bug-bounty

Python: Memahami Pengertian dan Kegunaannya

Teknologi berkembang dengan sangat maju saat ini. Dapat kita lihat dari banyaknya hal bergantung pada teknologi saat ini. Bukan hanya smartphone, namun smart house, smart car, smart TV, smart lock dan lain sebagainya sudah menggunakan teknologi terbaru untuk mempermudah pekerjaan kita. Dengan adanya smart technology, kita bisa mengatur dan memerintahkannya dari jarak jauh dan kapan pun dengan menggunakan ponsel kita. Barang-barang pintar tersebut bisa bekerja dengan baik karena terdapat program didalamnya yang mengatur kemudian menghubungkannya ke smartphone yang kita gunakan. Program pada software itulah yang memungkinkan kita dapat mengaturnya kapan pun dan dimanapun kita berada. Jika kamu tertarik dengan software dan programming, Python, HTML, JavaScript, dan CSS adalah beberapa Bahasa pemrograman yang harus kamu pahami dan kuasai. Sebuah software dapat berjalan dengan baik jika memiliki program yang baik dan berjalan dengan semestinya.

Itulah mengapa para programmer bekerja sangat keras melakukan proses programming yang sangat rumit dan harus di tes berkali-kali untuk memastikan semua bekerja sesuai fungsinya. Sebenarnya, jika kamu ingin berkarir dalam bidang programming atau coding, ada tiga Bahasa pemrograman yang bisa kamu kuasai terlebih dahulu, yaitu CSS, JavaScript, dan HTML.

Namun Ketiga Bahasa pemrograman tersebut sudah menjadi standar umum bagi para programmer yang berkarir di dunia programming. Untuk dapat terlihat lebih menonjol, akan jauh lebih baik jika kamu memahami dan menguasai Bahasa pemrograman lainnya. Apakah itu?

Mengenal Python dan Pengertiannya

Tidak seperti Bahasa pemrograman lainnya seperti JavaScript, SCC, dan HTML yang digunakan untuk jenis pemrograman khusus, Bahasa pemrograman yang satu ini memiliki fungsi yang lebih luas. Python merupakan Bahasa coding atau pemrograman yang dapat digunakan untuk tujuan umum sehingga dapat digunakan untuk beberapa jenis pemrograman, pengembangan web dan software termasuk game.

Bahasa pemrograman ini mencakup pengembangan server dan aplikasi web, software desktop, skrip pada sistem yang berperan sebagai pengatur sistem computer. Selain itu, Bahasa program ini juga bisa digunakan dalam pemrosesan data besar yang membutuhkan perhitungan yang sistematis.

Python sendiri adalah salah satu Bahasa pemrograman yang sudah tidak asing lagi untuk para programmer karena memiliki banyak manfaat sehingga sering digunakan. Bahasa program yang satu ini dibuat oleh orang berkebangsaan Belanda pada tahun 1991 bernama Guido Van Rossum.

Pada awalnya Bahasa pemrograman ini adalah proyek pribadi yang Guido kerjakan untuk mengisi waktu luang saat libur natal tiba. Namun siapa yang sangka, proyek pribadi ini kemudian berdampak besar pada dunia, khususnya pada bidang pemrograman. Karena hal tersebut, Guido mendapatkan penghargaan yang Bernama Awards for the Advancement of Free Software di tahun 2002.

Meskipun Bahasa program ini memiliki jangkauan yang luas dibandingkan dengan trio Bahasa pemrograman lainnya, Python tidak sesulit yang mungkin ada di bayanganmu. Bahasa pemrograman yang satu memiliki case sensitive yang unggul. Hal tersebut berarti kecil besarnya rangkaian huruf yang di-input saat melakukan coding akan memiliki fungsi yang berbeda.

Kegunaan Python Dalam Programming

Kegunaan dari Bahasa program yang satu ini sudah disebutkan secara singkat sebelumnya. Namun di sini kamu akan lebih memahami apa saja yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan Bahasa program yang satu ini. Kegunaan Bahasa program ini memang sangat beragam karena sifatnya yang fleksibel saat diaplikasikan di berbagai pemrograman.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari Bahasa pemrograman yang ditemukan oleh Guido:

1. Memaksimalkan fungsi Website

Server yang baik akan menjadi penunjang utama sebuah website memiliki kualitas dan dapat bekerja dengan baik. Kualitas website yang baik menujukan server bekerja dengan maksimal dan sebagaimana mestinya.

