strategi-digital-marketing

Strategi Digital Marketing

Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak orang terutama pelaku bisnis yang lebih tertarik dengan digital marketing karena berbagai kelebihannya. Dibandingkan dengan memasang iklan di jalan atau lainnya, lebih praktis dan efisien dengan memanfaatkan pemasaran digital. Namun bisa kurang efektif apabila tidak menerapkan strategi yang tepat.

Teknik pemasaran digital memerlukan beberapa strategi. Berikut adalah beberapa strategi dan juga kelebihan dari pemasaran digital untuk sebuah bisnis.

Mengenal Pemasaran Digital dan Strateginya

Pemasaran digital dikenal sebagai upaya marketing atau pemasaran suatu bisnis, baik produk barang atau jasa dengan menggunakan media digital. Platform digital yang dimanfaatkan antara lain adalah WhatsApp Bisnis, website, Google Bisnisku, dan lain sebagainya.

Langkah seperti ini cukup efektif karena banyak orang yang setiap harinya menggunakan internet dan media sosial. Artinya ada peluang besar untuk suatu promosi bisa dijangkau oleh pasar yang lebih luas. Peluang ini tentu tidak boleh terlewatkan begitu saja terutama bagi para pelaku bisnis yang ingin usahanya maju dan berkembang.

Banyak orang yang lebih senang menggunakan internet untuk mencari tahu tentang suatu produk. Oleh sebab itu, pemasaran digital dapat jauh lebih efektif dibandingkan dengan yang konvensional. Jangkauannya luas hingga ke seluruh dunia.

Kelebihan pemasaran digital

Selain jangkauan pemasaran yang bisa lebih luas, pemasaran digital juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Kelebihan pemasaran digital antara lain adalah sebagai berikut.

1. Biaya relatif lebih rendah

Promosi modern dengan memanfaatkan media sosial dapat lebih murah dibandingkan dengan promosi tradisional. Tidak hanya murah, tetapi ada juga yang gratis apabila menggunakan website atau akun media sosial pribadi. Namun menggunakan akun media sosial orang lain seperti para influencer dapat lebih efektif walaupun harus mengeluarkan biaya.

2. Menjangkau konsumen dengan lebih mudah

Melalui digital marketing akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Berbeda dengan iklan di koran, di jalan, atau di media iklan lainnya. Pemasaran dengan media sosial menyediakan fasilitas untuk bisa menjalin komunikasi dengan konsumen secara personal.

3. Cepat dan tepat

Ada banyak tools yang dapat digunakan untuk memaksimalkan promosi melalui internet. Pemasaran digital dapat lebih cepat dan tepat sasaran dengan memanfaatkan tools yang ada. Jadi pemasarannya bisa lebih hemat waktu dan ditentukan sendiri sesuai dengan target pasar.

4. Fleksibel

Pemasaran digital dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk bisnis online saja. Semua jenis bisnis dapat memasarkan produk atau jasanya secara online. Pemasarannya bisa secara gratis maupun yang berbayar, tergantung kebutuhan dan budget yang dimiliki.

5. Mudah untuk evaluasi

Evaluasi pemasaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat karena banyak tools yang bisa membantu. Performa iklan dan bagaimana keefektifan suatu strategi digital marketing dapat dievaluasi dari waktu ke waktu. Jadi akan lebih mudah juga untuk memperbaikinya agar pemasaran digital yang dilakukan benar-benar berpengaruh pada kenaikan penjualan.

6. Tips dan strategi pemasaran digital

Keberhasilan pemasaran digital ditentukan oleh strategi pemasaran yang digunakan. Strategi promosi yang matang dibutuhkan agar dapat mendatangkan manfaat bagi bisnis. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran digital yang bisa dicoba untuk bisnis.

7. Menentukan target pasar

Setiap promosi tentunya memiliki target pasar sendiri. Pelaku bisnis harus bisa menentukan siapa yang akan menjadi target pasar untuk produk-produknya. Lakukan riset untuk membantu menemukan buyer persona atau target pasar yang lengkap.

Promosi tidak bisa dilakukan asal-asalan hanya memperkenalkan produk atau bisnis saja. Namun perlu target pasar yang jelas sehingga promosi tidak sia-sia.

