Mengenal Profesi Software Engineering dan Prospek Kerjanya

Saat ini hampir semua orang bisa menggunakan perangkat komputer dengan mudah tanpa kesulitan. Tahukah Anda bahwa semua itu berkat peran serta seorang software enginering sehingga komputer dan perangkatnya kini lebih mudah untuk digunakan berbagai kalangan masyarakat.

Adapun tugas dari seorang insinyur perangkat lunak adalah untuk bisa melakukan pengembangan, membuat desain, menulis, melakukan modifikasi serta melakukan identifikasi sekaligus untuk mengatasi masalah yang terjadi pada sebuah software.

Gambaran Karir dan Profesi Software Engineering

Profesi sebagai seorang insinyur perangkat lunak adalah sebuah profesi yang ada dalam bidang teknologi informasi. Tugas mereka ada banyak sekali, diantaranya adalah untuk melakukan analisa, melakukan rekayasa, dan menyusun spesifikasi, dan melakukan pengujian pada sebuah rancangan sistem perangkat lunak untuk menjadi solusi dari sebuah masalah publik.

Sekilas, pekerjaan ini hampir sama dengan profesi seorang pembuat program komputer atau analis sistem. Hanya saja, seorang insinyur perangkat lunak harus bisa menguasai ilmu Software Development Life Cycle atau SDLC yang menjadi dasar mengembangkan perangkat lunak dari mencakup keseluruhan proses yang ada.

Seorang software enginering atau yang kemudian disebut SE, akan melakukan tugas yang dimilikinya dengan memakai bahasa pemrograman pada saat melakukan perancangan perangkat lunak untuk sebuah aplikasi pada komputer, seluler, platform cloud hingga aplikasi yang digunakan pada sebuah website.

Seorang SE dalam pekerjaannya juga harus bisa berkolaborasi dengan baik bersama para pekerja bidang teknologi lainnya seperti misalnya pengembang perangkat lunak, programmer, spesialis dalam bidang Quality Control untuk bisa membuat sebuah aplikasi bisa berjalan sebagaimana mestinya dengan lancar dan bagus.

Secara singkat, bisa dikatakan bahwa profesi SE adalah seseorang yang memiliki peran penting dalam hal 0enerapan prinsip teknik serta pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam sebuah komputer.

Tugas Penting Seorang Software Engineering

Menjadi seseorang yang memiliki profesi SE bukanlah suatu hal yang mudah. Karena itu, Anda harus mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dimiliki seorang SE agar supaya bisa melakukannya dengan baik.

1. Ketahui kebutuhan pengguna

Seorang SE harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari pengguna software sehingga bisa membuat software yang bermanfaat sesuai kebutuhan mereka.

2. Membuat software sesuai pesanan

Tugas yang kedua dari seorang SE adalah untuk membuat software dari mulai merancang, membuat dan melakukan pengujian agar supaya bisa digunakan dengan optimal sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh pengguna software

3. Kolaborasi dengan software developer

Seorang SE juga harus bisa bekerja sama dengan baik bersama pengembang perangkat lunak untuk menciptakan sebuah kode yang sesuai dengan aplikasi atau sistem yang akan dipakai

4. Membuat dokumentasi secara detail

Semua SE harus bisa membuat dokumentasi yang lengkap dan terperinci pada semua aplikasi serta sistem sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban yang dilakukan pada saat perbaikan

 5. Melakukan perawatan aplikasi atau sistem

Semua SE juga harus bisa melakukan perawatan dari mulai pengelolaan, pemeliharaan hingga melakukan perbaikan pada sistem secara berkala

6. Saran rekomendasi software

Seorang SE juga berhak untuk memberikan saran rekomendasi software pada aplikasi atau sistem yang sudah terlebih dahulu ada

Keahlian yang Harus Dimiliki Calon Software Engineering

Jika Anda berminat untuk menjadi seorang SE, sebaiknya ketahui terlebih dahulu keahlian apa saja yang harus dimiliki. Setidaknya ada beberapa macam keahlian yang harus dimiliki dan dikuasai agar supaya bisa memiliki profesi SE yang handal.

a. Programming

Untuk melakukan keahlian programming, dibutuhkan penguasaan bahasa pemrograman. Jika Anda menempuh pendidikan di bidang teknologi maka akan menemukan banyak kemudahan untuk melakukan kegiatan programming.

