pesan email. 

Banyaknya perusahaan yang menerapkan outbound marketing, membuat konsumen melakukan berbagai cara untuk menghindari pesan ini. Konsumen dapat melakukan pemblokiran iklan, namun outbound marketing dapat tetap dilakukan melalui proses berikut ini dan berikut penjelasannya. 

  • Perusahaan dapat melakukan komunikasi langsung dengan menggunakan strategi personalisasi sehingga membuat pelanggan merasa istimewa. 
  • Memberikan informasi kepada banyak orang melalui media sosial yang sering digunakan masyarakat, seperti Instagram, Youtube, TikTok. 
  • Mempercepat ROI (Return of Investmen) adalah rasio pengembalian laba yang telah di tanamkan pada saat investasi. 
  • Melakukan berbagai taktik strategi pemasaran seperti iklan televisi, radio, telemarketing, dan kampanye email. 

Manfaat Outbound Marketing

Outbound marketing adalah strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan, meskipun tren saat ini juga banyak yang mengarah pada inbound marketing. Ada beragam manfaat outbound marketing yang dapat memberikan dampak signifikan bagi perusahaan antara lain: 

Dapat Meningkatkan Kesadaran Merek

Proses outbound marketing dapat mempercepat pembentukan brand awareness. Kesan mendalam terhadap produk dapat diciptakan melalui outbound marketing yang konsisten dan berulang. 

Baca Juga:  User Persona Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Dapat Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Strategi dari outbound marketing memungkinkan perusahaan untuk menjangkau lebih banyak orang dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat membuka potensi untuk menghasilkan konsumen baru menjadi lebih besar. 

Dapat Menghasilkan Leads Cepat

Leads merupakan calon pelanggan yang telah diidentifikasi sebagai individu yang memiliki potensi terhadap produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan promosi yang tepat, outbound marketing dapat menghasilkan leads yang dapat diikuti dengan tindak penjualan. 

Dapat Mempercepat Pencapaian Target Marketing

Perusahaan dapat melakukan proses promosi yang lugas dan mencolok melalui outbound marketing. Hal ini bertujuan memudahkan masyarakat untuk tertarik dan mencoba produk yang di tawarkan. 

Dapat Memicu Ketertarikan Masyarakat Terhadap Iklan

Iklan yang sangat efektif di outbound marketing adalah iklan yang mudah diingat dan bahkan berpotensi menjadi viral. Produk yang sudah melekat di pikiran konsumen dapat menjadi produk terdiferensiasi, yang dapat membantu perusahaan menciptakan keunggulan kompetitif. 

Strategi Outbound Marketing

Strategi Outbound Marketing

Untuk melakukan strategi outbound marketing, perusahaan perlu melakukan beberapa langkah yang dapat mencapai kesuksesan dalam menjangkau calon pelanggan. Berikut ini 10 strategi yang umumnya dilakukan: 

  1. Memahami target pasar mulai dari kebutuhan hingga keinginan konsumen. 
  1. Memiliki tim yang terampil dan berpengalaman dapat mengoptimalkan outbound marketing
  1. Menyesuaikan teknik pemasaran dengan karakter calon konsumen dalam upaya meningkatkan efektivitas pesanan. 
  1. Melakukan follow up setelah mengirimkan pesan pemasaran dan menganalisis hasil dari kampanye untuk memahami strateginya berhasil atau tidak. 
  1. Menggunakan media masa untuk menjangkau lebih banyak audiens secara lebih luas. 
  1. Menghubungi pelanggan secara langsung melalui telepon untuk menawarkan produk. 
  1. Menggadakan atau menghadiri event dan pameran untuk bertemu langsung dengan calon pelanggan. 
  1. Menggunakan iklan online seperti web dan sosial media, serta iklan offline seperti media cetak. 
  1. Mengirimkan email promosi untuk memberitahu tentang penawaran terbaru dan informasi produk. 
  1. Menggadakan kampanye langsung ke masyarakat dapat membantu membangun hubungan dengan para pelanggan sekaligus untuk meningkatkan citra merek. 

Contoh Dari Outbound Marketing

Outbound marketing adalah strategi marketing yang bertujuan untuk menjangkau pelanggan secara langsung dan proaktif. Berikut ini adalah 5 contoh outbound marketing yang sering dilakukan perusahaan: 

Contoh Dari Outbound Marketing

Iklan Televisi dan Radio

Menayangkan ikalan di televisi atau radio selama acara populer untuk menarik perhatian audiens kerap dilakukan perusahaan. Meskipun kemajuan teknologi semakin canggih dan penikmat acara televisi dan radio berkurang, perusahaan-perusahaan besar masih tetap menggunakan cara tersebut. 

Baca Juga:  Apa Itu SaaS? Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Endorsemen Selebgram

Cara ini hampir sama dengan memasang iklan di televisi maupun radio. Kemajuan teknologi membuat orang beralih dalam menggunakan media hiburan. Media sosial ini lebih sering digunakan jika dibanding dengan televisi dan radio, sehingga melakukan outbound marketing di sini lebih tepat.  

Email Marketing

Perusahaan memiliki daftar kontak pelanggan yang sebelumnya telah melakukan pembelian. Mengirimkan email promosi ke daftar kontak tersebut untuk memberitahukan tentang penawaran terbaru atau informasi produk. Sehingga dapat mengingatkan kesadaran merek.  

Telemarketing

Melakukan panggilan ke konsumen untuk menawarkan produk secara langsung. Hal ini dapat dilakukan untuk membuat pelanggan merasa istimewa sehingga mau melakukan transaksi ke perusahaan. 

Event dan Pameran

Perusahaan dapat mengadakan atau menghadiri event atau pameran. Hal tersebut sangat efektif karena dapat mengundang banyak orang untuk mengenalkan produk dan membranding perusahaan. 

Meskipun outbound marketing dapat dikategorikan sebagai strategi yang lebih mahal dan kurang ditargetkan, namun strategi yang satu ini masih memiliki tempat di dunia marketing dibanding inbound marketing.  

Untuk memahami lebih banyak lagi mengenai dunia marketing yang dapat diterapkan perusahaan khususnya digital marketing, kalian dapat mengikuti Coding Studio Fast Track, Kursus Digital Marketing Baginner yang diadakan dengan kurikulum internasional.

Related Articles