Dunia pada saat ini banyak sekali mengalami perubahan yang sangat drastis seperti contoh dengan berkembang pesatnya sebuah game. Mungkin anda sangat menyukai apabila anda bermain game yang dulu yang Bernama gembot, yang mana game tersebut merupakan game yang paling banyak dimainkan pada masanya. Namun pada saat ini sudah berkembang pesat dengan beralihnya dari gameboy ke game Playstation (PS) yang terus berkembang sampai saat saat ini. game PS ini terus berkembang dengan mengikuti zaman sehingga terus di update yang membuat orang – orang untuk memainkan game PS ini.

Game juga bisa dimainkan dengan melalui komputer dan juga di smartphone, yang ini dengan didukung dengan koneksi internet yang ada di Indonesia yang semakin stabil, dan juga game offline yang mulai ditinggalkan pada saat ini karena digantikan dengan game online ini. karena pada saat ini banyak sekali game online yang muncul yang mana kita bisa bertanding dengan teman – teman kita dan juga orang – orang yang bukan satu negara kita. jadi hal ini lah yang membuat game offline ditinggalkan karena pada saat kita bermain game offline yang kita mainkan secara sendiri tanpa bisanya kita bermain dengan teman – teman kita.

Dengan begitu bisa dikatakan bahwa game pada saat ini bisa dikatakan sudah semaki profitable. Game pada saat ini juga semakin menggoda dengan keuntungan – keuntungan yang besar yang diberikan, serta pasar game yang terjadi saat sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat dan juga sudah meluas. Game yang juga disediakan pada saat ini juga sudah bervariasi yang mana game pada saat ini bisa dimainkan oleh anak – anak sampai yang dewasa juga bisa bermain game yang mereka sukai.

Genre yang ada pada game yang saat ini juga semakin variatif dan juga mengalami perubahan yang secara dinamis. yang dimana pada saat ini banyak sekali game yang bermunculan yang dimainkan dengan berkelompok dan tidak sendiri lagi, sehingga hal ini lah yang membuat banyak orang yang mulai berpindah dari game yang dulu – dulu ke game yang sekarang.

Apakah anda pernah terbesit dalam pikiran anda untuk membuat game anda sendiri, alias untuk menjadi game developer? Game developer sendiri adalah seseorang yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan sebuah video game. Oleh karena itu banyak sekali posisi developer game ini ditempati oleh para lulusan ilmu komputer dan juga Teknik informatika. Dalam membuat game tidak hanya harus menguasai kemampuan pemrograman saja, karena untuk menjadi game developer seseorang juga harus dituntut memiliki citarasa seni yang sangat tinggi, sehingga game yang dibuat menjadi lebih bagus dan diminati oleh semua orang untuk memainkanya.

Bagi anda yang ingin menjadi game developer yang baik maka ada beberapa yang harus anda siapkan agar anda bisa dikatakan sebagai game development yang baik. berikut yang harus anda siapkan agar menjadi game developer yang baik.

  • Game Programmer

Apabila anda pernah membuat sebuah game yang mana game yang anda buat itu dimulai dari nol sampai game tersebut jadi , maka itu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi anda yang mana jika anda ingin melakukan lamaran kerja terhadap suatu perusahaan game maka anda sudah memiliki modal pengalaman yang sangat bagus sehingga peluang anda diterima dalam perusahaan tersebut juga besar. 

Selain itu juga anda harus mampu menguasai setidaknya satu Bahasa pemrograman dan juga game engine, yang mana nanti hal tersebut akan membantu anda dalam membuat desain game yang akan anda lakukan.maka dari itu anda harus melakukan research yang lebih mendalam mengenai game studio yang benar – benar ingin anda lamar dan juga pelajarilah game engine yang studio game yang akan anda masukkan untuk kerja, karena sangat penting sekali untuk memahami game engine yang digunakan dalam sebuah perusahaan yang ingin kita masuki karena sangat membantu dalam anda membuat game bagi perusahaan tersebut. Bisa dibayangkan jika anda belum mengetahui game engine yang dipakai di tempat anda bekerja maka anda akan perlu mempelajarinya lagi dan itu membutuhkan waktu yang sangat lama.

Bagi anda yang masih kurang paham dengan Bahasa pemrograman maka anda harus mulai belajar dari sekarang dengan memulai belajar otodidak dan juga melakukan kursus agar nanti pada saat anda bekerja di perusahaan yang anda sukai maka anda sudah mahir menggunakan Bahasa pemrograman. Bagi anda yang ingin melakukan kursus maka anda harus belajar di Coding Studio yang dimana di Coding Studio nanti anda akan banyak diberikan dengan materi – materi yang bagus dan juga pembelajaran yang mudah dipahami oleh anda tentunya sehingga anda cepat mahir menggunakan Bahasa pemrograman. Bagi anda yang ingin kursus di Coding Studi maka anda harus mendaftarkan diri anda di kursus Game Development ini.

  • Suka Bermain Game

Menjalani hobi yang dibayar adalah pekerjaan yang sangat diimpikan oleh banyak orang. pada perusahaan pengembang game sudah menerapkan hal ini. didalam proses yang dilakukan pada saat recruitment pihak perusahaan tidak hanya mencari para developer yang mumpuni dalam skill saja tetapi mereka juga mencari orang yang sangat maniak dengan bermain game.

Bekerja sebagai developer memang bukanlah pekerjaan yang bisa cocok dengan semua orang. pekerjaan ini juga memiliki tekanan yang sangat tinggi yang dimana anda harus dituntut harus sempurna dalam bekerja dan juga memiliki improvement yang baik dalam skala berkelanjutan.jika bermain game adalah hobi anda maka anda akan lebih menikmati setiap aktivitas, tugas, dan juga bahkan anda akan dihadapkan dengan tekanan yang akan anda dapatkan dalam sehari – hari sebagai game developer.

  • Artist (2D Artist D Artist, Sound Artist)

Apabila anda seorang artist, portofolio adalah hal yang paling penting saat anda akan melamar suatu pekerjaan sebagai game studio. Dan perbanyaklah berkarya dengan cara menggambar dan masukan karya anda ke dalam portofolio. Dengan begitu dengan 3D Artist, buatlah berbagai macam model 3D. untuk sound Artist buatlah banyak aransemen music, karena harus diingat bahwa kualitas dibanding kuantitas yang harus memenuhi portofolio anda dengan karya yang bagus.

  • Memiliki Berbagai Skill Kerja

Dalam menjadi seorang developer anda juga akan dituntut harus memiliki berbagai kemampuan dalam bekerja. untuk melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrograman, anda juga harus memiliki kemampuan diluar itu seperti anda harus memiliki kemampuan problem solving yang kuat, terutama dalam membuat dan juga mengoreksi berbagai error dalam kode yang akan anda buat.

Tidak hanya keahlian teknis saja yang harus anda kuasai, seorang developer anda juga harus mampu menunjukan etos kerja anda yang baik, terutama dalam anda bekerja di dalam sebuah tim. Seorang developer juga harus mampu mengatur waktunya dengan baik dalam mengejar deadline pekerjaan yang diberikan.