Software Apa Saja yang Diperlukan untuk Belajar Coding?

Coding merupakan salah satu hard skill yang sangat dibutuhkan di masa sekarang, apalagi jika kamu berada dalam bidang IT. Bahkan pada era yang serba digital saat ini, banyak orang yang ingin belajar coding walaupun mereka tidak ada basic IT sama sekali untuk meningkatkan skill mereka. Bagi kalian yang ingin belajar coding dan bingung untuk memilih software dan aplikasi apa untuk belajar coding, yuk baca sampai habis!

1. YouTube

software belajar coding
Photo by TechCrunch

Siapa yang tidak tahu platform satu ini? Platform sharing video dan media sosial besutan Google ini adalah salah satu platform yang cocok untuk kamu, jika kamu lebih nyaman untuk belajar coding dengan menonton video. Bagi kamu yang masih bingung dan ingin tahu, berikut merupakan beberapa rekomendasi channel YouTube yang membahas seputar coding:

2. Visual Studio Code

software belajar coding
Photo by Visual Studio Code

Selain aplikasi untuk belajar, kamu pasti juga membutuhkan software untuk menulis codingan kamu. Visual Studio Code merupakan salah satu source-code editor yang pas buat kamu jika masih mulai untuk belajar coding. Visual Studio Code sendiri memiliki tampilan UI yang simple, dapat men-support berbagai jenis bahasa pemrograman, menyediakan bermacam plugins  yang bisa kamu install sesuai kebutuhanmu, dan juga software ini sangat ringan untuk dijalankan.

3. Khan Academy

software belajar coding
Photo By Khan Academy

Khan Academy merupakan salah satu platform pembelajaran yang menawarkan berbagai course yang berkualitas secara gratis, loh! Khan Academy juga sangat terstruktur dengan baik dan rapi, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan kebingungan ketika sedang belajar dalam aplikasi ini. Kamu juga dapat memilih course yang ingin kamu pelajari, course yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari JavaScript, CSS, hingga SQL.

4. Mimo

software belajar coding
Photo by getmimo.com

Aplikasi ini sebenarnya sama-sama aplikasi pembelajaran coding, tetapi yang bedanya yaitu Mimo berbasis di mobile. Mimo membuat pembelajaran coding lebih simple, mudah, dan juga menyenangkan. Tenang saja, jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu tetap dapat belajar di sela-sela kesibukan kamu, karena penjelasan coding yang dijelaskan dalam aplikasi ini dibuat dengan sangat simple, loh! Dalam aplikasi ini, kamu juga dapat melakukan latihan setiap hari, menjalankan misi harian, mendapatkan feedback, bereksperimen dengan code, dan semua hal tersebut dapat kamu lakukan hanya dengan smartphone kamu.

5. SoloLearn

Photo by SoloLearn

Hampir sama dengan aplikasi Mimo, aplikasi ini juga merupakan aplikasi pembelajaran coding. Namun SoloLearn tidak berbasis di mobile saja, SoloLearn  juga tersedia di website. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari bermacam course yang ditawarkan, hingga forum dan komunitas yang bisa kamu gunakan untuk membahas, menanya, dan berdiskusi seputar coding, loh!

6. Coding Studio

Photo by Coding Studio

Nah, untuk platform yang terakhir, tidak kalah keren dengan platform dan aplikasi sebelum-sebelumnya. Coding Studio adalah sebuah platform pembelajaran hasil karya anak bangsa yang telah didirikan sejak tahun 2020. Course yang ditawarkan juga bervariasi, seperti bahasa C, Kotlin, Java, dan masih banyak lagi! Dan yang paling penting, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, loh! Jika kamu masih bingung mau belajar bahasa pemrograman yang mana, kamu bisa klik ini ya! 

Agar kamu mahir dalam coding, kamu juga harus belajar dengan rajin dan konsisten. Asahlah skill coding-mu, mau itu dengan menonton tutorial di YouTube, mengambil course di Coding Studio, hingga membaca buku mengenai programming, dan sebagainya.

Itulah beberapa software, platform, dan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk belajar coding yang telah dirangkum oleh Kodio. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk belajar di Coding Studio? Info lengkapnya bisa klik ini ya! Jika kamu tertarik dengan konten-konten seperti ini, jangan lupa untuk terus mengikuti blog Coding Studio!