Di era digital ini tentunya anda pasti tidak asing lagi dengan istilah games, karena hampir semua orang pasti pernah bermain game apalagi sebuah game sangat mudah untuk dimainkan baik itu secara online. Penggunaan game ini memang banyak digunakan untuk menghibur diri disaat luang dan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Selain itu sudahkah anda mengetahui tentang games development? Mungkin beberapa dari anda ada yang cukup asing dengan istilah ini, games development adalah sebuah proses untuk mengembangkan video game. Yang mana games development ini melibatkan berbagai komponen dalam pengembangannya seperti perancangan konsep desain untuk game itu sendiri baik itu level desain, gameplay ataupun mekanisme game tersebut, dan juga pembuatan desain baik asset visual maupun audiovisual dari game itu. Setelah merealisasikan berbagai konsep serta desain yang telah dibuat dengan coding dan programming kemudian seorang game developer akan menyatukan berbagai komponen desain tersebut beserta dengan coding untuk menjadi sebuah prototype dan setelah itu dikembangkan menjadi video game melalui game engine. Untuk bisa menjadi games developer tentunya anda bisa membentuk suatu tim sehingga anda bisa bekerja bersama dengan tim yang tentunya akan membuat anda bekerja lebih efisien. 

Game Engine

Diantara sekian dari game development banyak menggunakan game engine dalam proses pengembangan game, hal ini dikarenakan dengan menggunakan game engine bisa lebih mudah dalam proses pembuatan game tersebut serta bisa memungkinkan bagi game development untuk bisa menggunakan lebih banyak fungsi. Pada game engine juga menangani rendering baik itu untuk grafik 2D maupun 3D, kemudian juga menangani fisika dan deteksi kebakaran, skrip serta suara dan masih banyak hal lainnya lagi. Beberapa game engine memiliki kurva pembelajaran yang bisa dikatakan sangat curam seperti pada Cry Engine dan Unreal Engine, namun dari beberapa tools ini sangat mudah untuk diakses bahkan jika itu diakses oleh pemula karena anda tidak perlu untuk menulis kode untuk bisa membuat atau mengembangkan game. Nah dengan begitu tentu akan sangat mudah bagi para pemula yang mungkin mengalami kesulitan dalam menulis kode karena tanpa menulis kode pun disini bisa untuk membuat serta mengembangkan sebuah game.

Di dalam game engine ini tentunya memiliki berbagai tipikal yang perlu anda ketahui, yang mana tipikal – tipikal tersebut antara lain:

  • Cry Engine
  • Unreal engine
  • Game maker
  • Construct 2 or 3
  • Unity game engine
  • Twine
  • Source
  • Frostbite
  • Buildbox

Tanggung Jawab Seorang Game Development

Untuk bekerja sebagai game development tentunya anda memiliki tanggung jawab atau peran yang harus anda lakukan. Tanggung jawab dan peran ini tentunya harus anda perhatikan agar anda bisa menjadi seorang game development yang baik. Beberapa tanggung jawab serta peran yang perlu anda ketahui sebagai game development adalah sebagai berikut:

  • Seperti yang anda ketahui bahwa game development merupakan seorang yang membuat dan mengembangkan sebuah game, oleh karena itu di profesi ini anda akan memiliki peran dan tanggung jawab untuk membuat sebuah game dengan menggunakan bahasa pemrograman yang nantinya pada saat berhasil mengembangkan sebuah game maka akan dipublikasikan. 
  • Untuk bekerja di profesi ini tentunya anda harus bisa merancang sebuah game yang menarik dan tentunya up to date yang sesuai dengan perkembangan yang ada. Merancang sebuah game ini tentunya anda juga harus menentukan alur, tipe hingga tampilan yang menarik dari game tersebut.
  • Untuk bekerja menjadi games development tentunya anda akan bekerja sama dengan tim yang mana setiap ide atau konsep tentunya telah dipikirkan oleh banyak orang dan harus telah disetujui oleh semua pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut. Selain itu juga anda harus mengarahkan game menjadi seperti yang telah disetujui dan diinginkan tersebut.
  • Anda juga harus membuat suatu source code yang mana memiliki fungsi penting pada saat pembuatan suatu game.
  • Untuk bisa menjadi game developer tentunya anda harus membuat game yang menarik dan mengikuti trend saat ini, untuk itu anda harus bisa membuat tampilan game yang menarik dan canggih serta bisa membuat bentuk dari suatu karakter yang akan digunakan pada game yang akan anda buat.
  • Membuat suatu game yang menarik tentunya harus menyisipkan fitur audio visual yang canggih sehingga bisa membuat pengguna tidak merasa membosankan. Oleh karena itu ada memiliki tanggung jawab untuk menyisipkan sound effect yang bisa membangun suasana pada game tersebut.

Pengetahuan Dan Keahlian Yang Harus Dimiliki

Untuk menjadi games development yang baik tentunya anda harus memiliki pengetahuan serta keahlian yang bisa anda dapatkan dengan terus belajar dan mengembangkan diri melalui pembelajaran di berbagai tempat kursus misalnya coding studio yang mana dengan belajar di sini anda bisa memiliki berbagai skill yang dibutuhkan pada saat anda menjadi seorang games development. Beberapa pengetahuan serta keahlian yang bisa anda dapatkan dari kursus game development adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan berpikir kreatif

Untuk bisa membuat dan mengembangkan sebuah game tentunya anda harus bisa mengikuti trend dan perkembangan zaman agar anda bisa membuat dan merancang game yang sesuai bagi keinginan pengguna, untuk itu anda harus memiliki kemampuan berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah dan merancang game dengan trend yang sesuai.

  • Memiliki kemampuan bekerja dengan tim

Bekerja menjadi games developer tentunya anda akan bekerja bersama tim, untuk itu anda harus bisa berkomunikasi secara baik dengan rekan kerja untuk bisa merancang game yang canggih. Dengan kemampuan bekerja bersama tim tentunya anda akan mudah untuk menyatukan ide dan konsep dari masing – masing tim tersebut.

  • Memiliki keterampilan desain

Membuat suatu game atau mengembangkan game tentunya anda harus memiliki keterampilan desain yang baik agar bisa mendesain dan merancang game menjadi lebih baik dan memiliki keunggulan daripada game – game yang sebelumnya.

  • Memiliki pemahaman coding dan menguasai bahasa programming

Untuk bisa membuat game tentunya anda harus bisa memahami serta menguasai coding dan juga bahasa programming, karena untuk membuat game tersebut anda harus menyatukan berbagai komponen desain beserta dengan coding yang mana nantinya akan dibuat menjadi sebuah prototype dan setelah itu baru akan dikembangkan menjadi video game. Nah untuk itulah maka anda harus benar – benar menguasai coding dan bahasa pemrograman sebelum nantinya bisa membuat game.

  • Menguasai bahasa asing

Anda juga harus mampu menguasai Bahasa asing yaitu Bahasa inggris, karena anda akan menemukan banyak istilah menggunakan Bahasa inggris, dan selain itu juga banyak buku atau media pembelajaran yang juga menggunakan Bahasa inggris. Sehingga apabila anda tidak bisa memahami Bahasa inggris tentunya anda bisa jadi akan mengalami kesulitan pada saat mengoperasikannya.