Karena semakin berkembangnya teknologi tentunya pekerjaan seperti mobile developer semakin banyak dicari oleh banyak perusahaan, hal ini dikarenakan posisi sebagai mobile app developer merupakan posisi yang bisa dibilang cukup penting dalam suatu perusahaan di masa atau era digital ini. Sudahkah anda tahu mengenai mobile developer? Pekerjaan ini memiliki tugas untuk membuat serta mengembangkan aplikasi mobile baik itu platform iOS maupun android, setelah membuat aplikasi mobile tersebut maka seorang mobile app developer memiliki tanggung jawab untuk memonitoring aplikasi tersebut serta mengembangkan perangkat yang ada agar aplikasi tersebut dapat bertahan serta berjalan dengan baik. Di sebuah perusahaan, seorang mobile app developer tentunya mempunyai tanggung jawab serta tugas utama yang mana mereka harus merekomendasikan perubahan maupun penambahan akan perangkat baru pada aplikasi yang sudah ada dalam perusahaan tersebut. Jika anda ingin menjadi seorang mobile app developer maka anda dapat memilih diantara dua jenis pekerjaan yaitu Android developer atau iOS developer yang tentunya kedua fokus pekerjaan ini memiliki tugas yang cukup berbeda. Oleh karena tugas yang cukup berbeda tentunya kedua pekerjaan ini memiliki skill yang berbeda pula.

Skill Yang Dibutuhkan Oleh Android Developer

Seperti yang dijelaskan diatas bahwasanya mobile developer memiliki dua fokus pekerjaan yang berbeda yaitu sebagai android developer ataupun iOS developer. Sebagai android developer tentunya anda harus memiliki beberapa skill yang tentunya anda butuhkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mampu menguasai tools dan bahasa pemrograman dengan baik

Untuk bisa menjadi android developer tentunya anda harus menguasai berbagai tools android seperti eclipse, android studio dan masih banyak tools – tools lainnya. Kemudian anda juga harus memahami dan menguasai bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi android ini yaitu Java, Kotlin serta XML. Dengan memahami berbagai tools serta bahasa pemrograman tersebut maka anda bisa membuat dan mengembangkan aplikasi android dengan baik

  • Dapat bekerja secara remote

Untuk bekerja di dunia teknologi tentunya anda bisa bekerja dengan tak terbatas waktu dan tempat, hal ini dikarenakan anda bisa bekerja secara remote. Sehingga anda dapat berkomunikasi dengan customer maupun rekan kerja melalui media online serta melakukan pekerjaan juga secara remote. Oleh karena itu tentu akan memberikan keuntungan untuk anda karena anda tidak perlu repot pergi ke kantor dan melakukan pekerjaan anda di tempat yang anda suka.

  • Mengetahui penggunaan dari Android SDK

Sebelum anda bisa menulis sebuah kode pemrograman tentunya anda perlu untuk mengunduh fitur Android SDK dan JDK, hal ini diperlukan karena fitur ini akan menampilkan kode program yang mana menggunakan bahasa java serta kotin. 

  • Memiliki pengetahuan akan arsitektur, framework serta tren baru

Menjadi seorang android developer tentunya anda perlu untuk menguasai mengenai arsitektur yang mana hal ini bertujuan untuk membangun kinerja yang baik. Setelah itu anda juga harus menyusun framework atau kerangka kerja sebaik mungkin serta anda harus bisa mengikuti perkembangan atau trend terbaru yang ada.

  • Memiliki kemampuan bekerja menggunakan API

Setelah itu, skill yang harus anda miliki adalah kemampuan untuk mengimplementasikan API yang mana hal ini sangat penting untuk dipahami karena API dapat menampilkan serta menyajikan berbagai database yang lebih cepat, efisien serta real time.

  • Siap untuk bekerja pada pengembangan aplikasi Android

Selain skill – skill yang dibutuhkan diatas anda juga harus memiliki kemauan yang kuat untuk belajar dan mengembangkan diri dalam bidang developer yang mana hal ini akan membuktikan bahwa anda memang bersungguh – sungguh untuk bekerja dan memiliki tekad yang kuat untuk bisa menyelesaikan permasalahan terkait dengan pengembangan aplikasi.

  • Memperhatikan tampilan desain UI/UX aplikasi

Skill lain yang harus dikuasai sebagai android developer adalah harus mengikuti perkembangan yang terjadi di dalam dunia teknologi serta trend yang ada saat ini. Sehingga dapat mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user.

Skill Yang Dibutuhkan Oleh iOS Developer

Berbeda dengan android developer, ios developer juga harus memiliki beberapa skill yang pastinya berbeda. Jadi bagi anda yang ingin meniti karir menjadi ios developer tentunya harus memiliki skill – skill seperti dibawah ini:

  • Menguasai penggunaan tools dan software

Sama seperti android developer, sebagai ios developer tentunya anda harus menguasai berbagai macam tools dan software yang berkaitan dengan aplikasi ios. Beberapa tools dan software tersebut adalah xCode IDE, Metal / OpenGL, Git, Core Data Framework dan masih banyak lagi tools serta software lainnya.

  • Memahami algoritma beserta dengan bahasa pemrograman

Selain itu anda juga harus memahami algoritma serta bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi ios, diantaranya adalah Swift, Ruby dan Objective – C. Setelah anda memahami mengenai algoritma tersebut maka anda bisa mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman cross platform yang diantaranya adalah PhoneGap, Cordova dan React Native

  • Mengikuti perkembangan UI/UX

Untuk bisa membuat desain aplikasi tentunya anda menginginkan tampilan yang menarik, hal ini dikarenakan pengguna tentunya akan memilih menggunakan aplikasi yang baik dari segi tampilannya dan juga penggunaannya yang mudah dan lebih interaktif. Untuk itu ios developer tentunya harus selalu mengikuti UI / UX terkini dan ter up to date.

  • Mengetahui cara kerja iOS dan macOS

Untuk bisa membuat dan mengembangkan aplikasi ios tentunya anda harus mempunyai pengetahuan untuk bisa mengoperasikan sistem ios dan juga macos. Hal ini penting untuk diperhatikan karena untuk bisa mengembangkan sistem ios tentunya anda harus menggunakan perangkat dari macOS.

  • Memiliki verifikasi keanggotaan developer

Kemudian yang terakhir tentunya anda perlu untuk memiliki akun yang sudah terdaftar sebagai keanggotaan developer apple. Dengan memiliki keanggotaan ini tentunya anda sudah siap untuk membuat dan mengembangkan aplikasi untuk dirilis pada app store.

Nah itulah berbagai skill yang harus dimiliki jika anda ingin menjadi seorang mobile app developer, baik itu sebagai Android developer maupun ios developer yang masing – masing tentunya dengan skill yang berbeda. Kemudian untuk bisa mendapatkan skill atau kemampuan tersebut tentunya anda harus menempuh pendidikan atau mengikuti kursus yang bisa menunjang kemampuan yaitu dengan mengikuti kursus di Coding Studio, yang mana disini anda akan diajarkan berbagai macam materi yang up to date dengan pelatihan dari mentor professional dan tentunya berpengalaman sehingga bisa membantu anda untuk terus belajar serta mengembangkan diri. Melalui coding studio tentunya anda juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman karena anda tidak akan mendapatkan materi saja melainkan anda juga diajarkan melalui pembelajaran praktek sehingga bisa mengasah kemampuan anda lebih dalam lagi. Nah jadi tunggu apalagi bagi anda yang ingin mengembangkan skill atau kemampuan anda tentunya anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus di Coding Studio.