mengenal-program-linux

Mengenal Program Linux

Sistem operasi itu selalu digunakan untuk berbagai macam peralatan di masa sekarang, jadi bukan hanya komputer saja ya. Linux menjadi salah satu sistem operasi yang sebenarnya sering Anda jumpai di berbagai alat elektronik, namun tidak banyak orang yang menyadarinya. Sistem operasi ini sejak tahun 90an sudah dipergunakan untuk menghidupkan atau menjalankan jaringan internet.

Jadi infrastruktur dari internet mulai dari router, server sampai switch itu semua menggunakan sistem operasi ini lho. Dan seiring berkembangnya waktu sekarang beberapa peralatan seperti peralatan medis, sensor, CCTV, mesin absen, smart TV, bahkan sampai HP sekarang. Dan memang sistem operasi ini untuk sementara menjadi sistem operasi paling stabil, open source, perkembangan cepat dan juga aman serta gratis lho.

Mengenal Sistem Operasi Linux

Sistem operasi ini adalah sebuah sistem operasi yang mempergunakan Kernel Linux sebagai inti dan juga dengan adanya aplikasi dan modul pendukung. Aplikasi dan modul pendukung ini sangat dibutuhkan untuk supaya bisa berfungsi seperti halnya pada sistem operasi yang lainnya juga. Sistem ini bebas digunakan serta opensource jadi bisa dikembangkan secara bebas dan gratis oleh semua pihak di dunia.

Sistem operasi ini sebenarnya hampir sama dengan Windows konsepnya, akan tetapi memang memiliki perbedaan konsep secara mendasar. Karena sistem operasi ini tidak didesain untuk end user seperti Windows, meskipun sekarang sudah ada versi desktop untuk sistem operasi ini. Namun tidak banyak program atau aplikasi yang bisa berjalan di sistem operasi ini yang biasa dipergunakan oleh end user.

Namun memang sistem operasi ini sangat tepat untuk server, sehingga penggunaan server jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan Windows. Selain itu untuk para developer tentunya akan sangat terbatas apabila menggunakan Windows, karena beberapa aplikasi hanya bisa berjalan di sistem operasi ini saja. Jadi memang sistem operasi ini dikhususkan untuk server dan juga pembuatan aplikasi oleh para developer.

Keistimewaan Dan Keunikan

Meskipun bukan menjadi sistem operasi untuk end user, akan tetapi sistem operasi ini memiliki cukup banyak keistimewaan dan juga keunikan. Ada beberapa fitur yang hanya ada pada sistem operasi ini yang membuat banyak orang sering terkejut ketika pertama kali menggunakan sistem ini. Namun tidak banyak orang yang tahu mengenai keunikan yang dimiliki, sehingga tidak bisa menggunakannya secara maksimal.

Jadi dari beberapa keunikan yang dimiliki oleh sistem operasi ini memang kebanyakan merupakan fitur yang memang sangat berguna untuk developer. Jadi beberapa keunikan tersebut akan memudahkan developer dan juga proses install untuk digunakan sebagai server. Berikut beberapa keunikan yang dimiliki, supaya Anda bisa mempergunakan sistem operasi ini secara lebih maksimal.

  1. Root

Pada sistem operasi ini ada yang namanya root yang berarti puncak tertinggi dari sebuah sistem operasi. Karena root itu adalah sebuah lokasi di mana sebuah sistem operasi itu diinstall, jadi ini adalah puncak tertinggi. Dengan adanya sistem root ini, user bisa memiliki hak penuh atau akses penuh ke dalam sistem operasi tersebut dengan akses yang tidak terbatas.

  • Shell

Pada sistem operasi ini juga ada shell, dan shell ini adalah sebuah alat yang digunakan oleh user untuk bisa berinteraksi dengan sistem. Namun untuk sistem operasi ini hanya menggunakan Command line interface saja untuk bisa mengaksesnya secara penuh. Walau sudah ada versi desktop dari Linux, akan tetapi itu bukan sebuah graphic user interface ya.

  • Sensitive Case

Dalam sistem operasi ini ada case sensitive yang artinya adalah memperlakukan secara berbeda bahkan setiap huruf besar dan juga huruf kecil. Dan case sensitive ini berlaku untuk berbagai jenis sistem operasi ini, dan berlaku untuk semua hal pada sistem operasi ini. Ini yang membuat sistem operasi ini jadi terasa unik dan mungkin sangat menarik untuk sebagian besar orang.

Macam-Macam Jenis Linux

Untuk sistem operasi ini sebenarnya sekarang sudah berkembang menjadi berbagai macam variasi yang bisa Anda pergunakan. Ini sebenarnya karena sistem operasi ini adalah open source, sehingga setiap perusahaan, setiap orang bisa membuat versi mereka sendiri. Akan tetapi dari awal kemunculannya itu ada 3 jenis yang berkembang dan sekarang bisa digunakan.

Jadi untuk sekarang ada cukup banyak variasi, namun di awal itu ada 3 pengembang yang berhasil membuat 3 versi sistem operasi. Berikut ini 3 versi yang awalnya muncul dan kemudian mendorong berbagai jenis juga ikut muncul.

  1. SLS
  2. Debian
  3. Redhat

Kelebihan Yang Dimiliki

Ada beberapa kelebihan yang sebenarnya dimiliki oleh sistem operasi ini yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang. Ini sebenarnya karena kebanyakan orang sudah mendapatkan informasi yang memang kurang tepat, terutama soal penggunaannya yang dibilang tidak mudah. Nah pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi ini.

  1. Kelebihan yang paling pertama itu adalah gratis, ini adalah sistem operasi yang bisa didapatkan secara gratis. Karena ini adalah sistem operasi open source, maka bisa dikembangkan oleh siapa saja dan bisa didapatkan gratis. Bahkan karena hal ini juga yang membuat perkembangan sistem operasi Linux pun sangat cepat
  2. Kelebihan yang kedua adalah lebih ringan dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya, karena penggunaan memory tidak banyak. Bahkan penyimpanan disk nya pun tidak terlalu banyak, jadi jelas lebih ringan
  3. Sistem keamanan yang dimiliki pun terbilang cukup ketat, jadi sangat sulit untuk bisa diserang oleh hack atau virus
  4. Dengan adanya terminal akan membuat sistem operasi ini bisa lebih mudah dipakai untuk mengelola server
  5. Ada cukup banyak bahasa pemrograman yang bisa dipakai di sistem operasi ini

Kekurangan Yang Dimiliki

Ada beberapa kekurangan juga yang dimiliki oleh sistem operasi ini yang membuat sistem operasi ini tidak banyak dipakai di pasaran. Berikut ini beberapa kelemahan yang dimiliki oleh sistem operasi tersebut.

  1. Sistem operasi ini belum mendukung beberapa hardware yang biasa digunakan orang-orang untuk bekerja
  2. Kekurangan yang kedua adalah soal program, di mana belum banyak juga program yang support di sistem operasi ini

Rekomendasi Untuk Belajar

Untuk belajar sistem operasi ini sebenarnya ada cukup banyak caranya, apalagi sudah ada cukup banyak buku yang bisa digunakan. Nah ada beberapa juga tempat kursus yang bisa dibilang cukup baik untuk Anda gunakan belajar sistem operasi ini. Anda bisa belajar kursus linux dengan mengujungi link ini: https://codingstudio.id/kursus-linux/