Namun jika Anda bukan lulusan universitas Jurusan IT, maka bisa mengambil pendidikan kursus yang secara khusus mempelajari tentang bahasa pemrograman dari mulai tingkat dasar dan untuk pemula.

b. Ketelitian tingkat tinggi

Pekerjaan seorang SE adalah untuk melakukan pemrograman yang melibatkan banyak kode khusus dan dilakukan secara manual. Untuk bisa melakukannya dengan baik dan benar maka Anda harus memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi untuk meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi berulang.

c. Mampu bekerja dalam tim

Profesi SE bukanlah jenis pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk bekerja sendiri. Namun Anda juga harus memiliki kemampuan untuk bisa bekerja sama dengan orang lain khususnya pekerja dalam bidang teknologi lainnya.

Seorang SE harus bisa bekerja dengan rekan kerjanya sebaik mungkin, baik itu dalam tim yang besar maupun skala kecil. Kemudian seorang SE juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan klien dan kolega yang ada di pekerjaan tersebut.

d. Mudah untuk beradaptasi

Peluang untuk seorang SE akan berhadapan dengan lingkungan baru sangat mungkin terjadi. Untuk itu sangat diharapkan bagi seorang SE memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik dan benar sehingga bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya.

e. Menguasai bahasa asing

Bukan tidak mungkin Anda akan bertemu dengan klien dari luar negeri yang mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dengan mereka memakai bahasa asing. Selain itu, untuk memahami bahasa yang dipakai di internet, terkadang Anda juga harus menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris sehingga benar-benar harus menguasainya dengan baik serta benar.

Jenis Kualifikasi Pendidikan untuk Profesi Software Engineering

Nah setelah Anda mengetahui sekilas tentang gambaran profesi software enginering, berikutnya adalah untuk mengetahui apa saja kualifikasi pendidikan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang insinyur perangkat lunak yang berkualitas.

  • Ijazah yang sesuai

Syarat kualifikasi yang pertama untuk menjadi seorang SE adalah merupakan lulusan kuliah tingkat S1 dengan jurusan yang sesuai untuk menjadi seorang insinyur perangkat lunak. Adapun jenis jurusan yang sesuai adalah jurusan matematika, IT dan jurusan insinyur perangkat lunak.

  • Pengalaman magang

Perusahaan yang sedang mencari pegawai untuk posisi SE akan mengutamakan pelamar yang memiliki pengalaman magang sesuai dengan jurusan yang diambil. Terutama jika mereka pernah mengambil kesempatan magang di perusahaan software terkemuka.

Menurut pendapat mereka, pelamar yang sudah memiliki pengalaman magang pastinya sudah lebih siap untuk melakukan pekerjaan sebagai seorang SE ketimbang mereka yang belum memiliki pengalaman apapun.

  • Sertifikasi

Dalam hal ini perlu diingat untuk mendapatkan sertifikasi tak perlu dengan menempuh jalur perkuliahan atau kursus. Bahkan hanya dengan mengikuti pelatihan atau workshop saja Anda sudah bisa mendapatkan sertifikat resmi untuk mendapatkan profesi sebagai seorang SE dengan mudah.

Manfaat Software Engineering dalam Sebuah Bisnis

Dewasa ini, masyarakat Kita sudah akrab dengan sebuah perangkat gadget dan koneksi internet yang diklaim akan memberikan banyak kemudahan untuk aktivitas harian. Nah salah satunya adalah dengan menggunakan penerapan SE dalam bisnis. Apa saja manfaat SE dalam bisnis?

  • Memberikan dukungan bisnis secara otomatis

Bahwa saat ini semua pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi akan dihandle oleh perangkat gadget untuk kemudahan, efisiensi waktu dan tenaga sekaligus biaya yang diperlukan. Seperti misalnya penerapan penggunaan aplikasi kasir, absensi karyawan dan lain sebagainya.

