Mengenal MySQL Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

MySQL (/ˌmaɪˌɛsˌkjuːˈɛl/) adalah sebuah RDBMS (Relational Database Management System) yang menggunakan SQL (Structured Query Language), sehingga struktur database-nya berupa tabel, baris, dan kolom  Fungsi dari MySQL adalah sebagai gudang data atau data warehousing.

Dulu, MySQL merupakan database bersifat open source yang paling populer. Seiring bekembangnya teknologi, kompetitor pun semakin banyak yang mana MySQL mungkin bukanlah pilihan terbaik lagi. 

Dalam memilih DBMS yang cocok dengan kebutuhan, tentu kita perlu memahami kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, mari kita ulik kelebihan dan kekurangan MySQL di bawah!

MySQL Database
Photo by mysql.com

Kelebihan MySQL

1. Bersifat Open Source

MySQL adalah aplikasi yang memiliki lisensi GPL gratis di bawah pengelolaan Oracle, lho! Jadi, enggak perlu diragukan lagi kinerja aplikasi ini. Selain itu, kamu pun bisa dengan mudah mencari solusi jika ada masalah karena terdapat banyak komunitas dan dokumentasi yang membahas tentang MySQL.

2. Tipe Data Bervariasi

Kelebihan lain MySQL adalah sajian tipe data yang bervariasi, yakni seperti integer, float, double, dan date. Maka dari itu, kamu pun bisa menyusun data dengan kriteria informasi yang lebih akurat. Dengan berbagai macam tipe data, pengelolaan database server-mu akan terbantu saat mengembangkan software yang kompleks dan terstruktur.

3. Tidak Perlu RAM Besar

Punya RAM yang terbatas? Tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menggunakan MySQL jika kapasitas server-mu rendah. Apabila dibanding dengan database lain, MySQL-lah yang dapat digunakan dengan RAM yang kecil.

4. Keamanan Terjamin

Walau MySQL bersifat open source, software ini menyediakan fitur keamanan yang terjamin, lho! Terdapat beberapa lapisan keamanan seperti level pada host dan subnetmask. MySQL juga mengatur hak akses pengguna dengan enkripsi password yang tinggi.

5. Mendukung Multi User

MySQL dapat kamu gunakan bersama-sama secara real time. Tentu hal ini bisa mempermudah kamu dalam pengerjaan proyek bersama tim dalam satu waktu, sehingga tidak perlu lagi nunggu user lainnya selesai terlebih dahulu.

6. Terintegrasi dengan Bahasa Pemrograman Lain

Sering kali sebuah website atau software dibuat dengan campuran berbagai bahasa pemrograman. Namun, jangan khawatir sebab kamu dapat menggunakan MySQL untuk mengembangkan software lebih efektif dengan adanya integrasi. Kamu bisa mengintegrasikan MySQL dengan bahasa pemrograman seperti R, Python, C++, dan masih banyak lagi!

Kekurangan MySQL

1. Sulit Mengelola Data yang Besar

Seperti yang diketahui, MySQL adalah software yang ramah dengan spesifikasi rendah. Maka itu, fitur yang ditawarkan tidak selengkap dengan aplikasi lainnya. Jika kamu ingin menggunakan database yang cukup besar, ada baiknya untuk menggunakan sistem manajemen database selain MySQL.

2. Kurangnya Technical Support

Dikarenakan bersifat open source, MySQL tidak memiliki technical support yang memadai. Hal ini mempersulit pengguna untuk menghubungi technical support. Terlebih, saat pengguna sedang memiliki masalah pengoperasian software dan membutuhkan bantuan dari technical support.

3. Kurang Baik untuk Aplikasi Berbasis Game dan Mobile

Kebanyakan developer game dan mobile tidak menggunakan MySQL dikarenakan manajemen database MySQL kurang cocok untuk mengelola aplikasi tersebut. Akan lebih cocok jika menggunakan database server bersifat cloud yang real time.

Nah, itu dia penjelasan mengenai MySQL beserta kelebihan dan kekurangan MySQL. Banyak perusahaan kerap memilih MySQL sebagai manajemen database relasional mereka. Dengan performa yang baik, cara kerjanya yang aman, serta kelebihan lainnya, enggak ada salahnya kamu mempelajari MySQL lebih dalam lagi. Salah satu cara untuk menguasainya adalah dengan mengikuti kursus di Coding Studio. Yuk, gabung sekarang dan kuasai database bersama Coding Studio di sini!