7 Skill yang Harus Dimiliki Data Analyst Pemula

Apakah kamu pernah mendengar tentang profesi data analyst? Data analyst adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan mengambil dan mengolah data agar data yang telah didapatkan dapat dijadikan informasi yang berguna untuk perusahaan dalam melakukan research nantinya.

Data analyst merupakan salah satu pekerjaan yang sedang populer pada zaman sekarang. Di era digital seperti saat ini, di mana data berkembang sangat cepat, para data analyst banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan. Dikarenakan dengan adanya data analyst, kita dapat terbantu dalam mengembangkan perusahaan dengan mengambil keputusan yang tepat dari data yang telah mereka olah.

Jika kamu tertarik untuk menjadi data analyst, Kodio telah merangkum 7 skill yang harus dimiliki oleh data analyst pemula, nih! Yuk, simak beberapa skill berikut!

1.  Data Visualization

Skill Data Analyst
Photo by unsplash.com

Skill data visualization atau visualisasi data dapat mempermudah kamu dalam pengolahan data. Hal itu dikarenakan data visualization dapat menampilkan data yang telah dikumpulkan ke dalam bentuk visual, seperti grafik, tabel, dan peta. Adanya data visualization, seorang data analyst dapat dengan mudah untuk menggali informasi dan mendapatkan insight dari data dalam bentuk visual yang lebih menarik dan efektif!

2.  Python dan R

Skill Data Analyst
Photo by datacamp.com

Bahasa pemrograman Python dan R juga merupakan salah satu skill penting yang harus dimiliki data analyst. Bahasa Python memiliki syntax yang mudah dimengerti dan Bahasa R juga sangat cocok untuk data analyst. Syntax dan struktur kedua bahasa ini dapat mempermudah seorang data analyst untuk mengatasi data yang banyak dan kompleks.

3.  SQL

Skill Data Analyst
Photo by chartio.com

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language yang merupakan salah satu bahasa database. Data analyst pasti memerlukan database untuk menyimpan data-data. Oleh karena itu, SQL dapat kamu gunakan untuk mengakses, memanipulasi, dan bahkan mengubah data yang ada dalam database.

4.  Matematika dan Statistik

Skill Data Analyst
Photo by mentehealth.com

Seorang data analyst pastinya selalu berhubungan dengan data, maka dari itu kamu memerlukan kemampuan matematika dan statistika yang baik. Nantinya, seorang data analyst juga harus bisa memvisualisasikan data tersebut ke dalam bentuk grafik, tabel, atau yang lainnya. Agar dapat melakukan hal tersebut, seorang data analyst tentunya harus memerlukan skill statistik yang mumpuni.

5.  Software Spreadsheet

Skill Data Analyst
Photo by microsoft.com

Data analyst berhadapan dengan data yang sangat banyak, maka software spreadsheet seperti Microsoft Excel dan Google Sheets dapat membantu kamu dalam mengorganisasi dan mengolah data. Dengan menggunakan software spreadsheet tersebut, data-data yang telah dikumpulkan sebelumnya dapat terstruktur dengan rapi dan lebih mudah untuk digunakan.

6.  Machine Learning

Photo by aqi.co.id

Memahami machine learning dapat membantumu jika ingin menjadi seorang data analyst. Machine learning merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence, di mana dengan menggunakan machine learning sistem dapat belajar dan berkembang dengan sendirinya tanpa perlu diperintah atau diprogram secara spesifik. Machine learning belajar menggunakan data, dari data tersebut, machine learning menggunakannya untuk dipelajari sendiri agar dapat melakukan suatu tugas tertentu.

7.  Critical Thinking

Photo by mystudentvoices.com

Skill yang terakhir merupakan salah satu soft skill yang berguna dan pastinya dibutuhkan seorang data analyst. Critical thinking dapat membuat kamu lebih memahami data yang didapatkan. Jika kamu tidak memahami tentang isi data tersebut, bagaimana kamu akan mendapatkan informasi dan insight penting untuk keperluan perusahaanmu? Oleh karena itu, critical thinking sangat dibutuhkan untuk data analyst.

Nah, itu merupakan 7 skill yang harus kamu miliki sebagai data analyst pemula. Skill tersebut pastinya akan membantu banget di dunia pekerjaan sebagai seorang data analyst nantinya, loh! Jangan lupa juga untuk terus mengikuti blog Coding Studio untuk mendapatkan konten menarik lainnya, ya!