mengenal-powerpoint

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Powerpoint

Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan di kantor ataupun juga oleh mahasiswa itu adalah aplikasi PowerPoint. Ini adalah salah satu aplikasi yang dipakai untuk presentasi untuk mahasiswa ataupun untuk karyawan di perkantoran. Meski banyak digunakan, akan tetapi tidak banyak orang yang memahami aplikasi atau software ini dengan baik dan juga maksimal.

Sebenarnya penggunaan dari aplikasi ini sangat banyak, namun tidak semua fitur itu dipakai oleh sebagian besar orang yang menggunakannya. Itulah pentingnya orang tahu dengan benar dan mendalam mengenai aplikasi ini, agar supaya bisa menggunakannya dengan jauh lebih maksimal. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan mengenai aplikasi ini.

Mengenali Microsoft Power Point

Jadi, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Microsoft yang memang ditujukan untuk membuat presentasi jadi lebih mudah. Penggunaan aplikasi ini pun juga bisa menjaga kelestarian lingkungan, karena tidak lagi membutuhkan terlalu banyak kertas. Sehingga, Anda bisa memberikan atau membagikan file dari aplikasi ini untuk bisa dibaca oleh orang lain yang membutuhkannya.

Ini adalah aplikasi yang menjadi satu paket dengan Microsoft Office, jadi di dalamnya itu terdiri beberapa aplikasi sekaligus. Serta, karena hal inilah yang membuat bila kita ingin menggunakan aplikasi ini secara penuh harus membeli lisensi satu paket, meskipun sebenarnya ini justru jadi lebih murah. Selain itu, aplikasi ini menjadi aplikasi yang sangat user friendly, karena memang sangat mudah untuk menggunakannya bahkan untuk pemula.

Fungsi Penggunaan Power Point

Jadi aplikasi ini memang banyak digunakan oleh orang di Indonesia maupun juga di luar negeri, karena memang ada banyak fungsinya. Namun, mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai fungsi dari aplikasi ini secara detail dan juga luas, ya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari penggunaan aplikasi PowerPoint ini:

  1. Sebagai alat ataupun sebuah sarana untuk memudahkan dalam pembuatan presentasi.
  2. Menjadikan materi presentasi dalam bentuk file, sehingga bisa dibuka di berbagai perangkat.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide dengan berbagai fitur yang membuat presentasi jadi lebih menarik.
  4. Mempermudah untuk bisa membuat berbagai macam slide dan mencetak slide.
  5. Membantu memberikan materi pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami.
  6. Menceritakan satu hal dengan lebih simpel namun tetap mudah dipahami.
  7. Mempengaruhi audiens akan suatu gagasan dalam bentuk teks dan juga audio visual.
  8. Memotivasi audiens untuk menyampaikan tujuan dari sebuah gagasan.
  9. Merangsang audiens untuk membuat ide baru sesuai tujuan dibuatnya presentasi.
  10. Menyampaikan solusi dari permasalahan dengan cara yang lebih sederhana.

Fitur Yang Dimiliki

Salah satu yang mendorong orang untuk menggunakan aplikasi ini tentu saja karena adanya fitur yang cukup lengkap di sana. Dan memang Microsoft sendiri membekali aplikasi ini berbagai macam fitur yang memang sangat lengkap untuk membuat penggunanya dimudahkan. Nah untuk bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut, tentunya kita perlu tahu soal fitur yang dimilikinya.

Ada cukup banyak fitur yang bisa Anda pakai untuk membuat presentasi jadi lebih menarik dan juga lebih mudah dipahami. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini yang cukup fungsional untuk para penggunanya.

1. Slide Master

Salah satu fitur yang sangat berguna sekali dalam membantu pembuatan presentasi menggunakan PowerPoint itu adalah slide master. Dengan fitur ini akan bisa menjaga konsistensi dari setiap elemen yang ada di slide seperti misalnya gaya tulisan, latar belakang dan lain sebagainya. Dengan begitu akan jadi membantu mempercepat proses pembuatan presentasi untuk setiap slide.

2. Aksesibilitas

Ada fitur yang bernama aksesibilitas yang akan membantu proses pemeriksaan dari presentasi yang dibuat dan menemukan kesalahannya. Jadi Anda bisa edit dengan lebih mudah, dan bahkan di fitur ini ada alasan mengapa harus ada perubahan pada presentasi yang dibuat. Namun fitur ini hanya ada pada aplikasi untuk versi 2016 dan yang lebih baru dari versi aplikasi tersebut.

3. Morph

Fitur Morph adalah salah satu fitur yang membuat aplikasi ini jadi cukup menarik untuk membuat presentasi. Karena dengan fitur ini akan bisa membuat setiap tulisan, gambar, 3D akan bisa menjadi sebuah animasi. Dan ini adalah fitur yang bisa membuat presentasi yang Anda buat itu jadi lebih hidup.

4. Theme Custom

Di aplikasi ini juga ada fitur tema atau theme untuk setiap slide dari presentasi yang akan Anda buat, dan banyak pilihannya. Mulai dari tema yang gratis disediakan oleh Microsoft sampai dengan tema yang premium yang bisa Anda dapatkan dengan membelinya. Tidak perlu khawatir, karena sudah ada banyak juga lho situs yang menyediakan tema yang menarik secara gratis.

5. Insert

Fitur berikutnya adalah insert, sehingga membuat Anda bisa membuat presentasi di PowerPoint yang jauh lebih menarik berdasarkan kreativitas. Anda bisa menambahkan foto ataupun berbagai macam hal ke dalam setiap slide presentasi Anda yang mungkin berhubungan. Sehingga akan lebih mudah menjelaskan sesuatu atau membuat tampilan presentasi jadi lebih menarik.

Cara Membuat Presentasi

Bila Anda ingin membuat presentasi ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan apabila menggunakan aplikasi ini. Dan berikut ini kami akan jelaskan langkah secara umum, meskipun secara garis besar itu semua tergantung dari kreativitas Anda.

  1. Langkah yang pertama jelas Anda harus kuasai dulu materinya dan tentukan poin-poin yang akan disampaikan.
  2. Langkah kedua membuat desain dari setiap slide yang ingin Anda pakai untuk jadi bahan materi presentasi Anda.
  3. Perhatikan isi dan juga tata letak dari setiap slide, sehingga tetap terlihat rapi dan juga mudah untuk dibaca dan juga dipahami.
  4. Sesuaikan juga ukuran slide dengan materi yang ingin Anda sampaikan.

Rekomendasi Kursus Power Point

Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi bagi beberapa orang memahami dan memaksimalkan fitur dari aplikasi ini sangat penting. Dan sekarang ini pun sudah cukup banyak pilihan untuk kursus agar supaya bisa lebih mahir dalam menggunakan aplikasi untuk membuat presentasi ini. Anda bisa belajar kursus powerpoint di coding studio dengan mengunjungi link ini: https://codingstudio.id/kursus-powerpoint/