gaji coding

6 Pekerjaan di Bidang Coding yang Populer dan Gaji

Beberapa tahun terakhir ini, pekerjaan pada bidang teknologi yang melibatkan coding menjadi sangat populer, terutama di kalangan generasi milenial. Hal ini dikarenakan banyak sekali perusahaan-perusahaan startup hingga korporat yang sedang gencar-gencarnya mencari tenaga kerja pada bidang tersebut. Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan pada bidang teknologi maupun kamu yang belajar coding secara otodidak dan ingin membangun karier pada bidang ini, langsung saja simak artikel berikut yang akan mengulik 6 peluang karier berbasis coding yang menjanjikan beserta range gajinya!

1. Security Analyst

Security analyst termasuk salah satu pekerjaan yang membutuhkan coding dan berada di bawah ranah cyber security. Buat kamu yang suka melakukan analisis secara mendalam terutama terhadap suatu sistem keamanan, pekerjaan ini akan sangat cocok bagi kamu. Biasanya pekerjaan utama dari seorang security analyst adalah menganalisis untuk menemukan celah-celah keamanan yang bisa menjadi ancaman bagi perusahaan. Gaji security analyst ini juga tergolong tinggi mulai dari 5 juta hingga 15 juta rupiah tergantung pengalaman.

2. Software Developer

Software developer juga termasuk salah satu pekerjaan yang cukup banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan zaman sekarang hampir semua perusahaan menggunakan software untuk keberlangsungan perusahaannya dan mereka membutuhkan orang-orang handal yang dapat terus mengembangkan software-nya. Tentunya hal ini memberikan kesempatan kepada kamu yang tertarik dalam pengembangan perangkat lunak. Gaji seorang software developer memiliki kisaran antara 7 juta hingga 40 juta rupiah, loh! Cukup fantastis, yah!

3. Web Developer

Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang salah satu pekerjaan yang sedang sangat ngetren di kalangan para penggemar teknologi. Web developer sendiri terbagi lagi menjadi 3 jenis developer, yaitu front-end developer yang bertugas mengembangkan tampilan utama dari sebuah website, back-end developer yang bertugas mengembangkan sebuah website dari segi teknis belakang layar seperti server dan database, serta full-stack developer yang merupakan gabungan dari front-end dan back-end developer. Dari segi gaji, seorang web developer bisa mendapatkan sekitar 6 juta hingga 25 juta rupiah setiap bulannya.

4. Quality Assurance Engineer

Pekerjaan ini mungkin masih jarang terdengar bagi sebagian orang, tetapi quality assurance engineer termasuk dalam salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan, loh. Tugas seorang quality assurance engineer sendiri adalah melakukan pengujian berkala terhadap kualitas aplikasi atau software dari perusahaan untuk dilakukan perbaikan terhadap aplikasi atau software tersebut. Gaji seorang quality assurance engineer berkisar antara 4 juta sampai dengan 8 juta rupiah per bulannya.

5. Data Scientist

Data scientist merupakan pekerjaan yang baru saja populer beberapa tahun belakangan ini. Pekerjaan utama dari seorang data scientist adalah melakukan pengolahan serta analisis data yang berguna untuk pengembangan aplikasi serta untuk membantu mempermudah proses pengambilan keputusan oleh perusahaan. Pekerjaan ini biasanya tidak hanya membutuhkan skill coding saja tetapi juga pengetahuan mendalam mengenai statistika. Gaji bagi seorang data scientist berkisar antara 5 juta sampai dengan 13 juta rupiah.

6. Database Administrator

Database administrator seperti namanya memiliki tugas utama untuk mendesain, memperbaiki, dan memelihara database dari perusahaan. Pekerjaan ini tidak hanya membutuhkan skill coding saja, tetapi database administrator juga harus paham dengan data manipulation dan memiliki pemahaman terhadap prinsip desain database. Gaji seorang database administrator memiliki kisaran antara 5 juta sampai dengan 13 juta rupiah per bulannya.

Nah, itu dia 6 pekerjaan yang menjanjikan di bidang coding beserta kisaran gajinya. Apakah kamu mulai tertarik untuk berkarier di bidang IT dan mau belajar coding? Apabila kamu tertarik untuk mempelajari coding secara otodidak, kamu dapat mengikuti kursus programming Kodio di sini, yah!