Peluang Kerja Software Developer yang Prospek dan Menjanjikan

pekerjaan-data

Pekerjaan menjadi seorang software developer saat ini menjadi peluang profesi yang terbuka lebar untuk Anda. Teknologi yang semakin canggih dan digitalisasi dalam segala bidang membuat masyarakat pun membutuhkan banyak sarana pendukung untuk membuat pekerjaan dan kehidupan mereka menjadi lebih mudah.

Nah jika Anda memiliki ketertarikan dan bakat di bidang pendalaman teknologi, menjadi pengembang software akan menjanjikan untuk ditekuni. Sebenarnya seperti apakah pekerjaan menjadi seorang pengembang software? Simak ulasannya berikut ini.

Profesi pengembang software adalah sebuah profesi yang memiliki tugas utama untuk membuat, mengembangkan, menciptakan serta melakukan modifikasi pada software aplikasi atau program komputer. Mereka akan melakukan dan menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku tentang prinsip desain dan penerapan rekayasa perangkat lunak di dunia kerja bidang digital.

Namun untuk bisa menjadi seorang pengembang software, terlebih dahulu Anda harus memiliki bekal ilmu pengetahuan tentang teknologi yang terkait, termasuk untuk kinerja profesional, maintability, ketahanan dan keamanan serta skalabilitas yang sudah ditentukan.

Adapun untuk ilmu pengetahuan yang harus dikuasai oleh calon pengembang software adalah terdiri dari :

  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Komputer dan Elektronik
  • Rekayasa dan Teknologi

Sedangkan untuk bidang keahlian, keterampilan dan kemampuan yang harus dimiliki seorang calon pengembang software adalah sebagai berikut;

  • Melakukan pertimbangan dan pengambilan keputusan dengan tepat
  • Bisa membuat pemrograman
  • Melakukan analisis dan evaluasi sistem
  • Melakukan penyelesaian masalah yang kompleks dengan baik
  • Mampu melakukan penalaran induktif dan deduktif
  • Adanya kepedulian pada masalah baru yang terjadi
  • Inovatif atau selalu memiliki ide baru

Tugas Penting dari Profesi Software Developer

Setelah mengetahui bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengembang software, berikutnya adalah Anda juga harus tahu tugas penting apa saja yang harus dimiliki oleh profesi tersebut.

 1. Pengembangan dan pengujian

Tugas yang pertama dari seorang pengembang software adalah untuk bisa melakukan pengembangan dan pengujian sistem software komputer sekaligus untuk melakukan prosedur validasi, pemrograman dan dokumentasi yang diperlukan.

2. Modifikasi software

Kemudian tugas berikutnya adalah untuk melakukan modifikasi pada software komputer yang ada dengan tujuan untuk memperbaiki kerusakan, memberikan izin pada komputer untuk mengadaptasi hardware yang baru dan untuk bisa mengembangkan kinerjanya dengan lebih baik.

 3. Bekerja sama dengan pekerja bidang digital lainnya

Seorang pengembang software juga harus bisa bekerja sama dengan baik bersama analis sistem, programmer serta pekerja bidang digital lainnya untuk keperluan desain sistem dan aplikasi. Sekaligus untuk mendapatkan informasi khusus terkait kemampuan dan keterbatasan proyek, serta syarat dan ketentuan yang ditetapkan dari proyek tersebut.

 4. Melakukan desain, pengembangan dan modifikasi sistem software

Seorang pengembang software juga harus bisa melakukan desain, mengembangkan serta melakukan modifikasi pada sistem software dengan memakai analisis ilmiah serta model matematika. Tujuannya adalah untuk bisa memperkirakan dan melakukan pengukuran dari konsekuensi hasil dari desain yang dibuat.

 5. Analisis kebutuhan

Dan tugas yang berikutnya dari seorang pengembang software adalah untuk melakukan analisis kebutuhan pengguna software dan kebutuhan dari software itu sendiri sehingga bisa membuat sebuah desain software yang layak dan memadai.

 6. Melakukan kontrak kerja sama

Seorang pengembang software juga akan secara langsung melakukan pertemuan antara klien dan manajer proyek untuk membuat kesepakatan untuk merancang serta menciptakan sistem yang baru

 7. Membuat software baru

Pengembang software juga memiliki tugas untuk membuat rancangan, menulis, membaca, melakukan pengujian serta melakukan perbaikan pada kode yang ada di software baru

Keuntungan Memiliki Profesi Sebagai Developer Software

Profesi sebagai pengembang software saat ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diburu oleh banyak orang terutama kalangan anak muda. Tercatat di negara maju seperti Amerika, profesi menjadi pengembang software bahkan sudah berada di urutan pertama selama kurang lebih 3 tahun berturut-turut sebagai jenjang karir terbaik dalam bidang teknologi yang dilansir dari World Report.

