Dengan banyaknya kasus cyber crime yang ada saat ini dan sering terjadi bahkan bisa menimbulkan kerugian baik itu moral maupun financial maka tentunya anda perlu untuk meningkatkan cyber security, yang mana cyber security ini digunakan untuk melindungi data atau informasi dari segala bentuk cyber crime ataupun dari berbagai peretas yang ingin menyalahgunakan data atau informasi serta memberikan kerugian yang cukup besar. Hingga saat ini di Indonesia memang terjadi cukup banyak kasus mengenai kejahatan ini antara lain adanya scareware yang biasanya targetnya adalah orang awam, yang mana biasanya scareware ini banyak ditemui di situs – situs internet yang muncul dengan peringatan keamanan palsu, nah biasanya orang awam yang tidak mengerti akan tertipu oleh jenis scareware ini dan akan berujung pada penipuan. Selain scareware juga ada bentuk malware atau virus yang bisa merusak data anda jika anda terserang oleh jenis cyber ini. Selain itu juga masih banyak lagi jenis cyber yang biasanya menyerang perangkat atau sistem jaringan dan bisa merusak data. Oleh karena itu cyber security juga perlu untuk ditingkatkan agar bisa lebih menjaga dan melindungi keamanan data atau informasi anda. Artikel ini akan memberikan beberapa contoh penerapan cyber security sederhana yang dapat anda lakukan.

Contoh Penerapan Cyber Security 

Dengan berbagai tindakan cyber crime yang ada saat ini tentunya sangat diperlukan peningkatan cyber security untuk terhindar dari berbagai ancaman penyerangan cyber tersebut, ada berbagai upaya untuk bisa meningkatkan cyber security. Berikut adalah beberapa contoh penerapan cyber security sederhana yang bisa anda lakukan:

  • Hindari membuka email yang mencurigakan

Banyaknya kasus penyerangan cyber biasanya dikarenakan adanya link mencurigakan yang masuk ke email pengguna, link ini biasanya berupa malware yang jika dibuka pastinya akan menyerang perangkat anda. Salah satu kasus cyber crime yang memanfaatkan media email biasanya adalah metode phising, dimana metode ini biasanya digunakan untuk mencuri beberapa data pribadi diantaranya seperti user ID, password dan lain sebagainya. Kemudian salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan DMRAC yang bisa membantu anda untuk mengelola email yang mencurigakan, sehingga email yang mencurigakan tersebut tidak perlu dibuka. Hal ini sangat penting untuk dilakukan pencegahan, karena apabila email tersebut adalah email kantor tentunya akan sangat membahayakan jika data – data dari email tersebut dicuri dan disalahgunakan, tentu saja hal ini akan membuat kerugian dalam perusahaan. Nah untuk itu anda perlu meningkatkan kewaspadaan dan tingkat kesadaran karyawan agar lebih berhati – hati pada saat mendapatkan email yang berisi link mencurigakan.

  • Back up data

Back up data sangat penting untuk dilakukan dimana anda harus menyimpan data anda di beberapa tempat yang berbeda seperti onsite, offsite dan cloud. Untuk melakukan back up data dapat dilakukan paling tidak seminggu sekali atau 3 hari sekali, yang mana jika melakukan backup data secara berkala akan bisa mengatasi serangan cyber yang mungkin terjadi seperti Ransomware. Apabila anda sudah melakukan back up data dan suatu ketika terjadi serangan cyber maka anda bisa meminimalisir dampak dari serangan tersebut, misalnya saja perangkat anda terkena serangan cyber yang menyebabkan data di onsite anda rusak atau hilang maka anda masih punya back up data yang masih tersimpan di offsite ataupun cloud. Nah jadi itulah tujuan mengapa anda harus sering melakukan back up data.

  • Vulnerability assessment

Kemudian untuk membantu meningkatkan cyber security tentunya anda bisa melakukan Vulnerability assessment yang mana tujuannya adalah untuk membantu anda agar bisa mengetahui, mendeteksi dan bahkan mempelajari apa kelemahan yang dimiliki dari sebuah sistem tertentu. Jika anda tidak bisa melakukan ini sendiri, anda bisa mempercayakannya kepada konsultan IT yang tentunya lebih profesional dan ahli di bidangnya. Dengan menggunakan Vulnerability assessment tentunya anda bisa meminimalisir resiko ataupun dampak buruk yang kemungkinan bisa ditimbulkan dari kelemahan sistem tersebut

Menguasai Cyber Security 

Dari berbagai ancaman yang mungkin terjadi mengenai cyber security yang bisa membahayakan atau bahkan mengakibatkan kerugian tentunya anda harus bisa meminimalisir resiko dengan melakukan berbagai contoh penerapan cyber security seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu anda juga bisa mempelajari mengenai cyber security secara mendalam dengan mengikuti kursus yang bisa membantu anda dalam proses pembelajaran. Codingstudio.id tentunya cocok bagi anda yang ingin belajar mengenai cyber security bahkan walaupun anda adalah pemula yang masih memiliki pengetahuan sedikit tentang hal ini. Disini anda akan belajar dari berbagai metode pembelajaran, yang tentunya setelah anda belajar disini anda bisa mengetahui dan memahami bagaimana sebenarnya cara kerja hacker, dengan begitu anda bisa meminimalisir resiko dengan melakukan upaya pencegahan. Disini tentunya anda akan belajar banyak hal yang mana di tempat kursus ini anda akan mendapatkan metode pembelajaran seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Video Learning

Tempat kursus ini, anda akan belajar melalui video learning yang disediakan. Video ini dapat anda akses secara online dan tentunya bisa anda akses kapan saja dan dimana saja. Anda tidak perlu khawatir jika mungkin anda belum paham mengenai materi yang diberikan karena video learning ini juga bisa di tonton berulang kali sehingga anda bisa mengulanginya lagi sampai anda benar – benar paham akan materinya. Karena video learning ini bisa diakses secara online maka tentunya waktu belajar anda bisa sangat fleksibel, bisa anda sesuaikan dengan waktu anda sendiri.

  • Project Based

Selain anda mendapatkan materi dari video learning, anda juga akan belajar dalam segi prakteknya juga yaitu ada metode project based yang akan anda dapatkan. Jadi pada metode project based ini, anda akan belajar membuat proyek yang tentunya diajarkan maestro. Dengan kata lain metode ini disebut sebagai metode best practice yang mana anda akan praktek bagaimana membuat suatu proyek.

  • Case Study

Selain video learning dan project based, anda juga akan diajarkan bagaimana menangani studi kasus sesuai dengan industrinya.

  • Forum Discussion

Selain itu jika anda memiliki kesulitan dalam proses pembelajaran maka anda bisa bertanya untuk lebih jelasnya agar anda dapat menguasai materinya, disini anda dapat melakukan diskusi di forum discussion yang dapat anda gunakan untuk melakukan tanya jawab.

Untuk bisa meningkatkan cyber security tersebut selain berbagai upaya yang diberikan diatas tentunya juga akan lebih baik jika anda bisa menguasai akan bidang ini, yang tentunya dengan belajar di codingstudio.id anda bisa belajar lebih dalam dan menguasai bidang ini. Sehingga dalam hal ini anda akan memiliki skill yang tentunya bisa membuat anda melakukan upaya pencegahan sebelum terjadi serangan cyber, anda juga tentunya bisa menjual skill anda dengan bekerja sebagai freelance yang tentunya dengan portofolio yang anda miliki setelah anda mengikuti kursus ini.