Sudah tahukah anda tentang  mobile developer? Mobile developer adalah seorang programmer yang memiliki keahlian serta sudah terlatih untuk membuat sebuah aplikasi. Mobile developer tentunya berbeda dengan web developer atau programmer biasa. Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai seorang mobile developer harus bisa menggunakan banyak sistem serta berbagai Bahasa programming. Tidak hanya itu saja, mobile developer juga tidak hanya memiliki tugas untuk menyelesaikan masalah seperti pada seorang programmer namun mobile developer ini tentunya juga bisa menciptakan aplikasi sendiri. Mobile developer ini memiliki pekerjaan untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk perangkat mobile, baik Android maupun iOS. Nah, di era digital saat ini tentunya semua orang sudah menggunakan mobile di kehidupan sehari – harinya, dan juga saat ini banyak muncul aplikasi – aplikasi baru yang terus berkembang hari demi hari. Oleh sebab itu tentunya pekerjaan menjadi mobile developer tentunya menjadi sebuah peluang emas dan akan banyak menghasilkan. Sehingga tidak jarang banyak orang mengincar pekerjaan ini dan berusaha untuk mempelajari bidang ini agar memiliki keahlian dan juga skill.

Tugas – Tugas Mobile Developer

Setelah mengetahui apa itu mobile developer seperti yang telah dijelaskan diatas pastinya akan mulai tertarik dengan pekerjaan sebagai mobile developer. Nah tapi sebelum itu anda harus mengetahui beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh seorang mobile developer yang tentunya dalam melakukan tugasnya memerlukan kemampuan atau skill dan profesionalisme yang tinggi. Nah, tugas-tugas seorang mobile developer adalah:

  • Bertugas mendesain dan mengembangkan aplikasi

Seorang mobile developer tentunya memiliki tugas untuk mendesain serta mengembangkan aplikasi yang canggih untuk berbagai platform mobile diantaranya adalah Android dan iOS. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam kehidupan sehari – hari pastinya anda menggunakan aplikasi dengan smartphone anda, ndah aplikasi tersebut lah yang dibuat serta dikembangkan oleh mobile developer. Untuk itulah mengapa semakin kesini aplikasi menjadi semakin canggih dan semakin terbarui hal ini dikarenakan mobile developer memiliki tugas untuk mengembangkan aplikasi menjadi aplikasi yang canggih.

  • Bekerja dengan sumber data eksternal dan API

Biasanya para mobile developer akan melakukan tes kode unit untuk ketahanan, yang mana hal ini dimulai dari kegunaan aplikasi tersebut, kehandalan umum dan masih banyak hal lainnya. Kemudian setelah melakukan hal tersebut, mereka juga akan mengevaluasi dan juga menyelesaikan bug yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja aplikasi yang telah mereka buat.

  • Memaksimalkan efisiensi pengembangan aplikasi

Untuk membuat aplikasi tentunya mobile developer harus menggunakan teknologi baru yang mana dimaksudkan agar mereka dapat memaksimalkan efisiensi dari pengembangan aplikasi tersebut. Yang tentunya dengan menerapkan teknologi baru maka mereka dapat membuat dna mengembangkan aplikasi agar lebih canggih. Selain itu mereka juga memiliki tugas untuk menerjemahkan desain serta wireframes ke dalam sebuah kode yang berkualitas tinggi.

  • Memastikan aplikasi sudah bekerja dengan baik

Setelah mobile developer sudah selesai mendesain serta mengembangkan aplikasi tersebut tentunya akan dilakukan sebuah peluncuran akan aplikasi tersebut. Nah setelah berhasil diluncurkan maka aplikasi dapat dinikmati dan digunakan oleh para pengguna mobile baik itu Android maupun iOS. Pada saat aplikasi sudah digunakan oleh para pengguna tentunya para mobile developer masih harus memastikan bahwa aplikasi sudah bekerja dengan baik dan tentunya responsive. Dan setelah itu, mobile developer tentunya harus bisa menjaga kualitas kode, organisasi beserta dengan otomatisasi.

