Di era digital, digital marketing sudah menjadi strategi bisnis yang cukup potensial. Saat hampir seluruh kegiatan bermasyarakat pindah ke platform digital, mau tidak mau para pelaku bisnis mengoptimalkan peran digital ke dalam hampir seluruh proses usaha. Mulai dari skala UMKM hingga perusahaan global, hampir seluruh perusahaan memperkuat digital marketing. Oleh karena itu, dapat dilihat berbagai tools digital marketing yang bermunculan. Bahkan dilihat melalui prospek ke depannya, berbagai tools tersebut dapat membantu kesuksesan suatu bisnis karena dapat membantu dalam menjangkau pengguna media sosial.

Saat ini, sudah banyak tools digital marketing populer di kalangan pelaku bisnis. Tools ini menjadi andalan dalam hal pemasaran secara online. Untuk segera membantu proses digital marketing-mu, berikut ini beberapa tools yang perlu dikuasai.

1. Facebook Ads

tools-digital-marketing
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar dengan pengguna terbanyak di internet. Oleh karena itu, memahami Facebook Ads sangat penting untuk digital marketing. Facebook Ads merupakan platform digital, di mana kamu melakukan iklan untuk bisnismu melalui fitur fanpage. Sehingga, beriklan di Facebook sangat berpotensial untuk memperluas pasar dan jangkauan lebih banyak orang, khususnya di Indonesia.

Saat menggunakan Facebook Ads, iklan akan ditampilkan pada berbagai media sosial yang terafiliasi dengan Facebook seperti Instagram, Messenger, Facebook Market Place, dll. Selain itu, Facebook juga melakukan penargetan pemirsa yang dapat dipilih berdasarkan demografis, lokasi, minat, dan perilaku.

2. Instagram Ads

tools-digital-marketing
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Instagram adalah media sosial yang sangat familiar di berbagai kalangan, khususnya anak muda. Oleh karena itu, saat menggunakan iklan di Instagram Ads, tentu target pasar akan membantu dalam meningkatkan popularitas produk. Khususnya, jika produk lebih ditargetkan ke anak muda yang sesuai dengan audience di Instagram.

Pada Instagram, kamu bisa membuat iklan di feed dan Instagram story. Jika kamu sudah memahami pembuatan iklan di Facebook Ads, maka iklan di Instagram tidaklah sulit. Hal ini dikarenakan kedua platform iklan sudah disatukan di bawah Facebook Ads Manager, sehingga langkah-langkahnya serupa.

3. Google Ads

tools-digital-marketing
Photo by Launchpresso on Unsplash

Tidak kalah dengan Facebook dan Instagram, Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia. Selain itu, Google juga memilki market share yang sangat besar, sehingga kamu bisa menjangkau pasar yang luas dengan beriklan pada tool ini.

Untuk Google Ads sendiri, nantinya akan ditampilkan pada hasil laman pencarian Google, serta berbagai website mitra seperti YouTube dan berbagai media online (blog, portal berita, dll). Nah, iklan tersebut akan muncul tergantung pada jenis iklan yang kamu pilih.

4. Google Analytics

tools-digital-marketing
Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Google Analytics merupakan platform analisis website yang disediakan Google secara gratis. Melalui tool ini, pengguna akan mendapatkan data demografi serta kebiasaan atau perilaku pengunjung. Biasanya data ini akan ditampilkan dalam bentuk trafik dan performa di dalam website.

Pada tool ini juga terdapat berbagai fitur unggulan misalnya, fitur membaca data secara real-time dan evaluasi kecepatan website. Selain itu, tool ini juga menyediakan report trafik website dalam jangka waktu harian, mingguan, hingga bulanan.

5. Ubersuggest

tools-digital-marketing
Photo by Pixabay on Pexels

Ubersuggest adalah tool SEO dengan tampilan minimalis dan fitur yang cukup lengkap. Melalui tool ini, kamu bisa menggunakan keyword disertai dengan biaya Cost Per Click (CPC), serta tingkat kompetisi keyword untuk iklan serta SEO.

Selain itu, kamu akan mendapatkan rekomendasi konten populer terkait dengan keyword yang dicari. Dilengkapi info mengenai volume pencarian keyword, ranking perkiraan jumlah kunjungan, dan keyword difficulty. Serta, terdapat matrik yang berisi estimasi pengunjung, backlink, dan social shares.

6. Mailchimp

tools-digital-marketing
Photo by Miguel Á. Padriñán on Pexels

Mailchimp adalah salah satu platform untuk tools email marketing. Melalui tool ini, kamu bisa mendesain dan mengirimkan ratusan hingga ribuan email ke audiens atau subscriber website

Tool ini juga memudahkan pengunjung karena hanya perlu diakses melalui website. Selain itu, bisa juga digunakan untuk melihat performa email marketing yang kamu kerjakan dan lebih dikenal sebagai The-All-in-One-Marketing-Platforms. MailChimp ini terintegrasi ke semua software atau CMS populer seperti WordPress.

Nah, itulah beberapa tools digital marketing yang harus dikuasai, khususnya bagi pelaku bisnis. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Atau punya rekomendasi lainnya? Yuk, share di kolom komentar! Kamu juga bisa memahami mengenai digital marketing, dengan membaca artikel konsep digital marketing dari Coding Studio.