Python Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Python Adalah Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Berbagai platform sosial media yang sehari-hari kita gunakan faktanya dibuat dengan memakai Python. Python adalah programming language populer. Supaya lebih jelas memahami Python ini, simak artikel kali ini.

Apa itu Python?

Biasanya memang aplikasi bukan hanya mengandalkan satu bahasa pemrograman. Tapi Python menjadi salah satunya yang digunakan sebagai programming language pada aplikasi-aplikasi populer, Python memang bisa diandalkan. Berbagai keunggulan Python membuatnya sering menjadi andalan dalam membuat aplikasi-aplikasi.

Pengertian Python

Bahasa Python sederhana, bahkan menyerupai bahasa umum manusia sehingga mudah digunakan. Saat menjalankan aplikasi berbahasa Python, butuh waktu cukup cepat dibandingkan beberapa bahasa lain. Tak hanya sering diandalkan perusahaan saja, tapi kalangan akademisi mengandalkan Python dalam merampungkan penelitian-penelitian.

Python adalah suatu bahasa pemrograman yang dapat dipasang untuk berbagai macam platform, khususnya yang fokus pada sistem pembaca kode. Python berkaitan erat dengan IoT, machine learning maupun data science. 

Programmer biasa mengandalkan Python dalam membuat scripting, prototype, membuat website skala besar dan sebagainya. Pastinya Python telah menjadi salah satunya bahasa yang paling populer untuk pemrograman dunia.

Fungsi Python

Python bisa digunakan dalam pengembangan software maupun situs web. Visualisasi data maupun otomatisasi tugas juga dapat mengandalkan Python. Python juga relatif mudah dipelajari, karena itu Python diandalkan banyak mereka yang bukan programmer secara langsung. Misalnya ilmuwan, akuntan dan lain sebagainya dalam menjalankan berbagai tugas mereka sehari-hari.

Seiring teknologi berkembang, Python sudah terbiasa digunakan pada berbagai keperluan yang lainnya. Untuk tahu apa saja fungsi Python yang lebih jelasnya, simak beberapa poin berikut.

Baca Juga:  Bahasa Pemrograman Web: Mana yang Sesuai Untukmu?

– Berperan optimal untuk scripting & otomatisasi

Bahasa pemrograman satu ini bisa menyokong dengan baik pengembangan sistem scripting maupun otomatisasi. Python menyediakan berbagai macam kode dan fitur yang dapat membuat kedua proses tersebut lebih mudah.

Saking sangat mudahnya, Python sering dimanfaatkan programmer yang masih pemula atau yang baru mulai masuk dunia scripting.

– Analisis data

Fungsi Python yang sering dimanfaatkan banyak masyarakat modern sekarang adalah membantu analisis data. Python bisa memungkinkan analis maupun para profesional lainnya menyelesaikan perhitungan statistik bahkan yang kompleks sekali pun. Visualisasi data pun bisa dibuat dengan lebih mudah dan optimal melalui kehebatan Python.

– Mengoptimalkan sistem machine learning

Python mampu juga membangun dengan baik algoritme untuk machine learning sembari sambil menganalisis atau melakukan manipulasi data. Berbagai tugas yang terkait data lain juga bisa diselesaikan dengan lebih mudah saat menggunakan Python.

– Tes software

Software development menjadi apa yang dibutuhkan banyak perusahaan sekarang ini. Python adalah salah satu tool handal untuk menuntaskan berbagai tugas misalnya testing, melacak bug, membangun kontrol, dan sebagainya. Dengan mengandalkan Python, maka para developer software bisa mengotomatiskan pengujian mumpuni untuk fitur atau produk baru. Banyak fitur di Python yang dapat digunakan untuk tes software.

– Di luar bidang utama IT, Python tetap bisa menjalankan fungsinya

Maksudnya adalah Python bukan sekadar bermanfaat baik untuk data scientist, maupun programmer saja. Dengan belajar Python, bisa berdampak baik untuk profesi lainnya. Misalnya saja seperti dalam bidang pemasaran dengan sosial media (SMM), jurnalis, menjalankan UMKM dan sebagainya.

Agar lebih jelas, ini dia beberapa contoh hal di luar bidang utama IT yang bisa diselesaikan dengan mengandalkan Python:

  • Pengingat berbagai aktivitas/ tugas sehari-hari
  • Melacak harga crypto
  • Memperbarui list belanjaan
  • Mengonversi text ke file spreadsheet
  • Pelacakan pasar saham
  • Mengganti dengan cepat nama untuk banyak file
  • Isi formulir online dengan otomatis

Kurang lebih seperti itulah fungsi-fungsi dari Python.

