mobile-developer

Mengenal Mobile Developer: Profesi yang Makin Dibutuhkan Saat Ini

Dewasa ini, profesi sebagai developer semakin banyak dibutuhkan oleh berbagai industri, baik dari perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Tidak hanya pengembang website, namun juga mobile developer.

Hal ini terjadi karena masyarakat lebih senang menggunakan aplikasi mobile, dibandingkan dengan platform lain seperti website. Bahkan, tidak jarang berbagai inisiatif perusahaan juga lebih diminati jika dilakukan melalui aplikasi smartphone.

Mengenal Apa Itu Developer Mobile

mobile-developer
Photo by Pathum Danthanarayana on Unsplash

Melihat berbagai fenomena yang terjadi, tidaklah mengherankan jika Mobile Developer dikatakan sebagai garda terdepan dalam pengembangan aplikasi smartphone. Buat kamu yang ingin berkarir di bidang ini, tentu saja wajib mengetahui bagaimana tugas dan peranannya terlebih dahulu.

Sejatinya, tipe developer yang satu ini ditujukan buat kamu yang memiliki berbagai spesialisasi dalam teknologi mobile. Para pengembang ini juga mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak supaya dapat berjalan sesuai OS masing-masing handphone.

Secara umum, mereka-lah yang mendesain, membuat, mengembangkan, bahkan mengimplementasikan berbagai aplikasi mobile yang konsumen gunakan. Itulah mengapa, seorang developer mobile juga harus menguasai banyak bahasa pemrograman serta berbagai lingkungan pengembangan.

Tentunya, tugas dan tanggung jawab seorang developer di bidang mobile tidak hanya itu. Ada banyak lagi peranan dan tugas yang harus diketahui sesuai kemampuannya. Berikut tugas seorang pengembang aplikasi mobile secara lebih khusus.  

1. Mendesain dan mengembangkan aplikasi dengan sumber data terkait

Hal utama yang menjadi fokus seorang mobile developer tentunya mendesain serta mengembangkan aplikasi untuk dapat dipakai pada berbagai OS seperti Android atau iOS. Tentunya, hal ini dilakukan dengan berbagai tahapan yang rumit sehingga menghasilkan aplikasi yang canggih dan mudah diakses.

Tentu saja, para developer juga akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui kegunaan, ketahanan, hingga apakah aplikasi tersebut dapat diandalkan atau tidak. Kemudian, dilakukan juga berbagai evaluasi dan penyelesaian bug untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

2. Memastikan apakah aplikasi yang dibuat sudah bekerja dengan sempurna

Setelah aplikasi didesain dan dibuat, langkah selanjutnya tentu melakukan peluncuran dari aplikasi tersebut. Tugas seorang developer mobile tidak berhenti sampai di situ, sebab developer juga masih harus memastikan apakah aplikasi tersebut sudah responsif dan dapat bekerja dengan baik.

Itulah mengapa, para pengembang aplikasi ini juga harus selalu bisa menjaga kualitas dari kode, otomatisasi, hingga menghindari berbagai bugs dengan menjalankan sejumlah maintenance. Tanpa adanya perbaikan atau update sistem secara berkala, tentu saja akan membuat pengguna merasa bosan dengan tampilan atau fungsi dari aplikasi tersebut.

3. Mengoptimalkan pengembangan aplikasi secara efisien

Selain membuat dan memastikan apakah aplikasi tersebut bekerja dengan baik, seorang developer mobile juga memiliki tanggung jawab untuk memaksimalkan pengembangan lanjutan dari aplikasi tersebut. Tentunya, mereka perlu menggunakan teknologi terbaru agar aplikasi bisa lebih canggih atau lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Akan tetapi, pengembangan ini dijalankan dengan berbagai bahasa coding tertentu. Itulah mengapa seorang developer mobile juga wajib bisa menerjemahkan desain yang diberikan serta wireframe untuk diolah dalam bentuk kode khusus berkualitas tinggi.

Kualifikasi dan Skill yang Diperlukan

Setelah mengetahui apa saja tugas dan peranan yang menjadi tanggung jawab seorang pengembang aplikasi mobile, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui skill atau kualifikasi seperti apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut pada sebuah perusahaan. Berikut skill yang dimaksud.

