reverse-engineering

Game Developer: Pelajari Tips dan Cara Memulainya

Ada berapa game online yang kamu simpan di smartphonemu? Game online sudah menjadi budaya tersendiri yang menjadi sangat popular di masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Kehadiran game online yang semakin menarik dan keren membuat banyak orang tertarik untuk memainkannya. Maka tak mengherankan jika kamu pasti akan menemukan setidaknya satu game online di kebanyakan smartphone orang-orang di sekitarmu. Tampilan yang menarik, jalan cerita yang tidak membosankan, karakter yang beragam, serta petualangan yang menantang menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang yang tertarik dengan game. Jika kamu salah satunya, apakah kamu juga tertarik menjadi seorang game developer? Berangkat dari kegemaran bermain game, banyak orang yang kemudian tertarik untuk menjadi salah satu pembuat game. Tentu saja hal tersebut bukan suatu langkah yang mudah, namun bukan berarti mustahil juga untuk dilakukan selama kamu mau bekerja keras.

Menjadi seorang developer of game membuatmu harus belajar banyak hal, terutama coding dan pemrograman yang merupakan dasar yang akan menjadikanmu seorang game programmer atau developer. Semua proses sulit yang kamu bayangkan bisa menjadi pengalaman berharga dan menyenangkan jika kamu memulainya karena menyukainya.

Tips Menjadi Seorang Game Developer

Akan menjadi perjalanan yang Panjang hingga kamu bisa disebut sebagai game developer. Rasa sukamu pada game akan menjadi bekal awal yang akan menemani perjalananmu ke depan. Namun, hal itu saja tentunya tidak akan cukup karena skill, Pendidikan, pengalaman, dan communication skillmu juga harus diasah sejak awal.

Berikut ini tips untuk melakukan tahapan atau langkah awal untuk menjadi seorang developer of game.

1. Bermain untuk belajar

Bekal awal akan kesukaanmu dalam bermain game bisa menjadi langkah awal untuk mempelajarinya. Dalam semua proses belajar, langkah awal untuk mengetahui dan menguasainya adalah dengan cara mempelajarinya. Bagaimana kamu akan mahir melakukan sesuatu tanpa memperhatikan dan mempelajarinya?

Seorang penulis akan memulai langkah awal untuk mengasah kemampuan mereka dengan banyak membaca. Dengan banyak membaca, mereka akan mendapatkan banyak ide yang bisa mereka tuangkan dalam bentuk tulisan. Sama halnya Ketika kamu ingin menjadi seorang developer game, bermain game bisa menjadi langkah awalmu untuk belajar.

Dalam proses bermain, kamu bisa memperhatikan bagaimana game tersebut tersajikan, mulai dari tampilan, videographer, jalan cerita gamenya, music, tampilan warna, dan banyak hal lainnya. Bermain menjadi langkah awal belajar untuk memperhatikan banyak hal dalam game. Fokusmu bukan pada keseruan bermain, tapi bagaimana game tersebut terstruktur dan tersaji.

2. Mengikuti komunitas

Salah satu skill yang akan sangat bermanfaat untukmu saat bukan hanya di dunia kerja tapi juga untuk kehidupan sehari-hari adalah communication skill. Communication skill hanya bisa kamu dapatkan Ketika kamu bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang.

Selain bisa melatih communication skill, mengikuti komunitas game juga bisa membuka pikiranmu akan bagaimana game yang banyak disukai oleh para penikmat game. Komunitas game akan membantumu melihat game seperti apa yang konsumen sukai atau tidak sukai.

Selain komunitas game, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pengembangan game. Di sana kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesukaan dan cita-cita yang sama denganmu. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki kecintaan yang sama adalah kesempatan besar karena kamu bisa bertukar pikiran dan ilmu dengan mereka.

Dengan berkumpul dengan orang-orang yang bercita-cita sama, kamu bisa meningkatkan kemampuan programmingmu dalam game. Siapa yang akan tahu jika nantinya kamu bisa bekerja dan membangun game-mu sendiri dengan mereka.