  • Membuat sebuah finansial teknologi

Dengan penerapan SE dalam bisnis akan memberikan banyak kemudahan dalam hal keuangan. Seperti misalnya untuk memberikan akses khusus pada produk keuangan, memberikan kemudahan pada setiap transaksi keuangan dan bisa meningkatkan literasi keuangan.

  • Mendukung strategi bisnis yang lebih tepat

Menerapkan sistem SE juga akan memberikan keuntungan atau manfaat yaitu bisa mendukung strategi bisnis yang lebih tepat guna. Ada banyak pebisnis yang menggunakan SE untuk membuat bisnis mereka jauh lebih besar dan berkembang pesat.

  • Memiliki tim kerja yang efektif

Penggunaan software enginering secara tidak langsung juga akan memberikan pengawasan menyeluruh pada semua kinerja karyawan sehingga bisa bekerja dengan lebih baik dan optimal demi kemajuan bisnis. Pembagian tugas pun akan dilakukan dengan lebih baik dan masing-masing pekerja mengetahui apa tanggung jawab yang dimilikinya.

Tips Khusus Untuk Sukses Menjadi Software Engineering

Untuk menjadi seorang SE, Anda bisa mengambil pendidikan kursus di tempat yang berkualitas untuk mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kualifikasi seorang SE. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa mencapainya dengan baik.

1. Memiliki tujuan akhir

Sebelum memulai, pastikan Anda melakukannya untuk mencapai tujuan akhir yang menjadi cita-cita Anda setelah lulus dan selesai dari pendidikan kursus tersebut. Belajar SE bagi beberapa orang bisa memberikan rasa bosan terutama jika minat Anda kurang tinggi pada bidang tersebut. Namun dengan motivasi yang kuat maka Anda bisa melaluinya dengan baik dan benar.

2. Pilih metode pemahaman dasar pemrograman yang tepat

Memilih metode yang benar dan tepat akan sangat membantu Anda untuk bisa menyelesaikan pendidikan profesi SE sesuai harapan Anda. Menurut beberapa situs menyarankan metode pemahaman dasar pemrograman Ruby untuk pemula dalam bidang SE.

3. Berlatih dan terus berlatih

Menjadi seorang SE adalah sebuah keahlian yang bisa lebih baik jika diasah sebaik mungkin. Untuk itu, Anda harus bisa melakukan latihan dan terus berlatih sebaik mungkin untuk bisa menguasai bahasa pemrograman yang menjadi syarat utama dalam pekerjaan seorang SE.

4. Pelajari cara membaca coding orang lain

Untuk bisa membaca coding yang dibuat oleh orang lain Anda perlu melakukan pembelajaran secara khusus. Manfaatnya cukup banyak, dimana Anda akan mengetahui bagaimana cara kerja sebuah program kerja, melakukan identifikasi jenis coding yang tak boleh dimasukkan sehingga akan lebih mudah untuk mengatasi masalah yang terjadi ketika sebuah software bermasalah.

5. Buat proyek khusus

Untuk memulai pekerjaan di bidang SE ini Anda bisa memilih untuk menyelesaikan proyek sederhana. Seperti misalnya proyek untuk membuat website atau situs. Kembangkan terus keahlian Anda dalam bidang ini dengan cara meningkatkan kualitas proyek yang Anda miliki.

6. Gabung dengan komunitas khusus SE

Di internet sudah banyak terdapat komunitas khusus yang berisi kumpulan profesi SE yang memiliki kepentingan untuk berbagi informasi dan ilmu pengetahuan seputar dunia insinyur perangkat lunak. Dari situ Anda juga akan mendapatkan banyak bekal pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam profesi tersebut.

7. Pilih tempat kursus yang direkomendasikan

Anda juga bisa mendapatkan informasi dari komunitas SE tentang tempat kursus atau belajar profesi insinyur perangkat lunak dengan hasil yang lebih optimal. Sekian ulasan tentang profesi Software Engineering yang menjanjikan dan berprospek bagus untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Jika kamu tertarik untuk belajar tentang software engineer bisa pelajari di https://www.codingstudio.id