Hal tersebut ternyata didukung dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki profesi sebagai seorang pengembang software. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda nikmati jika menjadi seorang pengembang software.

 a. Gaji tinggi

Saat ini kebutuhan untuk software developer menjadi kebutuhan penting dalam bidang teknologi dan informasi. Hal itu membuat profesi menjadi seorang pengembang software pun diburu dan banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan digital yang memiliki persaingan tingkat tinggi.

Hal tersebut membuat pekerjaan ini pun memiliki gaji atau penghasilan yang cukup tinggi. Ada kisaran gaji dari mulai belasan hingga puluhan juta untuk menjalankan profesi ini terutama jika kualitas pekerjaan Anda bisa lebih baik.

b. Peluang bekerja mandiri

Anda pun memiliki peluang untuk bisa bekerja secara mandiri, yaitu dengan mendirikan kantor atau perusahaan digital sendiri. Tentu saja hal itu bisa Anda lakukan jika sudah memiliki pengalaman kerja dan bekal yang cukup untuk bekerja secara mandiri.

Anda bisa memilih untuk membangun sebuah aplikasi sendiri, membuat situs hingga menulis buku digital sesuai dengan minat dalam bidang digital yang dimiliki.

 c. Pekerjaan yang lebih fleksibel

Memiliki profesi sebagai seorang pengembang software, Anda akan mendapatkan waktu dan sistem bekerja yang lebih fleksibel. Dalam pekerjaan ini yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang memadai dan stabil kemudian tempat bekerja yang nyaman.

Sangat tepat dipilih oleh Anda yang tak ingin terkekang oleh waktu bekerja yang rutin dan membosankan seperti pekerjaan pegawai kantor. Anda bisa memilih sendiri jam kerja Anda sesuai dengan kebutuhan dari kantor tempat Anda menjadi pengembang software.

 d. Kreatif dan inovatif

Untuk menjadi seorang pengembang software, Anda dituntut untuk bisa selalu kreatif dan inovatif dalam melakukan pengembangan software. Bukan hanya harus selalu memiliki ide baru untuk membuat software, namun juga harus bisa mencari jalan keluar terbaik jika software mengalami kerusakan atau eror.

Banyak kasus yang terjadi ketika sebuah aplikasi atau software mengalami kerusakan sehingga pengembang software harus berpikir lebih kreatif dan inovatif mencari cara agar supaya bisa berjalan kembali seperti sedia kala.

 e. Sosialisasi aktif

Jika Anda ragu untuk menjalani profesi sebagai seorang pengembang software karena kemungkinan akan tertutup peluang untuk bersosialisasi padahal Anda termasuk orang yang selalu butuh untuk bergaul dengan orang lain. Jangan khawatir karena dalam pekerjaan ini Anda justru harus bisa bekerja sama dan bergaul dengan pekerja lainnya yang berada satu kantor dengan Anda.

Anda harus bekerja sama dan berkolaborasi untuk menyelesaikan sebuah program atau berbagai proyek pemrograman lainnya. Selain itu Anda juga akan mengikuti berbagai forum diskusi atau forum khusus untuk menambah bekal pengetahuan tentang pengembangan software.

 f. Peluang jaminan kerja

Saat ini banyak pekerja yang khawatir karena posisinya terancam tergantikan oleh tenaga robot. Namun tak begitu dengan posisi pengembang software.

Meski sudah ada banyak program atau software yang ke depannya direncanakan untuk menggantikan posisi pekerjaan manusia, tetap saja program atau software tersebut membutuhkan perawatan dan pemeliharaan. Dan pekerjaan itu hanya bisa dilakukan oleh seorang pengembang software, sehingga bisa dikatakan posisi pekerjaan ini terbilang aman ke depannya nanti.

Hanya dengan berbekal penguasaan beberapa bahasa pemrograman saja, Anda akan bisa memiliki peluang untuk bekerja di berbagai perusahaan yang ada di negara mana pun.

