Pada era saat ini perkembangan teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat, yang dimana hal itu ditunjukan dengan banyaknya hal – hal yang berbau digital yang digunakan pada saat ini. Hingga pada saat ini banyak sekali sekolah – sekolah yang membuat sekolah yang khusus mempelajari coding yang mana bertujuan untuk memberikan pengajaran tentang coding kepada anak – anak pada saat ini yang dimana pengajaran ini diberikan untuk anak – anak yang berumur 13 tahun keatas yang ingin mendalami ilmu tentang coding ini. selain dengan adanya berdirinya sekolah – sekolah yang terpusat dengan ilmu coding pada saat ini juga banyak sekali juga hadirnya seminar – seminar yang dibuka untuk orang – orang yang ingin belajar coding lebih dalam.

Sebenarnya bagi anda yang ingin belajar mengenai coding ini secara mandiri di rumah juga bisa loh, karena pada saat ini banyak sekali website – website yang bisa anda kunjungi untuk belajar tentang coding secara mendalam. Website yang bisa anda kunjungi untuk belajar coding ini adalah website dari https://codingstudio.id/ karena disana banyak sekali menyediakan materi – materi pembelajaran yang sangat baik Dan juga terstruktur tentunya. Sebelum kita membahas mengenai apa itu web development, ada baiknya anda tau terlebih dahulu nih coding itu seperti apa agar pada saat anda ingin memperdalam tentang ilmu coding anda akan mudah untuk memahami bagian – bagian dari coding itu sendiri seperti apa.

Apa Itu Coding?

Kira – kira anda tau nggak nih apa yang dimaksud dengan coding? Bagi anda yang masih belum tau simak nih apa itu coding. Jadi coding itu adalah sebuah kegiatan yang dimana kegiatan tersebut berupa penulisan dan juga pengumpulan dari suatu rangkaian perintah yang dimana nantinya dari penulisan dan juga pengumpulan tersebut bisa menjadi sebuah program di komputer.

Jika anda menggunakan Bahasa Indonesia dalam komunikasi, maka komputer menggunakan berbagai Bahasa pemrograman yang dimana pemrograman tersebut terdiri dari SQL, PHP, Java, Python, dan sebagainya. Dari setiap kode yang ada maka kode itu akan membantu komputer anda dalam mengetahui tentang apa – apa saja yang ingin anda lakukan di komputer anda. jika  kode itu dimasukan didalam komputer anda maka komputer anda akan menerima sebuah instruksi yang mana dari intruksi itu nanti akan diikuti dengan apa yang sudah anda tulis di dalamnya. Yang mana nantinya dari yang anda tuliskan tersebut akan menjadi sebuah program nantinya.

Dalam sebuah coding maka sudah tentu adanya sebuah proses, pada proses coding itu sendiri memerlukan ketelitian yang sangat tinggi didalamnya, karena pada saat melakukan coding maka banyak sekali kesalahan – kesalahan yang terjadi didalamnya. Yang mana jika kesalahan – kesalahan ini terjadi maka akan menimbulkan program yang sedang anda buat tidak dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan apa yang anda harapkan. Kesalahan – kesalahan yang sering terjadi di dalam sebuah coding adalah di penulisannya seperti koma, titik dua, dan juga titik di tempat yang salah yang mana hal tersebut bisa menghalangi sebuah program berfungsi dengan semestinya.

Apa itu Web Development?

Apakah anda saat ini sudah tau bahwa coding tersebut merupakan bagian dari web development. Lalu, apa itu web development sebenarnya? Pada web development atau juga web programming sendiri adalah proses pembuatan sebuah website dan juga aplikasi yang dimana dengan menggunakan coding didalamnya. Website – website inilah yang banyak sekali yang dikunjungi oleh banyak orang yang dimana memiliki akses internet.

Web development ini juga terbagi menjadi tiga yaitu:

  • Back End Development

Apasih arti dari Back End Development? Jadi Back End Development itu sendiri merupakan bagian belakang yang dimana merujuk pada sisi website yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung atau pengguna lainnya.