Skill Yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui seperti apa tugas – tugas mobile developer tentunya anda harus memahami kira – kira skill apa saja yang perlu dimiliki agar bisa menjadi mobile developer yang baik.

  • Menguasai tools serta Bahasa pemrograman dengan baik

Seperti yang dijelaskan di awal paragraf bahwasanya seorang mobile developer merupakan seorang programmer yang dapat membuat aplikasi, nah dari sini tentunya dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi mobile developer tentunya anda perlu untuk menguasai Bahasa pemrograman yang digunakan agar anda bisa mengembangkan aplikasi mobile. Selain itu anda juga perlu menguasai berbagai tools yang digunakan untuk bisa membuat aplikasi seperti android studio, eclipse dan masih banyak tools lainnya.

  • Dapat bekerja secara remote

Untuk bekerja dalam dunia digital seperti ini tentunya anda harus bisa bekerja secara remote yang mana anda tidak perlu untuk bertemu dengan customer bahkan dengan rekan kerja secara langsung. Anda bisa melakukan pekerjaan di rumah dengan berkomunikasi melalui media online saja.

  • Memiliki kemampuan bekerja menggunakan API

API dapat menampilkan database dengan cara yang lebih cepat, efisien dan juga secara real time. Untuk itu anda harus memiliki kemampuan untuk bekerja menggunakan API dan tentunya hal seperti ini juga wajib untuk anda kuasai.

  • Siap bekerja untuk mengembangkan aplikasi

Untuk bisa menjadi mobile developer yang baik tentunya tidak hanya sebatas anda sudah mampu memahami atau menguasai tools dan Bahasa pemrograman saja, melainkan anda juga harus memiliki sikap yang sungguh – sungguh dan konsisten dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Karena untuk mengembangkan sebuah aplikasi tentunya anda harus meng-upgrade kemampuan dan wawasannya anda secara terus – menerus mengikuti perkembangan zaman dan trend agar anda bisa mengembangkan aplikasi yang inovatif. Sehingga dalam hal ini juga dibutuhkan keseriusan anda dan konsisten yang tinggi dalam pekerjaan ini.

Nah itulah berbagai penjelasan mengenai apa itu mobile developer, bagaimana pekerjaannya dan skill apa saja yang harus dimiliki untuk bisa menjadi seorang mobile developer yang baik. Tentunya setelah mengenal lebih jauh mungkin anda sudah mulai tertarik dengan pekerjaan ini namun masih merasa kurang memiliki keahlian dalam bidang ini. Tentunya anda bisa terus belajar dan menguasai bidang mobile developer yang bisa anda tunjang dengan mengikuti kursus di coding studio. Coding studio akan memberikan pembelajaran bagi anda mengenai mobile developer dan membantu anda untuk meningkatkan keahlian anda dalam bidang ini agar anda bisa menjadi seorang mobile developer yang hebat. Hal ini tentunya ditunjang sertifikasi yang bisa anda dapatkan pada saat anda telah selesai dan lulus dari tempat kursus ini, dengan sertifikasi tersebut maka tentunya anda akan mendapatkan pengakuan bahwa anda telah lulus dari program kursus yang terbaik dengan skill yang anda miliki sehingga anda bisa menjadikannya sebagai portofolio anda. Nah jadi bagi anda yang ingin mempelajari bidang ini lebih dalam lagi atau bagi anda yang masih pemula namun perlu belajar dengan bimbingan tutor yang profesional tentunya anda bisa segera mendaftarkan diri di kursus ini. Dan tidak lupa dalam setiap proses pembelajaran dan usaha untuk menjadi mobile developer yang baik pastinya dibutuhkan sebuah sikap yang sungguh – sungguh dalam belajar serta tingkat konsistensi agar bisa membuat, mendesain serta mengembangkan aplikasi yang lebih canggih lagi.