Ini Dia Tips Belajar Programming Otodidak Buat Kamu

Di era yang serba digital ini, programming adalah salah satu skill yang ingin dipelajari banyak orang. Apakah kamu salah satu dari orang-orang yang ingin belajar programming? Jika iya, maka pastinya kamu ingin belajar programming dengan cara yang paling efektif.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk belajar programming, contohnya seperti mengikuti perkuliahan IT, mendaftarkan diri ke bootcamp, dan mempelajari programming secara mandiri. Nah, bagi kamu yang memilih untuk mempelajari programming secara mandiri, kamu tidak boleh mempelajarinya secara asal, loh! Agar dapat membantu kamu dalam menghindari pembelajaran yang salah, yuk simak tips belajar programming otodidak ini! 

1. Tentukan Target yang Ingin Dicapai

(Sumber: thinkempirical.com)

Setiap orang pasti akan tersesat apabila belum menentukan tujuan akhir dari perjalanannya. Begitu pula dengan belajar programming, kamu harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa target pembelajaran yang ingin kamu raih. Coba pikirkan baik-baik dan tanyakan pada dirimu sendiri “Aku ingin belajar programming untuk apa ya?” Dengan begitu, kamu akan mengetahui lebih lanjut apa saja ilmu yang memang diperuntukkan bagimu.

2. Kenali Bahasanya

(Sumber: sagaratechnology.com)

Dalam dunia programming, kamu akan selalu berkomunikasi dengan komputer untuk mendapatkan output. Nah, agar kamu dapat berkomunikasi dengan komputer, kamu harus mengenali bahasanya terlebih dahulu. Berikut adalah bahasa-bahasa yang sering digunakan oleh calon Programmer untuk belajar programming:

  • Bahasa Pemrograman
    Merupakan bahasa yang berperan sebagai perintah untuk komputer. Pastinya, bahasa pemrograman memiliki logic-nya tersendiri agar dapat mempermudah kita dalam memberikan perintah.
  • Bahasa Markup
    Merupakan bahasa yang berperan sebagai penerjemah untuk elemen-elemen pada dokumen. Susunan struktur elemen-elemen dari dokumen inilah yang akan terpengaruh langsung oleh hasil terjemahan tersebut.
  • Bahasa Style Sheet
    Merupakan bahasa yang berperan sebagai penata susunan struktur dari dokumen. Melalui bahasa ini, tampilan-tampilan dari dokumen yang akan terpengaruh langsung sesuai dengan keinginan, seperti font, warna, dan lainnya.

Apabila kamu sudah mengenali bahasanya, kamu sudah dapat memilih bahasa apa yang harus kamu pelajari agar target awalmu tercapai. Sebagai contoh, bagi kamu yang memiliki target untuk membuat aplikasi Android, kamu dapat mempelajari bahasa XML dan Java.

3. Terjun ke dalam Diskusi

(Sumber: elearningindustry.com)

Ketika belajar programming, kamu dapat memilih opsi untuk ikut serta dalam diskusi yang berkaitan dengan topik tersebut. Di dalam sebuah diskusi, kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang, mulai dari sesama calon Programmer sampai ahlinya. Dengan berdiskusi, kamu pastinya akan bertukar pikiran dengan orang-orang tersebut. Nah, pada akhirnya wawasanmu mengenai dunia teknologi dan programming dapat meningkat.

Selain itu, kamu juga bisa menerima pencerahan terkait masalah programming yang sedang kamu alami, loh! Namun, perlu kamu ingat bahwa masalah yang kamu ingin diskusikan bukanlah masalah yang sepele. Jika kamu memilih untuk mendiskusikan masalah yang sepele, maka kamu dapat dianggap sebagai orang yang malas browsing di internet.

4. Latihan, Latihan, dan Terus Latihan

(Sumber: reachcambridge.com)

Agar menjadi seseorang yang ahli di bidang programming, perlu adanya ketekunan dan kesabaran. Hal ini terjadi karena belajar programming bukanlah hal yang dapat kamu lakukan dalam sekejap. Selain itu, programming adalah keterampilan yang tidak dapat diasah hanya dengan teori saja. Kamu juga harus selalu latihan agar teori yang kamu pahami tidak sia-sia. 

Latihan programming pun dapat kamu lakukan sesederhana mungkin. Sebagai contoh, bagi kamu yang sedang belajar HTML, CSS, dan JavaScript, kamu bisa berlatih dengan membuat sebuah website responsive

Oke, itulah tips belajar programming otodidak khusus buat kamu. Pertama kali belajar programming, mungkin kamu akan merasa bahwa hal ini terasa cukup berat untuk dijalani. Nah, jangan khawatir ya! Seiring berjalannya waktu, kerja keras yang kamu lakukan untuk menguasai skill ini akan terbayar lunas. Apabila topik ini membuatmu tertarik, jangan lupa untuk selalu update dengan blog coding studio ya!