  • Web Design

Seperti dengan namanya bahwa web design ini merupakan pada proses pengembangan asset visual dari website itu sendiri. Web designer seringkali melakukan Kerjasama dengan front – front end developer yang dimana untuk memastikan bahwa ide yang didesain bisa diaplikasikan dengan tepat pada sebuah website.

  • Front End Development

Front End Development merupakan istilah – istilah yang digunakan untuk membahas bagian – bagian interaksi yang terjadi di ‘muka’ dari sebuah yang namanya website, yang mana dari fungsionalitas nya terdiri dari tombol, scroll, interaksi pada klik, dan lain sebagainya.

Pada fungsionalitas itu sendiri bisa dilakukan oleh satu orang yang sama, dimana orang tersebut memiliki tugas untuk bertanggung jawab untuk mengatur fungsionalitas website dan juga dalam perancangan tampilan – tampilan yang ada di website. Pada saat itu mereka disebut dengan pengembangan full-stack. Yang dimana mereka akan menggabungkan front – end dan back-end.

Mengapa anda harus mengetahui tentang front-end dan juga backend ini karena anda akan dapat dengan mudah untuk memahami jenis – jenis Bahasa pemrograman yang lebih mudah. 

Bahasa Pemrograman 

Apakah dari anda sudah mengetahui Bahasa pemrograman apa saja yang ada pada saat ini dan juga popular pada saat ini? jika anda masih belum mengetahuinya maka simak berikut beberapa bahasa pemrograman yang harus anda ketahui jika anda ingin bisa coding.

  1. JavaScript

JavaScript adalah Bahasa pemrograman yang dimana Bahasa pemrograman ini untuk digunakan untuk membuat sebuah halaman di website interaktif dan juga dinamis. Pernahkah anda melihat pada sebuah website yang dimana di dalam website tersebut anda melihat animasi, pop-up, dan juga tombol yang bisa anda klik? Jika anda melihat itu maka website tersebut dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman JavaScript.

8ntuk menggunakan Bahasa pemrograman JavaScript ini secara optimal maka anda bisa menggunakannya bersamaan dengan yang namanya server-side language, Node JS. Dan bukan hanya itu saja jika anda ingin bisa mahir dapat menggunakan JavaScript, maka anda harus nyaman dengan menggunakan HTML dan CSS.

  1. Python

Python adalah Bahasa pemrograman yang bisa dilakukan untuk banyak hal yang dimana Bahasa pemrograman Python ini banyak digunakan oleh komputer – komputer yang sudah modern. Bahasa pemrograman Python ini bisa anda gunakan untuk memproses text, angka, gambar, dan juga berbagai data yang anda simpan di dalam komputer anda. Bahasa pemrograman ini setiap harinya dipakai oleh google, website video-sharing youtube, NASA loh.

Bahasa pemrograman Python ini juga harus diterjemahkan terlebih dahulu. Yang ini berarti bahwa Bahasa pemrograman Python ini tidak akan dikonversi ke kode yang bisa dibaca komputer yang dimana komputer tersebut belum dijalankan.

  1. Java 

Java adalah Bahasa pemrograman yang paling popular karena hampir 90% dari perusahaan menggunakannya. Yang mana Bahasa pemrograman java ini memiliki Java Virtual Machine (JVM) yang kuat. Yang dimana membuat java ini ini menjadi kompatibel di berbagai platform.

Nah itulah dari beberapa Bahasa pemrograman yang harus anda ketahui sebelum belajar. Bagi anda yang ingin belajar Bahasa pemrograman coding lebih mendalam maka anda harus belajar atau juga kursus agar anda benar – benar bisa melakukan pemrograman coding. Bagi anda yang ingin kursus maka anda harus kursus di tempat yang bagus seperti di  tempat kursus Coding Studio yang dimana jika anda kursus di Coding Studio maka anda sangat cepat bisa paham dengan coding. Jika anda berminat maka anda harus kunjungi websitenya yaitu https://codingstudio.id/.