Seiring dengan perkembangan teknologi, kamu hanya perlu menggunakan internet ketika ingin mencari informasi, yaitu melalui mesin pencarian. Lalu, mesin pencarian akan mengeluarkan informasi yang sesuai dengan yang kamu cari. Baik itu informasi tren saat ini yang ada di blog atau penjualan produk dan jasa, mesin pencarian akan menampilkannya untuk kamu. Namun, tahukah kamu bahwa dibalik itu SEO memainkan peran penting? Oleh karena itu, setiap pemilik website menerapkan berbagai tips SEO di bawah agar mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Apa itu SEO?

tips-seo
Photo by Merakist on Unsplash

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses memaksimalkan jumlah pengunjung ke website dengan muncul di urutan teratas dalam daftar hasil mesin pencarian. Selain itu, SEO juga hanya berfokus pada hasil pencarian organik dan tidak termasuk PPC (Pay per Click). Hal ini dikarenakan SEO dicapai dengan meningkatkan ranking dalam hasil pencarian yang natural. Dengan algoritma Google yang selalu berubah, SEO yang diterapkan juga perlu diperbarui. Jika tidak, nantinya akan sulit untuk bersaing dengan website lain di halaman pencarian.  

SEO sendiri memiliki 3 komponen penting, yaitu:

1. Technical SEO

Pada komponen ini mengacu pada proses pengoptimalan berbagai aspek teknis pada website-mu untuk meningkatkan peringkat halaman tersebut di mesin pencarian. Akan tetapi, komponen ini tidak berkaitan langsung dengan kata kunci atau keyword, melainkan pada elemen teknis di balik website. Adapun elemen penting terkait technical SEO, seperti crawling, rendering, indexing, dan website architecture. Dengan memanfaatkan technical SEO, website-mu akan bekerja lebih cepat. Selain itu, website-mu juga akan lebih mudah di-crawl dan dipahami oleh mesin pencarian.

2. On-site SEO

Pada kompenen ini, SEO diterapkan pada semua konten agar dapat mengoptimalkan sesuatu kata kunci yang ditargetkan. Nah, untuk On-site SEO, kamu dapat melakukannya dengan memiliki judul dan deskripsi yang baik sekaligus memasukan keyword ke judul sebuah post, meta description, tag, dan sebagainya. Selain itu, mengintegrasikan beberapa media di dalam konten website juga memengaruhi peningkatan SEO.

3. Off-site SEO

Kompenen ini terkait pada proses mendapatkan backlink atau referensi dari website lain agar meningkatkan kepercayaan terkait website atau kontenmu di mesin pencarian. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bukan tentang kuantitas melainkan dilihat dari mana tautan ini berasal dan relevan atau tidak. Dengan referensi yang terpercaya, peringkat website-mu akan menjadi tinggi.

Nah, setelah memahami komponen penting dari SEO, tentunya kamu juga perlu mengetahui tips SEO yang dapat mengoptimalkan konten pada website-mu. Dalam dunia digital marketing, konten marketing merupakan faktor yang cukup penting dalam kegiatan pemasaran. Di mana, ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan popularitas sebuah produk di dunia internet.

Berikut tips SEO yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkan konten pada website-mu.

Menentukan strategi konten yang akan dipublikasikan

Hal pertama yang tentu harus kamu lakukan adalah menentukan strategi konten marketing. Mulai dari menentukan kata kunci, serta melakukan riset pengguna. Setelah kamu sudah mengetahui jenis konten yang relevan untuk dipublikasikan, serta keyword yang biasa dicari, maka kamu dapat membuat desain konten strategi yang lebih spesifik. Di mana, hal ini dapat membantumu dalam menarik calon pelanggan.

Menerapkan hal dasar agar konten menjadi berkualitas

Hal dasar yang dimaksud di sini adalah menyesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan calon pelanggan, seperti mengerti keyword yang sering digunakan serta memahami kebiasaan mereka. Nah, penting juga untuk kamu menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Konten marketing menjadi berkualitas jika bisa menjadi solusi bagi calon pelanggan ketika sedang menghadapi masalah. Dalam SEO, konten yang panjangnya kurang lebih 1000 kata biasanya cenderung memiliki peringkat yang lebih baik pada mesin pencarian. Namun, yang terpenting adalah isi konten berfokus pada satu pembahasan tertentu agar mempermudah dalam menargetkan pembaca.

Membuat konten yang berisi informasi jelas dan terpercaya

Pada tips ini, konten yang dibuat harus bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai produkmu, sekaligus sebagai sumber informasi bermanfaat yang membantu pelanggan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika konten kamu menarik, menghibur, meninggalkan kesan mendalam bagi pelanggan, maka mereka akan tergerak dengan sendirinya dan dengan senang hati membagikan konten tersebut. Khususnya jika konten yang kamu buat dapat dipercaya. Nah, hal ini tentunya akan sangat menguntungkan website-mu.

Meninjau strategi kata kunci yang akan digunakan

Untuk meningkatkan SEO, meninjau kembali strategi kata kunci yang akan digunakan ini sangatlah penting. Kamu bisa melakukan riset kata kunci dan user dengan memeriksa bagaimana kata kunci atau keyword tersebut digunakan pada konten tertentu. Selain itu, jangan membuang banyak waktu untuk meningkatkan peringkat website dengan kata kunci yang memiliki volume tinggi karena biasanya tingkat persaingannya juga tinggi. Oleh karena itu, akan lebih baik kalau kamu mengatur ulang untuk kata kuncinya dengan mencari yang memiliki peluang jauh lebih tinggi untuk meningkatkan traffic website.

Menggunakan internal link pada konten

Internal link adalah tautan apapun dari satu halaman ke halaman lain di website-mu. Nah, itulah mengapa internal link penting agar setiap halaman di website-mu terhubung satu dengan yang lainnya. Sehingga, ketika ada pengunjung webiste yang datang ke satu halaman, ia bisa dengan mudah berpindah ke halaman berikutnya karena ada link yang tertera di konten. Jadi, strategi menggunakan internal link yang tepat dapat meningkatkan SEO website-mu!

Nah, itulah tips SEO yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan strategi digital marketing! Kalau kamu juga ingin mengetahui tentang digital marketing dan manfaatnya bagi kemajuan bisnis, bisa banget untuk baca artikel tentang digital marketing dari Coding Studio.