Penerapan dan penggunaan program buatan dari Guido ini membuat kerja server menjadi optimal. Kamu dapat membangun dan merangkai server yang digunakan untuk website secara optimal sehingga website tidak mengalami lag, tidak bisa dibuka, dan permasalahan lainnya.

Penerapan program Python ini dapat kamu aplikasikan dengan Bahasa pemrograman JavaScript agar kerja website menjadi lebih maksimal dan optimal. Python akan berfokus pada kinerja server dan JavaScript akan focus pada pengoperasian website secara umum.

2. Pengembangan dan peningkatan pada Internet of Things (IoT)

IoT adalah teknologi yang digunakan untuk dapat mentransfer data melalui jaringan internet tanpa menggunakan alat atau perangkat computer. IoT sudah mulai banyak diaplikasikan pada fitur-fitur di smart house, smart fridge, pembayaran melalui QR code, smart bike, dan lain sebagainya.

Barang-barang pintar tersebut menggunakan program yang memungkinkannya untuk mentransfer perintah atau data yang diberikan tanpa membutuhkan perangkat computer untuk mengaturnya. Bahasa pemrograman ini adalah program yang sesuai karena fleksibel sehingga sangat tepat diaplikasikan pada teknologi tersebut.

3. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Software WorkFlow

 Software WorkFlow sangat dibutuhkan didunia kerja karena memiliki manfaat yang dapat membuat pekerjaan menjadi semakin terorganisir dan terarah. Software ini memungkinkan setiap divisi yang ada di perusahaan untuk mengetahui jobdesk apa yang harus mereka kerjakan dan selesaikan.

Penggunaan Python akan sangat membantu dalam peningkatan pertumbuhan dan perkembangan software Workflow. Hal tersebut dikarenakan program ini memiliki jangkauan manfaat dan kegunaan yang luas. Dengan pengaplikasian Bahasa pemrograman ini, WorkFlow bisa dikembangkan dengan penambahan beberapa fungsi seperti Built Time Function (BTF), Run Time Interaction (RTN), dan lain sebagainya.

4. Pengembangan Game

Fungsi dan kegunaan lainnya dari Bahasa pemrograman ini adalah untuk mengoptimalkan pengembangan game. Dapat kita lihat sendiri bagaimana game online berkembang dengan sangat pesat dan canggih beberapa tahun belakangan ini.

Hal tersebut tentu saja tidak luput dari kehadiran program yang sangat bermanfaat, temuan dari Guido ini. Bahasa pemrograman ini menjadikan game dapat berjalan dengan optimal dan lebih fleksibel sehingga banyak pula digunakan pada gam 3D yang membutuhkan animasi dengan resolusi yang tinggi dan stabil.

Kesimpulan

Guido yang awalnya hanya mengerjakan proyek pribadi untuk mengisi waktu luang selama liburan natal, telah berhasil mengubah dunia, terutama pada bidang pemrograman. Proyek pribadinya berhasil memajukan teknologi menjadi semakin maju dan mudah digunakan oleh masyarakat dunia.

Hingga kini, jasanya masih dapat kita rasakan dan bahkan mungkin masih akan dirasakan juga oleh anak cucu kita di generasi ke depan. Python yang merupakan Bahasa pemrograman yang memiliki jangkauan lebih luas memiliki manfaat yang sangat banyak di berbagai bidang. Kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah dijalani saat ini dengan teknologi tersebut.

Jika kamu juga tertarik dengan dunia programming, coding atau yang berhubungan dengan komputer, kamu harus bisa menguasai bahasa pemrograman ini. Hal tersebut karena kegunaan bahasa pemrograman ini memang akan sangat dibutuhkan pada saat kamu bekerja. Jika kamu ingin meningkatkan skill programming-mu, kamu bisa mengasahnya dengan mengikuti kursus di Indo Training, Coding Studio, BitDegree, atau lainnya. Apabila kamu masih pemula dan lebih cocok dengan kursus berbahasa Indonesia, Kamu bisa mulai belajar dari kursus online python di coding studio.