8. Memahami kebutuhan pasar

Setelah menentukan target pasar, hal yang perlu dilakukan adalah memahami apa yang mereka butuhkan. Misalnya saja promosi sabun cuci muka untuk perempuan, pahami apa yang mereka harapkan dari sebuah sabun cuci muka seperti sabun yang melembapkan, bisa mencerahkan, dan lain sebagainya.

Apa yang dibutuhkan dari konsumen dari sebuah produk atau jasa perlu menjadi perhatian. Jika semua atau beberapa hal yang mereka butuhkan ada di produk Anda, maka mereka akan tertarik dan menyimak iklan yang ada.

9. Membuat perencanaan pemasaran

Perencanaan pemasaran atau marketing plan juga tidak kalah penting. Walaupun produk yang ditawarkan memiliki kualitas terbaik, bisa saja gagal karena promosi yang tidak tepat. Oleh sebab itu, penting untuk menyusun marketing plan dengan baik.

Perencanaan pemasaran disusun untuk menentukan apa tujuannya, kapan periode atau waktunya, dan bagaimana strategi untuk mencapai tujuannya. Perencanaan pemasaran dapat membantu promosi yang lebih efisien dan terarah.

10. Memanfaatkan lebih banyak media digital

Media digital marketing sangat banyak dan beragam seperti blog, website, WhatsApp bisnis, landing page, PPC, email marketing, content marketing, native advertising, Google bisnisku, dan lain sebagainya. Semakin banyak media digital yang digunakan, akan semakin luas jangkauannya.

Namun perlu diperhatikan juga untuk memiliki media digital yang paling efektif. Pilih yang memang dapat lebih mudah mengarahkan iklan ke target pasar yang sudah ditentukan. Buat akun atau channel marketing agar terlihat lebih profesional.

11. Menggunakan marketing tools

Mengatur banyak media digital untuk promosi dapat lebih mudah dengan memanfaatkan tools tertentu. Beberapa marketing tools untuk membantu promosi digunakan agar promosi lebih efisien dan lebih mudah. Pelajari setiap tools yang ada dan bagaimana cara kerjanya.

Tools yang dapat digunakan antara lain untuk mengatur email otomatis, SEO, mengatur daftar pekerjaan, hingga tools untuk menganalisa data. Masing-masing tools memiliki manfaatnya untuk efisiensi promosi digital.

12. Memanfaatkan strategi copywriting

Copywriting merupakan teknik khusus untuk menyusun kata atau kalimat yang digunakan untuk kebutuhan bisnis. Saat melakukan promosi di media digital, tentunya butuh kata-kata atau kalimat yang bagus dan menarik. Melalui teknik copywriting ini, penyusunan teks akan lebih terarah, baik itu untuk teks blog, tombol CTA, caption di Instagram, dan lainnya.

Teknik ini dapat menyampaikan pesan bisnis dari sebuah promosi dengan lebih baik. Copywriting dibutuhkan agar pembaca bisa terbujuk untuk melakukan sebuah perintah, seperti mendaftar, bertransaksi, mendownload, dan lain sebagainya.

13. Evaluasi metrik promosi digital

Setiap media digital yang digunakan untuk promosi bisa saja menampilkan respons yang berbeda-beda. Pelajari melalui metrik yang ada dan lakukan evaluasi untuk setiap promosi digital yang dilakukan. Evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh promosi tersebut berdampak pada bisnis.

Metrik dari promosi digital juga perlu dievaluasi untuk mengetahui apakah perlu dilanjutkan atau tidak. Jika memberikan keuntungan yang sepadan, tentu bisa dilanjutkan. Namun jika tidak atau ternyata terlalu boros, sebaiknya diperbaiki lagi atau bahkan dihentikan.

Itulah beberapa hal penting mengenai digital marketing yang kini menjadi sudah menjadi kebutuhan bagi banyak pelaku bisnis. Mempelajari dan memanfaatkan strategi pemasaran digital diperlukan demi kemajuan bisnis.

Jika anda ingin belajar tentang digital marketing lebih dalam, anda bisa mengambil kursus digital marketing di coding studio dengan mengunjungi link ini: https://codingstudio.id/fundamental-digital-marketing/