ui-design

Mengenal UI Design dan Fungsinya

Apakah Anda pernah mendengar istilah UI atau user interface? Bagi sebagian orang yang akan atau sudah membuat website, pastinya lebih akrab dengan istilah ini. Pada proses pembuatan atau desain web, memang penting sekali untuk memperhatikan UI design yang diterapkan. Jika belum terlalu familiar dengan istilah UI ini, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Pengertian dan Fungsi User Interface Design

User Interface (UI) merupakan bagian visual dari sebuah website, software, atau aplikasi yang menentukan cara seseorang dapat berinteraksi dengan produk digital tersebut. Dibangun dengan menyatukan konsep desain visual, infrastruktur informasi, dan desain interaksi menjadi satu.

Tujuan dari desain ini adalah untuk mempermudah penggunaan suatu produk. Pengunjung website atau pengguna media digital lainnya akan lebih mudah memahami bagaimana cara menggunakan produk tersebut. Desain dari user interface ini akan pandangan pengguna mengenai kualitas produk terkait.

Desain dari UI yang bagus adalah yang nyaman tampilannya saat digunakan oleh user. Jika tampilannya berantakan, nilai produk tersebut akan terlihat kurang di mata pengguna.

Fungsi User Interface

User Interface memiliki peranan penting dan mempengaruhi bagaimana penilaian pengguna dari sebuah produk digital. Desain user interface yang bagus memiliki beberapa fungsi penting seperti berikut:

1. Mempermudah pengguna berinteraksi dengan produk

Tujuan dari pembuatan user interface adalah untuk kemudahan penggunaan produk. Elemen dari UI design antara lain desain tombol, teks, warna, tata letak, ikon, gambar, dan lainnya. Elemen visual tersebut dibuat dengan desain yang bagus agar produk mudah dan nyaman digunakan oleh pengguna.

Jika pengguna bisa berinteraksi dengan lebih mudah, biasanya mereka akan lebih nyaman menggunakannya. Pengguna pun akan lebih setia untuk menggunakan produk tersebut. Pengguna akan lebih memilih untuk mengandalkan produk tersebut untuk kebutuhan dan tujuan mereka.

2. Meningkatkan kekuatan branding

Melalui desain yang bagus dan interaktif, sebuah produk akan lebih mudah dikenali. Itulah fungsi dari desain user interface untuk meningkatkan branding dari sebuah produk. Misalnya saja pengguna akan lebih mudah mengenali dan juga membedakan tampilan dari Instagram dan Twitter karena desain user interface mereka yang berbeda.

Menjadi salah satu kemampuan desain user interface untuk membantu meningkatkan branding produk. Pengguna akan lebih mudah untuk mengenal dan mengingat bagaimana tampilan atau user interface dari produk yang mereka gunakan. Jika bagus dan nyaman, mereka dapat memilih untuk kembali saat sedang membutuhkan.

3. Meningkatkan penjualan

User interface yang memberikan tampilan nyaman dan interaktif lebih menyenangkan untuk digunakan. Pengalaman menyenangkan inilah yang dapat membantu membuat pengguna lebih setia untuk menggunakannya. Tidak hanya berhenti di satu pengguna saja, karena biasanya mereka juga akan membagikan pengalaman mereka saat menggunakan produk.

Ulasan produk yang baik dari pengguna menjadi keuntungan besar. Oleh sebab itu, desain user interface yang baik menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Menggunakan UI design yang bagus dan berkualitas akan membantu meningkatkan penjualan dari suatu produk.

4. Mempercepat pertumbuhan bisnis

Penjualan produk yang meningkat dengan pengguna yang semakin banyak akan berpengaruh pada pertumbuhan bisnis. Biasanya peningkatan penjualan akan diiringi juga dengan peningkatan pertumbuhan bisnis secara otomatis. User interface membutuhkan desain yang berkualitas agar manfaat ini bisa didapatkan.

Tips membuat desain user interface

Aplikasi atau website dengan user interface yang baik dapat dibuat dengan memahami beberapa tips penting membuat desain user interface. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk membuat desain user interface yang baik.

1. Jelas dan ringkas

User interface sebaiknya dibangun dengan desain yang baik dan mudah dimengerti oleh pengguna. Apabila sebuah website atau aplikasi memiliki desain yang tidak jelas, pengguna akan mengalami kesulitan untuk bisa menggunakannya. Navigasi website atau aplikasi yang membingungkan akan sulit untuk pengguna memahami cara menggunakan produk tersebut.

