Di era digital saat ini pastinya semua orang tidak bisa lepas dari penggunaan gadget, yang mana dalam penggunaannya sendiri tentunya ada berbagai macam aplikasi yang telah dibuat dan disajikan kepada pengguna gadget. Sampai saat ini pun masih banyak aplikasi yang terus muncul dan berkembang menjadi lebih canggih lagi, nah tahukah anda kira – kira siapa yang mengembangkan aplikasi tersebut? Dengan berbagai aplikasi yang semakin canggih ini ternyata ada peran dari seorang mobile developer yang merupakan seorang programmer yang mana merekalah yang mendesain, membuat dan mengembangkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi yang canggih dan bisa dinikmati oleh para pengguna gadget baik itu pengguna android maupun IOS. Dengan pekerjaan yang keren tersebut pasti banyak dikalangan masyarakat yang tentunya ingin menjadi seorang mobile developer, karena pasti akan sangat membanggakan jika anda bisa mengembangkan sebuah aplikasi dan menciptakan terobosan baru akan kecanggihan suatu teknologi. Untuk tak jarang banyak orang menginginkan menjadi seorang mobile developer yang selain keren tentunya bisa mendapatkan gaji yang besar. Bagi anda yang memiliki cita – cita tersebut, yuk simak tips belajar Mobile App Development di bawah ini!

Tips Belajar Mobile Development

Untuk menjadi mobile developer tentunya membutuhkan skill dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang ini, selain itu juga perlunya pengalaman kerja yang harus dimiliki agar dapat berkarir di bidang ini. Namun bagi anda yang masih pemula dan mau belajar tentunya anda bisa melakukan beberapa tips belajar Mobile App Development dibawah ini:

  • Mulailah Belajar Coding

Di era digital yang mana teknologi semakin berkembang dan tentunya semua orang telah menggunakan gadget dalam kehidupan sehari – harinya, maka tak heran jika profesi sebagai mobile developer banyak dibutuhkan. Jika anda merupakan salah satu orang yang ingin berkarir dalam bidang ini tentu anda perlu untuk mulai belajar coding. Dengan belajar coding atau memahami Bahasa pemrograman maka kamu akan bisa membuat sebuah aplikasi baik untuk platform Android maupun IOS. Oleh sebab itu hal ini perlu anda siapkan terlebih dahulu untuk memahami dengan benar mengenai coding sebelum akhirnya bisa mendesain dan mengembangkan aplikasi yang canggih. 

  • Mengikuti Kursus

Anda juga bisa untuk mengikuti berbagai kursus untuk menunjang proses belajar anda. Jadi setelah anda setidaknya memahami mengenai coding maka anda bisa meneruskannya dengan lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi, disini anda bisa untuk mengikuti kursus seperti di coding studio. Disini anda akan mendapatkan pelatihan dan pembelajaran tentunya untuk bisa menjadi mobile developer yang baik. Dan kursus ini tentunya dapat anda akses secara online sehingga anda memiliki waktu yang fleksibel dimana anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun anda mau. 

  • Siapkan Portofolio Anda

Setelah anda sudah bisa membuat dan mengembangkan aplikasi dengan mengikuti kursus di coding studio, anda harus menyiapkan portofolio sebagai bentuk bukti akan karya – karya anda. Tentunya portofolio yang anda buat haruslah semenarik mungkin agar jika anda melamar pekerjaan maka pihak recruitment akan melirik skill anda melalui portofolio tersebut.

  • Begabung Dengan Komunitas

Mengikuti komunitas mobile developer juga bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan anda, anda bisa belajar dengan banyak rekan – rekan anda dan tentunya ini bisa membuat wawasan anda lebih luas. Dengan bisa mendapatkan banyak teman di komunitas tentunya anda bisa meningkatkan motivasi diri untuk terus bisa membuat dan mengembangkan aplikasi.

  • Terus Melatih Diri

Untuk bisa menjadi mobile developer yang baik dan profesional tentunya harus memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, untuk itu anda harus terus melatih diri dengan terus belajar dan juga latihan agar anda bisa menjadi lebih ahli lagi dalam bidang ini. Dengan begitu pada saat anda menjadi seorang mobile developer tentunya anda harus konsisten untuk terus melatih dan mengembangkan diri anda.

Menjadi Mobile Developer Yang Sukses

Untuk bisa menjadi mobile developer yang sukses tentunya banyak yang bisa dilakukan dengan terus belajar dan selalu mengembangkan diri. Selain berbagai tips belajar Mobile App Development yang bisa anda lakukan seperti yang dijelaskan diatas tentunya masih banyak hal lain yang perlu untuk dipertimbangkan, diantaranya adalah:

  • Visi Misi Yang Jelas

Dalam melakukan sesuatu tentunya anda harus memiliki visi misi yang jelas agar anda dapat meraih tujuan tersebut dengan cara yang terstruktur. Pada saat anda mempunyai sebuah tujuan tentunya anda harus melakukannya dengan konsisten, maka dengan visi misi yang jelas tentunya bisa menjadi acuan anda dalam bekerja. Ketika suatu saat anda merasa tidak lagi semangat dalam melakukan pekerjaan maka dengan adanya visi misi yang jelas anda masih bisa untuk kembali ke arah yang benar untuk terus melanjutkan pekerjaan anda.

  • Sistem Kerja

Dalam bekerja tentunya ada dua sistem kerja yaitu bekerja secara individu maupun tim. Pada bidang ini tentunya anda bisa memilih untuk bekerja secara individu yang artinya anda melakukan semua pekerjaan seorang diri mulai memikirkan ide hingga pekerjaan itu selesai. Namun anda juga bisa melakukan pekerjaan secara tim yang mana anda bisa memiliki banyak orang untuk saling menuangkan ide bersama, namun tentunya untuk bekerja sama dalam tim membutuhkan kekompakan agar pekerjaan bisa terselesaikan.

  • Inovatif

Untuk menjadi seorang mobile developer tentunya anda harus selalu memiliki inovatif karena anda harus bisa memberikan ide yang tentunya berbeda dari yang lainnya. Dengan berinovasi tentunya anda bisa membuat dan mengembangkan aplikasi serta bisa menganalisis program dari orang lain hingga memperbaiki kekurangan dari program tersebut.

  • Selalu merasa tidak puas

Jika anda memiliki rasa selalu tidak puas maka ini bisa jadi hal yang positif untuk anda, hal ini dikarenakan seiring perkembangan zaman maka semuanya selalu berubah mengikuti tred. Dengan merasa tidak puas akan apa yang anda hasilkan tentu akan membuat anda akan terus mengembangkan aplikasi anda menjadi yang lebih baik lagi dan lebih canggih lagi. Dengan begitu anda bisa terus mengembangkan diri akan kemampuan dan juga skill yang anda miliki.

Nah itulah beberapa tips belajar Mobile App Development yang bisa anda gunakan untuk bisa menjadi mobile developer yang baik dan juga professional. Tentu saja untuk menunjang itu semua anda bisa mengikuti kursus agar lebih bisa mendalami bidang ini yaitu di coding studio. Dengan mengikuti kursus ini tentunya anda bisa meningkatkan skill dan kemampuan anda dan membantu anda untuk menjadi mobile developer yang berkualitas serta professional. Anda juga akan mendapatkan sertifikasi bahwa anda sudah ahli di bidang ini, sehingga hal ini akan membuat anda menjadi lebih berkualitas lagi. Jadi bagi anda yang ingin mengmbangkan skill anda dalam bidang ini maka kursus di Coding Studio adalah hal yang sangat cocok untuk anda.