Dengan perkembangan zaman, setiap orang dituntut untuk dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya pekerjaan yang bermunculan, di mana salah satunya adalah Data Scientist. Data Scientist merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengolah data yang kemudian akan dianalisa agar menghasilkan informasi bagi perusahaan.

Prospek Data Scientist terbilang menjanjikan untuk ke depannya karena melihat kemajuan teknologi setiap tahunnya. Diperkirakan untuk beberapa tahun ke depan banyak lowongan ini yang akan dibuka oleh perusahaan di bidang teknologi informasi. Selain itu, dikarenakan demand-nya yang besar, gaji yang ditawarkan pun dapat dikatakan cukup besar. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri ketika ingin menjadi Data Scientist. Berikut adalah skills Data Scientist yang perlu kamu kuasai!

1. Pemrograman

skills-data-scientist
Photo by Ilya Pavlov on Unsplash

Data science pada dasarnya adalah tentang pemrograman. Skill Pemrograman untuk data science menyatukan semua keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengubah data mentah menjadi insight yang dapat ditindaklanjuti.

Dengan bahasa pemrograman, kamu dapat memanipulasi data dan menerapkan algoritme tertentu. Python dan R adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh Data Scientist. Alasan utamanya adalah jumlah paket yang tersedia untuk numeric dan scientific computing.

2. Statistika & Probabilitas

skills-data-scientist
Photo by Ruthson Zimmerman on Unsplash

Pemahaman yang baik tentang statistika sangat penting sebagai Data Scientist. Data science adalah tentang menggunakan proses modal, algoritme, atau sistem untuk mengekstrak insights, dan membuat keputusan berdasarkan informasi dari data. Dalam hal ini, membuat inferensi, memperkirakan, atau memprediksi merupakan bagian penting dari data science.

Probabilitas dengan bantuan metode statistika membantu membuat perkiraan untuk analisis lebih lanjut. Statistika sebagian besar tergantung pada teori probabilitas. Sederhananya, keduanya saling terkait.

3. Visualisasi Data

skills-data-scientist
Photo by Luke Chesser on Unsplash

Dunia bisnis sering menghasilkan data dalam jumlah besar. Data ini perlu diterjemahkan ke dalam format yang mudah dipahami. Orang secara alami memahami gambar dalam bentuk bagan dan grafik lebih dari data mentah.

Sebagai ilmuwan data, kamu harus dapat memvisualisasikan data dengan bantuan alat visualisasi data seperti Matplottlib, Tableau, dll. Alat ini akan membantu kamu mengonversi hasil kompleks dari proyek ke format yang mudah dipahami.

4. Data Wrangling

skills-data-scientist
Photo by Scott Graham on Unsplash

Kamu memiliki data di warehouse, tetapi data itu sangat tidak konsisten. Jadi, kamu harus membersihkan dan menyatukan kumpulan data yang berantakan dan kompleks untuk akses dan analisis yang mudah ini disebut sebagai data wrangling.

Ahli data wrangling tahu bagaimana melakukan integrasi informasi dari berbagai sumber data, memecahkan masalah transformasi umum, dan menyelesaikan pembersihan data dan masalah kualitas. Selain itu, ia juga mengetahui data mereka secara dekat, dan selalu mencari cara untuk memperkaya data.

5. Machine Learning

skills-data-scientist
Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Jika kamu berada di perusahaan besar dengan data dalam jumlah besar atau bekerja di perusahaan yang produknya sendiri terutama didorong oleh data, mungkin kamu ingin menjadi familiar dengan metode machine learning. Menggunakan machine learning akan meningkatkan nilai yang kamu berikan sebagai Data Scientist dan membantu kamu bekerja lebih baik dan lebih cepat.

Machine learning adalah proses membuat mesin menjadi cerdas, yang memiliki kekuatan untuk berpikir, menganalisis, dan membuat keputusan. Dengan membangun model machine learning yang tepat, perusahaan memiliki peluang lebih baik untuk mengidentifikasi peluang yang menguntungkan atau menghindari risiko yang tidak diketahui.

Itulah tadi beberapa skills yang perlu kamu ketahui apabila ingin menjadi Data Scientist. Selain itu, tahukah kamu? Sebentar lagi Coding Studio akan launching course data science, lho! Jadi, kamu bisa pelajari lebih lanjut mengenai data science, di mana melalui course ini, akan membantumu mempersiapkan diri menjadi Data Scientist. Pantau terus media sosial dan website Coding Studio agar tidak ketinggalan infonya!