Namun perlu diingat bahwa UI tidak hanya harus jelas tetapi sebaiknya juga ringkas. Apabila terlalu banyak penjelasan, pengguna harus menghabiskan lebih lama untuk memahaminya. Oleh sebab itu, usahakan untuk bisa menjelaskan dalam satu kalimat agar lebih jelas dan ringkas.

2. Responsif

User interface yang responsif adalah yang dapat bekerja dengan cepat. Interface dengan loading yang lebih cepat akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Jika produk membutuhkan waktu lama untuk loading, pengguna biasanya akan menjadi malas untuk melanjutkannya.

Selain cepat, UI yang responsif haruslah jelas memberi tahu pengguna apa yang sedang terjadi. Misalnya saja saat ada tombol yang diklik oleh pengguna, tombol akan berubah dari menu menjadi loading. Jadi pengguna bisa mengetahui apakah website atau aplikasi sedang bekerja.

3. Familiar

Desain user interface dapat dibuat sebagus mungkin, tetapi sebaiknya tetap memilih tampilan yang lebih familiar. Misalnya saja tombol play menggunakan simbol segitiga dan lain sebagainya. Pengguna akan lebih mudah untuk menggunakan produk dengan tampilan yang familiar atau sudah pernah dilihat sebelumnya.

Jika dibuat dengan berbeda, kemungkinan pengguna salah klik bisa terjadi. Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan user saat menggunakan produk. Jadi, lebih disarankan untuk menggunakan desain sederhana yang memang sudah familiar oleh kebanyakan pengguna.

4. Efisien

Desain untuk user interface website atau aplikasi yang baik adalah yang desain yang efisien. Buat setiap langkah-langkah pengguna menjadi lebih mudah dan efisien tanpa masalah yang mengganggu. Interface sebaiknya dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

Sebelum membuat UI design, sebaiknya sudah terlebih dahulu memahami bagaimana website atau aplikasi seharusnya bekerja. Buat sesuai dengan fungsi dan kegunaannya sehingga lebih mudah untuk pengguna mencapai tujuan.

5. Menarik

User interface merupakan elemen visual yang penting pada sebuah produk. Desain yang digunakan sebaiknya menggunakan desain yang menarik agar pengguna lebih tertarik dengan produk tersebut. Tampilan yang menarik akan lebih bagus untuk sebuah website atau aplikasi.

Selain menarik, user juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan. Buat user interface yang menarik namun tetap sesuai dengan audience atau target pasar. Siapa audience dari produk Anda dan tampilan seperti apa yang mereka sukai.

6. Konsisten

Konsistensi dari sebuah interface akan lebih memudahkan pengguna untuk memahami dan mengerti polanya. Misalnya saja icons, tombol-tombol, tabs, dan elemen lain dari interface sebuah aplikasi atau website. Apabila tampilannya mirip dengan tampilan pada umumnya, pengguna akan lebih cepat untuk memahaminya.

User dapat lebih cepat mengerjakan sesuatu dengan interface yang mudah dimengerti dan tidak sering gonta-ganti. Jika ingin diubah, sebaiknya dibuat lebih mirip dengan interface yang lama terutama untuk elemen-elemen penting seperti tombol, icons, dan lainnya.

7. Kursus desain user interface

Penting untuk memperhatikan user interface yang digunakan pada sebuah produk. Apabila dibutuhkan, ada beberapa kursus desain user interface yang bisa membantu Anda mempelajari lebih dalam mengenai UI ini.

  • Gymnasium
  • Material Design Guidelines by Google
  • Principles of UX Design by InVision
  • Envato Tuts+
  • Hackdesign

Itulah pengertian, fungsi, dan tips UI design yang penting untuk dipahami. User interface yang baik diperlukan untuk memperoleh desain web yang lebih menarik dan juga interaktif. Hal tersebut penting terlebih lagi untuk website atau aplikasi yang digunakan untuk bisnis. Jika anda ingin mempelajari lebih dalam tentang UI Design , bisa daftar kursus UI Design di Coding Studio dengan mengunjungi link ini: https://codingstudio.id/kursus-ui-design/