1. Penguasaan tools dan bahasa pemrograman

Namanya saja developer, sudah pasti harus bisa menjalankan berbagai tools dan coding dengan baik, apalagi mobile developer memang bertugas untuk membuat suatu aplikasi dan mengembangkannya.

Tidak hanya sejumlah bahasa coding seperti PHP, Java, SQL, dan sebagainya, kamu juga sebaiknya memahami dan menguasai berbagai tools seperti Android Studio, Eclipse, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu akan bisa membuat dan mengembangkan aplikasi mobile secara lebih sempurna sesuai keinginan pasar.

2. Kemampuan belajar dengan cepat

Dalam membuat hingga mengembangkan sebuah aplikasi, tentu saja harus disertai kemampuan untuk belajar secara cepat dan tangkas. Bagaimana tidak, pekerjaan developer biasanya dituntut untuk menguasai berbagai hal secara langsung.

Jika kamu tidak terbiasa, tentunya akan ketinggalan dan menghambat pekerjaan. Itulah mengapa saat ini juga semakin banyak kursus yang bisa diikuti untuk menambah wawasan dalam hal coding dan pembuatan aplikasi.

3. Skill desain dan logika

Hal yang pastinya harus dikuasai seorang developer adalah kemampuan logika di mana ia harus tahu bagaimana men-deliver tujuan pembuatan aplikasi untuk kemudian dilakukan pembuatan dan pengembangan.

Selain itu, setidaknya seorang developer aplikasi mobile juga perlu mendalami kemampuan desain. Memang biasanya ada tim tersendiri yang akan membuatkan draf atau tema tertentu. Jika kamu punya kemampuan desain yang baik, tentu dari draf atau tema tersebut bisa digambarkan secara mudah pada aplikasi yang kamu buat.

Di luar itu, skill lain seperti kerja sama tim, komunikasi, hingga bekerja secara efisien juga menjadi poin plus buat kamu yang ingin berkarir di bidang mobile developer. Semuanya itu menjadi soft-skill yang perlu dikuasai tidak hanya pada bidang tersebut namun juga pada bidang pekerjaan yang lainnya.

Meningkatkan Skill Developer Mobile

Nah, untuk bisa mendalami kemampuan dasar di bidang mobile application development, tentunya kamu perlu mengetahui sejumlah teori dan praktiknya secara khusus. Tidak hanya melalui bangku perkuliahan, namun kamu juga bisa mendapatkannya melalui berbagai kursus offline maupun online yang tersedia di berbagai platform. Adapun materi yang perlu kamu dalami yakni:

1. Berbagai bahasa pemrograman (coding)

Untuk bisa membuat sebuah aplikasi mobile tentu saja kamu wajib mengetahui konsep awal pemrograman dasar menggunakan sejumlah bahasa coding seperti Java, SQL, dan sebagainya. Tentunya ditambah dengan tools dan pemrograman lain yang memang sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut.

2. Pengembangan OS (Android atau iOS)

Pengetahuan dan cara mengembangkan aplikasi pada sejumlah OS juga wajib diketahui. Misalnya dari segi masukan pengguna, penyimpanan data, jaringan, hingga akses multilayar yang dapat dipelajari melalui berbagai kursus.

3. Desain UI/UX

Kemampuan desain memang menjadi hal yang penting bagi seorang developer. Oleh karenanya, pastikan kamu juga mengetahui dasar-dasar bagaimana membuat interface yang ramah pengguna (User Interface) serta memberikan pengalaman tersendiri bagi para penggunanya (User Experience).

Semua materi di atas tentunya masih merupakan materi yang umum. Secara khusus, kamu bisa mendapatkan berbagai materi yang terkait dari berbagai sumber. Mulai dari website OS sendiri seperti Android atau kamu bisa mengambil kursus mobile developer di Coding Studio dengan mengunjungi link ini : https://codingstudio.id/kursus-android/

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui seputar mobile developer. Bagaimana, kamu masih tertarik untuk mendalami profesi dan skill ini? Selamat mencoba dan tingkatkan terus kemampuanmu ya!