Pada industry 4.0 peran teknologi sangatlah penting dalam berbagai pekerjaan, yang mana semua perusahaan saat ini bergantung pada sistem teknologi yang ada. Dalam melakukan pekerjaannya tentunya perusahaan menggunakan sistem teknologi untuk mengintegrasikan lini operasionalnya. Dengan pemanfaatan teknologi tentunya perusahaan mengharapkan proses pekerjaannya menjadi lebih efektif dan efisien dengan hasil yang maksimal, sehingga dalam hal ini penerapan teknologi dalam sebuah perusahaan sangatlah besar untuk menunjang berkembangnya perusahaan tersebut. Teknologi juga digunakan sebagai media komunikasi agar tiap individu dalam perusahaan dapat berinteraksi dengan baik. Teknologi juga memiliki peran penting untuk menunjang kegiatan operasional yang mana ditunjang oleh teknologi informasi yang bisa membantu mempermudah kinerja karyawannya. Tetapi dengan berbagai perkembangan teknologi yang canggih dimana semua kegiatan operasional perusahaan dilakukan dengan berbasis teknologi sehingga seluruh data dan informasi juga diintegrasikan dalam sebuah server maka juga muncul ancaman mengenai adanya serangan dalam bentuk cyber crime, yang tentunya ini dapat mengancam perusahaan itu sendiri jika sistemnya diretas oleh seorang hacker. Untuk itu perusahaan harus memiliki sistem pertahanan atau perlindungan untuk melindungi seluruh data dan informasi akan perusahaannya yang mana ini disebut sebagai cyber security. Cyber security memiliki peran yang sangat penting dan juga keberadaanya sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Di artikel ini akan dibahas secara dalam mengenai pentingnya cyber security.

Berbagai Cyber Crime di Era Digital

Munculnya cyber security tentunya tidak lain karena diakibatkan oleh banyaknya cyber crime yang ada, cyber crime itu sendiri merupakan berbagai kejahatan digital yang dilakukan dengan menerobos atau meretas suatu sistem kemudian disalahgunakan penggunaannya seperti memanipulasi data, menjual data dan masih banyak lagi. Nah sebelum mengetahui pentingnya cyber security di era digital ini maka akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai berbagai kejahatan atau cyber crime sebagai berikut:

  • Denial of Service

Denial of service ini merupakan jenis serangan yang akan merusak jaringan, memanipulasi sistem dan juga aplikasi. Apabila sebuah sistem terkena serangan cyber yang tergolong dalam kategori denial of service maka bisa membuat kinerja sistem menjadi sangat lambat dan juga dapat menguras daya. Di Indonesia sendiri juga terjadi banyak kasus yang mana sistem diretas dalam kategori denial of service yang banyak menyerang sistem website pemerintahan atau instansi yang belum memiliki tingkat keamanan yang mumpuni sehingga dapat dengan mudah untuk diretas dan juga belum bisa untuk menanggulangi serangan dari cyber crime tersebut. Biasanya juga serangan dalam hal ini disebabkan oleh motif dendam atau bahkan hanya keisengan saja.

  • Scareware

Scareware biasanya banyak menimpa para pengguna awam, yang mana scareware ini merupakan peringatan keamanan palsu yang bermaksud untuk menipu atau mengecoh pengguna awam. Dan pada saat pengguna sudah terjebak, maka biasanya pengguna akan langsung diarahkan untuk melakukan sebuah tindakan tertentu yang pada akhirnya dapat merugikan pengguna baik itu secara moral ataupun financial. Scareware saat ini masih banyak ditemukan di berbagai situs internet yang menggunakan modus peringatan keamanan sistem palsu yang berujung penipuan. Jadi bagi anda yang sering menggunakan internet tentunya harus waspada jika ada peringatan keamanan, bisa jadi itu adalah peringatan keamanan palsu yang dapat merugikan anda. sehingga anda harus tahu secara pasti apakah peringatan keamanan tersebut palsu atau tidak.

  • Botnets dan Zombies

Botnets atau yang disebut sebagai robot network biasanya akan menyerang perangkat komputer yang terhubung ke jaringan sentral. Apabila sebuah perangkat sudah terserang oleh robot network ini maka perangkat tersebut sudah berada dibawah kendali sang peretas, oleh sebab itu korban yang diretas ini disebut sebagai zombie. Karena perangkat sudah dibawah kendali si peretas tentunya perangkat tidak bisa mengendalikan sistemnya sendiri, dan juga robot network ini semakin lama akan sulit terdeteksi karena robot network akan semakin meningkat kinerjanya pada saat mencuri data.

  • Malware dan Virus

Serangan oleh malware atau virus ini biasanya disisipkan di email, website, aplikasi dan juga perangkat keras yang terhubung dengan sistem. Apabila perangkat anda terserang oleh malware atau virus ini maka virus ini akan merusak data yang sudah ditargetkan oleh peretas. Merusak data disini bisa jadi hanya disembunyikan saja ataupun dihapus secara permanen.

Pentingnya Cyber Security di Era Digital

Cyber security memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar, hal ini dikarenakan keamanan dalam bisnis anda merupakan hal yang sangat prioritas dan patut untuk diperhatikan. Keamanan dalam bisnis digital juga merupakan penentu keselamatan dari perusahaan itu sendiri karena tak jarang banyak terjadi kejahatan kriminal yang bisa menyebabkan kerugian bagi perusahaan tersebut. Bahkan jika dilihat dari data yang dilaporkan oleh Cybersecurity Venture pada tahun 2017 menyebutkan bahwa semakin kesini ternyata semakin banyak terjadi serangan cyber yang menyebabkan banyak kerugian, yang mana target sasarannya pun cukup beragam mulai dari marketplace, perekrutan pegawai, transaksi financial hingga perbankan. Untuk lebih jelasnya dibawah ini merupakan beberapa peran penting cyber security dalam sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Cyber security dapat melindungi perangkat atau sistem informasi dari berbagai jenis serangan cyber yang diantaranya adalah malware dan virus, scareware, denial of service, serta botnets zombie dan masih banyak lagi serangan cyber yang lainnya. Dengan begitu sebuah perusahaan dapat mencegah kemungkinan terjadinya serangan cyber pada sebuah sistem.
  • Dengan cyber security juga tentunya dapat melindungi data dan jaringan yang digunakan dari segala bentuk ancaman cyber yang mungkin akan terjadi. Apalagi data perusahaan merupakan sebuah data atau informasi yang krusial dan apabila terjadi serangan oleh hacker maka bisa menimbulkan kerugian karena bisa saja data tersebut dimanipulasi ataupun dicuri. Sehingga cyber security memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga keamanan data agar tidak terjadi kerusakan data bahkan kerugian yang besar dari sebuah perusahaan.

Dari berbagai bahaya akan cyber crime yang ada di dunia digital tentu cyber security menjadi poin yang sangat penting untuk diperhatikan dalam sebuah perusahaan. Karena hal itulah maka perusahaan sangat membutuhkan orang yang bisa bekerja dalam bidang ini, tentu saja ini menjadi peluang yang bagus bagi anda yang memiliki skill dalam bidang ini atau akan mempelajari bidang ini. Nah bagi anda yang ingin belajar mengenai cyber security tentunya anda membutuhkan tempat kursus untuk bisa menunjang proses belajar anda. codingstudio.id merupakan tempat kursus yang cocok bagi anda yang ingin belajar lebih dalam dan meningkatkan skill anda di bidang ini. Dan setelah lulus dari tempat kursus ini anda akan mendapatkan sertifikat yang bisa anda gunakan untuk bekerja pada perusahaan yang membutuhkan skill anda.