pentingnya-business-intelligence

5 Alasan Business Intelligence itu Penting

Business intelligence adalah suatu proses pada tools BI yang dilakukan untuk menganalisis data dan menghasilkan informasi. Selain itu, dapat dikatakan business intelligence adalah istilah yang menggambarkan teknologi yang dapat memberikan akses cepat dan mudah dipahami dalam insight berbasis data.  Di mana, ini berguna dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Tahapan yang biasa dilakukan oleh suatu bisnis, dimulai dari mengumpulkan data dari sistem IT internal dan sumber eksternal sebagai bagian dari proses BI. Kemudian, tahapan dilanjutkan dengan menyiapkan data tersebut untuk dianalisis dan membuat visualisasi data, serta laporan agar dapat digunakan untuk perencanaan strategis dan keputusan operasional. Adapun keuntungan menggunakan business intelligence bagi suatu bisnis sebagai berikut:

1. Memudahkan Proses Pelaporan dalam Menghasilkan Insight

pentingnya-business-intelligence
Photo by Adrien WIESENBACH on Unsplash

Dengan bantuan BI, kamu dapat menganalisis data dan membuat dasbor dan laporan visual. Di mana, ini dengan cepat menghemat banyak waktu dan menghindari banyak kesalahan manual. Jika memiliki suatu bisnis, karyawanmu dapat menggunakan template atau laporan yang disesuaikan untuk memantau KPI menggunakan berbagai sumber data. Misalnya, digunakan pada data keuangan, operasi, dan penjualan. Laporan ini dapat dibuat secara real-time dan menggunakan data yang paling relevan. Sehingga, bisnis dapat bertindak dengan lebih cepat. Selain itu, dengan BI, sebagian besar laporan menyertakan visualisasi yang mudah dibaca, seperti grafik, tabel, dan bagan. Beberapa laporan software BI juga bersifat interaktif, sehingga user dapat bermain dengan variabel yang berbeda atau mengakses informasi lebih cepat.

2. Mengubah Data menjadi Informasi yang Dapat Ditindaklanjuti

pentingnya-business-intelligence
Photo by Jason Goodman on Unsplash

Business intelligence adalah sistem analisis yang dapat memberi informasi yang dibutuhkan untuk menetapkan rencana strategis yang efektif. Hal ini dikarenakan sistem ini akan dapat mengenali tren dan pola penting dalam data yang memudahkan untuk menarik hubungan penting di seluruh bagian bisnis yang tidak terhubung. Sehingga, ini dapat meningkatkan kemampuanmu untuk menemukan peluang yang sesuai dan mempersiapkan masa depan bisnis. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan BI untuk melihat apa yang sedang dilakukan pesaing. Ini meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dan perencanaan jangka panjang bisnismu.

3. Meningkatkan visibilitas operasi bisnis

pentingnya-business-intelligence
Photo by Austin Distel on Unsplash

Bisnis yang menggunakan business intelligence akan memiliki kontrol lebih besar atas operasi bisnisnya. Dengan business intelligence, lamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang apa yang terjadi di dalam perusahaan. Proses pemantauan secara aktif dan prosedur standar membantu untuk mengoreksi secara cepat dari setiap kesalahan yang terjadi. Ini membantu perusahaan menjadi proaktif daripada reaktif. Contohnya, pada bisnis logistik, mengetahui di mana dan mengapa keterlambatan pengiriman terjadi akan sangat bermanfaat bagi pengiriman yang terlambat. Jenis visibilitas di dalam operasi perusahaan ini akan secara signifikan meningkatkan penawaran perusahaan.

4. Mengenal Pelanggan Lebih Dalam

pentingnya-business-intelligence
Photo by Chris Liverani on Unsplash

Saat ini, masih banyak bisnis baru yang percaya bahwa mereka memahami apa yang diinginkan konsumen, tetapi faktanya tidak. Sehingga, tidak sedikit bisnis yang juga gagal bertahan di masyarakat. Oleh karena itu, ketika menggunakan tool BI, kamu bisa memahami konsumen dengan mengumpulkan data pelanggan. Di mana, kamu hanya dapat menemukan hal-hal tersebut melalui analisa lebih dalam. Dengan perkembangan zaman, sangat penting bagi seorang pebisnis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tentang pelanggan. Mulailah dengan kamu memberikan layanan yang melebihi harapan pelangganmu, setelah memahami apa yang mereka nikmati, rasakan, dan inginkan. Namun, ingat juga, pepatah mengatakan bahwa “waktu adalah uang”, dalam hal ini jika pesaingmu bergerak lebih cepat, bisnismu bisa dalam bahaya.

5. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

pentingnya-business-intelligence
Photo by Austin Distel on Unsplash

Business intelligence adalah hal yang dapat membantu suatu bisnis menentukan strategi pemasaran berdasarkan data pasar yang ada. Nah, tentunya, tujuan utama setiap perusahaan adalah untuk meningkatkan pendapatan bukan? Oleh karena itu, dengan BI, kamu dapat mengumpulkan insight pasar bisnis dan mengolahnya menjadi data yang dibutuhkan. Saat ini, data dari tool BI dapat membantu suatu bisnis mengajukan pertanyaan yang lebih baik tentang mengapa sesuatu terjadi terkait bisnis. Dengan cara membuat perbandingan di berbagai dimensi bisnis dan mengidentifikasi kelemahan penjualan. Hal ini dikarenakan, pendapatan akan mungkin meningkat, ketika suatu bisnis mendengarkan konsumennya, mengawasi pesaing, dan meningkatkan proses mereka.

Itulah tadi alasan mengapa business intelligence itu penting bagi suatu bisnis. Nah, kalau kamu tertarik dengan pembahasan kali ini, pantau terus blog Coding Studio untuk informasi menarik lainnya. Kamu juga bisa kunjungi Instagram Coding Studio dengan insights yang tidak kalah menarik!