Apa yang Menjadi Keunggulan Python?

Python adalah pilihan bahasa pemrograman populer yang bukan hanya berkembang atau populer di negara lain saja tapi juga di Indonesia. Lalu mengapa Python sebegitu populer? Karena Python bisa dimanfaatkan dengan baik untuk ragam keperluan perusahaan atau bisnis. Untuk pembentukan software, menunjang inisiatif untuk data science dan sebagainya bisa mengandalkan Python.

Keunggulan Python

Selain dari hal-hal tersebut, Python punya beberapa keunggulan yang membuat bahasa ini populer. Ini dia penjelasan mengenai nilai plus atau kelebihan Python.

Baca Juga:  Library Python untuk Data Science

1. Didukung berbagai macam OS

Pertama adalah dukungan dari berbagai OS. Baik itu OS Linux, Windows, maupun Mac, Python bisa dijadikan andalan untuk program beberapa sistem operasi tersebut. Python mampu membuat program berbagai OS mampu berjalan mulus. Dengan dukungan penuh ini, maka dapat membuat orang-orang mudah mempelajari maupun menciptakan program-program.

2. Fokus pada kemudahan

Konsep desain Python termasuk sederhana, Python bahkan memiliki fokus kepada kemudahan para pengguna. Dengan segalanya yang dipermudah, membaca, merawat, dan mempelajari Python bukan hal yang terlalu sulit dilakukan. Untuk pemula bahkan Python termasuk cukup ramah.

3. Hemat waktu

Para programmer dapat lebih menghemat waktu mereka dengan mengandalkan Python. Lewat konsep sederhana, Python adalah senjata bahasa pemrograman andalan yang tak akan menghabiskan banyak waktu programmer. Dalam mendapatkan hasil pemrograman tertentu, tidak perlu banyak kode yang harus dipakai.

Karena proses pengerjaan relatif singkat, maka programmer dapat lebih produktif lagi untuk menghasilkan program lainnya. Waktu mengeksekusi tugas erat kaitannya dengan biaya operasional. Penggunaan Python bisa dibilang dapat dijadikan salah satu celah terbaik bagi perusahaan jika ingin biaya operasional ditekan.

4. Integrasi dengan aplikasi-aplikasi

Python juga merupakan kode yang dapat diintegrasikan bersama banyak aplikasi asal tahu mekanisme mengintegrasikannya.

5. Bebas digunakan

Ada lagi keunggulan Python lainnya yaitu gratis. Dengan begitu, maka Python bebas digunakan setiap programmer. Sifat Python adalah open source, walau Python ingin dipakai dalam kepentingan komersial, tidak perlu lagi menyiapkan budget dalam menjalankan program. Maka dari itu, wajar saja kalau banyak programmer tertarik belajar Python.

Itulah kurang lebih keunggulan Python. Selain itu, Python tak hanya dapat dijalankan untuk hampir setiap sistem operasi. Bahasa pemrograman satu ini juga unggul dalam segi dukungan pustaka. Khususnya pustaka pihak ketiga, pengguna Python mudah menemukan pustaka dengan berbagai macam spesialisasi.

Contoh Pemakaian Program Python

Supaya kamu lebih familiar dengan Python, akan ada beberapa contoh pemakaian bahasa pemrograman Python yang dapat membantu kamu memahami berbagai fitur dan fungsionalitasnya. Berikut beberapa contoh Python:

Baca Juga:  8 Framework Terbaik Tahun 2020, Apa Saja ya?

1. Program untuk angka acak

Salah satu contoh program Python yang simple misal menghasilkan nilai integer acak, berikut pembahasannya:

Syntax:

#program angka acak

#import packages random

import random

print(random.randint(0,50))

‍Output:

13

2. Program menampilkan kata

Program ini bisa dibilang merupakan yang paling basic dan sederhana. Kita hanya cukup memakai satu perintah saja yaitu print. Perintah Python ini nantinya bisa menampilkan text, berikut pembahasan program tersebut:

Syntax:

#program print "Halo Guys"

print("Halo Guys")

Output:

Halo Guys

Tentunya masih ada sangat banyak lagi pengaplikasian Python lainnya. Python menjadi salah satunya bahasa program yang sampai sekarang ini sering digunakan banyak perusahaan. Jika ingin menguasai bidang coding atau bahasa program, memahami Python adalah merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan. Untuk itu, Anda bisa kursus melalui Coding Studio. Di sini, Anda bisa mempelajari banyak bidang IT termasuk seputar Python ini.

Related Articles