Kursus untuk Menjadi Seorang Software Developer

Untuk bisa menjalankan profesi sebagai seorang software developer, Anda harus melalui pendidikan khusus agar supaya menguasai bekal dan keterampilan yang dibutuhkan dalam profesi tersebut. Ada berbagai jalur yang mana memiliki persiapan dan ilmu pendidikan yang berbeda satu sama lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengambil kursus pendidikan untuk menjadi seorang pengembang software.

  1. Peluang kerja yang tinggi karena perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini adalah berkat peran serta dari seorang pengembang software
  2. Bisa membuat aplikasi yang bermanfaat untuk kebutuhan orang banyak
  3. Tingkat kebutuhan software di Indonesia terbilang cukup tinggi
  4. Banyak kemudahan dan keunggulan memiliki profesi sebagai seorang pengembang software
  5. Tersedia banyak jalur pendidikan yang bisa Anda pilih seperti pengembang website, pengembang software android, pengembang sistem operasi IOS, pengembang software mesin pembelajaran dan lain sebagainya.

Target dan Sasaran Peserta Kursus Developer Software

Setidaknya ada beberapa target dan sasaran yang dituju untuk peserta kursus menjadi pengembang software, diantaranya adalah

  • Semua pemula yang ingin memulai karirnya di bidang pengembangan software di bidang digital dengan menggunakan acuan standar kompetensi industri
  • Ditujukan khusus untuk peserta pemula sehingga tidak ada syarat khusus untuk menguasai pemrograman atau apapun sebelumnya
  • Bisa diikuti oleh semua peserta kursus yang memiliki dan mampu untuk mengoperasikan komputer dengan baik
  • Setiap siswa harus memiliki keseriusan dan ketertarikan tingkat tinggi untuk belajar pemrograman dalam tujuan menjadi pengembang software.Mereka harus mampu mengambil langkah mandiri untuk belajar, berlatih dan mencoba hal baru dalam bidang teknologi.

Tips Untuk Menjadi Seorang Developer Software yang Sukses

Nah setelah mengikuti program pendidikan kursus menjadi seorang software developer, berikutnya Anda bisa merencanakan karir Anda agar supaya sukses sesuai harapan Anda. Banyak perusahaan yang membutuhkan peran pengembang software untuk memajukan perusahaan menjadi lebih baik.

Berikut ini beberapa tips menjadi seorang pengembang perangkat lunak yang sukses.

 1. Berlatih untuk hasil yang sempurna

Untuk menjadi seorang pengembang perangkat lunak yang sukses, Anda harus bisa membuat program atau software yang bagus. Untuk bisa mencapainya, bukanlah hal yang mudah namun bukan hal yang tak mungkin Anda lakukan.

Untuk bisa melakukannya Anda bisa mengambil cara dengan berlatih coding atau pengkodean program sederhana dari komputer setiap harinya. Lakukan berulang-ulang hingga Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Kuasai bahasa pemrograman

Satu hal penting yang harus ada dalam bekal pengetahuan dan keterampilan menjadi seorang pengembang software adalah bisa menguasai bahasa pemrograman dengan baik. Pastikan Anda bisa menguasai bahasa pemrograman yang berbeda sehingga bisa memiliki keterampilan yang lebih luas khususnya dalam bidang teknologi.

3. Responsif, cepat dan tepat dalam bekerja

Dalam hal pemrograman, memiliki fungsi khusus dalam membuat sebuah program atau software, lebih peka atau responsif, cepat dan tepat melakukan penanganan saat sebuah software atau program tak bisa bekerja menjadi satu tindakan yang harus Anda lakukan. Kinerja terbaik Anda akan menentukan maju dan berkembangnya sebuah perusahaan dengan baik atau tidak.

4. Ketahui apa kebutuhan pengguna software

Bahwa diketahui software adalah sebuah program yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi para penggunaannya. Untuk bisa membuat software yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan mereka.

5. Selalu merasa ingin tahu

Menjadi seorang pengembang developer mengharuskan Anda tak puas ketika berada dalam satu titik atau posisi saja. Pastikan Anda untuk selalu merasa ingin tahu yang akan menstimulasi rasa ingin tahu dan belajar dengan lebih banyak serta lebih baik lagi.

6. Selalu memiliki solusi terbaik

Dan usahakan untuk bisa berpikir dengan cepat dan tanggap setiap ada permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan seorang software developer. Anda harus bisa lebih kreatif dan inovatif, untuk mencari solusi terbaik saat program atau software yang Anda buat tiba-tiba tak berfungsi dengan baik.