Rumus Excel yang Penting untuk Pengolahan Data

Zaman sekarang ini, tampaknya kita sudah sangat tidak asing dengan salah satu software pengolahan data terpopuler, yaitu Microsoft Excel. Bagaimana tidak, mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran menggunakan software ini untuk melakukan kegiatannya, terutama dalam kegiatan pengolahan data. Sekarang semua orang dituntut untuk menguasai perangkat lunak yang satu ini. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan 6 rumus Excel yang berguna dalam pengolahan data. Yuk, langsung saja simak rumusnya!

1. TRIM

Pengolahan Data

Rumus pengolahan data pertama yang paling dasar adalah TRIM. Rumus ini berguna ketika kamu ingin menghilangkan spasi-spasi berlebih di antara teks yang baru saja kamu pindahkan dari aplikasi lain. Untuk menggunakan rumus ini kamu cukup menginput =TRIM() dan pilih cell yang ingin kamu hilangkan kelebihan spasinya. Contohnya, pada cell B2, kamu cukup memasukkan =TRIM(A2) dan Excel akan menghilangkan spasi berlebih di bagian cell A2 hingga tersisa 1 spasi antar kata.

2. CLEAN

Pengolahan Data

Rumus CLEAN ini digunakan ketika kamu ingin menghilangkan non-printable characters seperti line breaks, tabs, returns atau karakter-karakter lain yang tidak melambangkan bagian dari sebuah dokumen. Contohnya, kamu ingin menghilangkan non-printable characters pada cell A2, maka kamu tinggal memasukkan rumus =CLEAN(A2) pada cell B2.

Selain menghilangkan non-printable characters, ketika digabungkan dengan rumus TRIM sebelumnya kita juga dapat menghilangkan spasi berlebih dan non-printable characters dalam satu rumus yaitu =TRIM(CLEAN()) di mana kamu hanya perlu memasukkan cell tujuan yang ingin kamu ubah ke dalam tanda ().

3. SUBSTITUTE

Pengolahan Data

Rumus SUBSTITUTE berguna ketika kita ingin mengganti sebuah teks menjadi teks lainnya. Contoh pengaplikasian rumus ini seperti ketika kita ingin mengganti kalimat “Mila suka makan sayur.” menjadi “Mila suka makan coklat.”, maka rumus yang perlu kita gunakan adalah =SUBSTITUTE(A2;”sayur”;”coklat”). Dengan rumus ini Excel akan langsung memahami bahwa pada cell A2, ia perlu mengganti kata “sayur” menjadi kata “coklat”.

4. LEFT

Pengolahan Data

Rumus selanjutnya adalah LEFT. Biasanya rumus ini digunakan apabila kita ingin mencari jumlah karakter secara spesifik dari bagian kiri cell. Contoh kasus penggunaan rumus ini, misalnya seorang dosen ingin mengetahui kode kelas mahasiswa yang mengumpulkan tugas kepadanya. Untuk mengetahuinya, ia tinggal memasukkan rumus =LEFT(A2;2) dengan asumsi pada kasus ini 2 karakter dari kiri adalah kode kelas mahasiswa. 

Mungkin apabila dilihat sekilas, untuk melacak tiga mahasiswa, kita bisa menggunakan cara manual saja, tetapi apabila yang mengumpulkan tugas ada ribuan mahasiswa, rumus ini akan sangat mempermudah kita dalam proses pengolahan data.

5. MID

MID merupakan rumus yang hampir sama dengan LEFT, bedanya rumus ini digunakan untuk mencari karakter dengan jumlah spesifik dari bagian tengah dan kita perlu secara spesifik menginput dari urutan keberapa kita ingin mengambil datanya. Mari kita bahas langsung dengan contohnya:
Masih menggunakan kasus yang sama, kali ini dosen ingin mencari kode jurusan mahasiswanya yang dimulai dari urutan karakter ke-enam dan terdiri dari dua angka, sehingga rumusnya adalah =MID(A2;6;2).

6. RIGHT

Fungsi rumus RIGHT ini sama persis dengan LEFT, hanya saja RIGHT digunakan untuk melacak karakter dari sebelah kanan. Bisa kita lihat, masih dengan kasus yang sama, kali ini dosen ingin mencari kode mahasiswa yang merupakan 10 digit dari sebelah kanan. Oleh karena itu, dosen perlu memasukkan rumus =RIGHT(A2;10) untuk mencari kode mahasiswanya.

Nah, itu dia 6 rumus Excel yang akan sangat mempermudah kamu dalam proses pengolahan data. Mungkin pada contoh untuk memproses dua sampai tiga data tidaklah sulit, baik dilakukan secara manual sekalipun. Namun, apabila data yang ada mencapai ribuan, maka rumus-rumus inilah yang akan menjadi teman sejati kamu. Apabila kamu tertarik untuk mempelajari rumus-rumus Excel lainnya secara lengkap, langsung saja bergabung dengan Kodio di sini, yah!