3. Manfaatkan internet dengan baik

Belajar programming tidak hanya bisa dilakukan di Lembaga Pendidikan formal seperti sekolah atau kampus saja. Kamu memiliki akses dan fasilitas tidak terbatas yang bisa kamu manfaatkan untuk meraih cita-citamu, yaitu internet.

Kamu bisa menemukan hampir semua hal yang kamu butuhkan, terutama dalam belajar programming dan lainnya yang akan membantumu meningkatkan kemampuan pemrograman yang kamu punya. Ada banyak sekali artikel, buku tentang game developing, bahkan video penjelasan berbagai hal menyangkut game developing dan juga coding.

Ketika akses ada ditanganmu, manfaatkan apa yang ada untuk belajar dengan maksimal. Internet juga akan membantumu berkenalan dengan game developer dari berbagai negara yang bisa kamu temui di berbagai komunitas online. Eksplor kemampuan diri dengan memanfaatkan internet yang kamu punya.

4. Pelajari dan kuasai coding

Menjadi seorang developer game artinya kamu siap untuk belajar coding yang tidak mudah. Untuk dapat memahami coding sebelumnya, kamu juga harus memahami algoritma dan setidaknya Bahasa inggris pasif karena kedua bidang tersebut sangat berkaitan erat.

Algoritma digunakan untuk membuat perintah dalam coding yang menjadi elemen sangat penting di dalam game. Sedangkan Bahasa inggris, kamu membutuhkannya karena kebanyakan istilah dan penjelasan mengenai coding dijelaskan dalam Bahasa inggris.

Kamu bisa memulai dengan mempelajari Bahasa pemrograman C# yang lebih simple. Fokuskan dulu pada yang mudah dan jika kamu sudah bisa menguasainya, kamu bisa mempelajari Bahasa pemrograman yang lebih kompleks seperti C++.

Memulai Praktek Membuat Game

Hal yang paling menantang bagi seorang game developer pemula adalah mempraktikkan apa yang telah dipelajari untuk pertama kali. Banyak keraguan dan kekhawatiran yang akan muncul sebelum kamu memulai proses pembuatan game. Kamu mungkin akan bertanya-tanya apakah kamu sudah benar-benar siap membuat game-mu sendiri?

  1. Membentuk tim

Kamu bisa memulainya dengan membentuk tim sendiri yang memang memiliki visi dan misi yang sama. Kamu juga challenge dirimu sendiri untuk mengikuti komunitas dan ikut berpartisipasi Ketika ada projek apapun yang akan menambah pengalamanmu.

  • Mulai dengan target yang sederhana

Ketika kamu memutuskan untuk mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari, ada baiknya jika kamu memasang target yang sederhana terlebih dahulu. Target yang terlalu jauh hanya akan membuatmu tertekan Ketika kamu belum bisa mencapainya. Untuk menghindari hal tersebut, tidak apa-apa untuk membuat target yang simple dan sederhana terlebih dahulu.

  • Membuat perencanaan yang matang

Meskipun target yang kamu pasang sederhana, namun perencanaan yang kamu punya haruslah matang. Setelah banyak mempelajari berbagai jenis game, komponen-komponennya, cara coding yang tepat, dan lain sebagainya, buatlah rencana yang matang untuk praktikmu kali ini. Diskusikan segala perencanaan terbaik dengan tim dan pastikan untuk memperhatikan tiap detail yang ada.

  • Lakukan sekarang

Sebenarnya tidak akan ada waktu yang sempurna untuk memulai sesuatu jika tidak disertai dengan sedikit paksaan. Tantang dirimu sendiri untuk berani memulai terlebih dahulu. Masalah berhasil tidaknya, akan menjadi permasalahan kemudian hari. Yang terpenting adalah kamu mau memulainya dulu.

Jika kamu merasa masih kurang dalam mempelajari coding atau programming yang dibutuhkan oleh seorang game developer, kamu bisa mengikuti kursus online maupun offline. Ada banyak tempat kursus game programming yang tentu akan sangat membantumu. Jika kamu lebih memilih kursus online, kamu bisa mengecek Binus Center, BitDegree, Coding Studio, dan lain sebagainya. Apabila kamu masih pemula dan lebih cocok dengan kursus berbahasa Indonesia, Kamu bisa mulai belajar dari kursus online game development coding studio.