Pada era digital saat ini, teknologi sudah menjadi bagian yang sangat dibutuhkan di dalam setiap aspek di dalam kehidupan manusia. Karena pada hampir setiap hari anda pasti menggunakan aplikasi – aplikasi online dan juga media sosial yang mana untuk mempermudah anda dalam melakukan segala aktivitas anda. apakah anda tahu bahwa ada sesuatu system yang besar yang Bernama database? Yang mana database ini yang menyimpan semua yang berkaitan dengan data pribadi kita. apa itu database? Bagi beberapa orang mungkin sangat awam sekali saat mendengar kata database ini yang dimana kebanyakan menganggap suatu database hanyalah terbatas dan juga kumpulan informasi yang mana keamanannya perlu di backup. Padahal kenyataannya database ini adalah data yang dimana benar – benar yang sangat penting di dalam dunia sistem informasi yang dimana database ini berfungsi sebagai Gudang dari penyimpanan data yang dimana data tersebut dikelola sedemikian rupa. Data ini juga dikelola dengan menggunakan metode – metode tertentu yang mana nantinya data ini akan diolah lebih lanjut. Oleh karena itu, mari kita mulai mengenal database yang umum digunakan di masa sekarang.

Apa Itu Database?

Sebelum mengenal database dari segi teknikal, alangkah baiknya jika anda memahami pengertian database terlebih dahulu. Definisi dari database ini adalah sebagai kumpulan data yang dimana data yang disimpan secara sistematis yang ada di dalam komputer yang mana data tersebut bisa diolah dan juga bisa dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak (software) program dan juga aplikasi yang dimana agar mendapatkan informasi. Basis data yang didapatkan meliputi data spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga Batasan – Batasan yang ada pada data yang kemudian disimpan.

Secara singkat database ini mengacu pada kumpulan data yang saling terkait satu dan lainnya yang dimana jika dilihat dari tujuan dari database ini untuk digunakan dalam mengelola data secara lebih efektif dan juga lebih efisien. Cara kerja dari database ini adalah menggunakan suatu perangkat lunak yang dimana perangkat lunak ini berfungsi untuk memanggil query basis data yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna yang dinamakan dengan database management system. Hal ini bisa menjadi langkah selanjutnya bagi anda untuk mengenal database lebih jauh lagi.

Fungsi Database

Database sendiri memiliki fungsi dan juga spesifikasi yang berbeda – beda. Berikut beberapa dari fungsi database yang perlu anda ketahui:

  • Mengelompokkan semua data dan juga informasi agar mempermudah anda dalam proses identifikasi data. Database ini akan  menampilkan data yang sesuai dengan apa yang anda minta baik itu dari user tentang suatu informasi dengan proses yang sangat cepat yang dimana akan dibantu dengan bantuan software Database Management System (DBMS).
  • Mencegah berubah – ubah pada data dan juga duplikasi data. Database ini juga akan banyak memberikan notif secara langsung jika terjadi yang namanya duplikasi data. Duplikasi data yang ada di dalam database ini sangat sering  sekali terjadi dikarenakan banyaknya jumlah data yang harus diinput. Salah satu cara dalam mengatasi hal tersebut adalah menerapkan sistem kata kunci atau primary key kedalam data kita.
  • Menyederhanakan segala proses simpan menyimpan, mengakses, memperbaharui, dan juga menghapus data. Yang dimana hal ini sangat mempermudah admin dalam bekerja yang dimana admin akan sangat mudah dalam mengelola semua kegiatan yang dimana datanya sangatlah banyak.
  • Menjaga kualitas dari data dan juga informasi yang akan dimasukkan. Disinilah peran software dibutuhkan karena peran dari software adalah sangat penting terutama untuk mengkondisikan data agar tersimpan aman sampai data benar – benar dibutuhkan.
  • Membantu dari proses penyimpanan data yang dimana data tersebut memiliki kapasitas yang sangat besar. Yang dimana hal ini akan menjadi solusi terbaik dari penggunaan kertas sebagai media penyimpanan yang dianggap kurang efektif serta juga akan mengatasi masalah – masalah penyimpanan data konvensional yang dimana memerlukan ruang yang sangat besar dan juga memakan biaya yang besar pula. Dengan menggunakan database ini maka data yang akan disimpan secara digital.
  • Dapat meningkatkan kinerja dari aplikasi atau software yang dimana membutuhkan penyimpanan data. Suatu database juga akan dapat menjadi suatu alternatif terkait dengan masalah penyimpanan ruang di dalam suatu aplikasi.

Jenis Database

Di dalam sebuah database pada umumnya memiliki data yang dimana akan dipakai oleh pengguna dalam menyelesaikan kepentingan yang berbeda – beda. Dengan adanya hal yang seperti itu maka dalam pembagian dari database ini dikelompokan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsi dan juga kegunaannya masing – masing. Sebelum mempelajari query atau database management system, ketika anda hendak mengenal database, anda bisa mempertimbangkan jenis database seperti apa yang ingin anda jadikan fokus. Berikut adalah beberapa jenis – jenis dari database yang ada pada saat ini antara lain:

Operational Database

Operational database ini pada umumnya dikenal dengan sebutan database OLTP (On Line Transaction Processing) yang dimana anda bisa menyimpan data – data rinci dan juga detail yang mana akan mempermudah anda dalam melakukan akses. Jenis pada database ini sangat berguna sekali untuk mengelola data yang dinamis secara langsung yang mana memungkinkan para penggunanya dalam melakukan, melihat, dan juga melakukan modifikasi pada datanya.

Relational Database 

Jenis database yang satu ini adalah database yang paling popular dan juga banyak yang mulai mengenal database dari relational database ini, hal ini dikarenakan dengan anda menggunakan database ini maka anda akan dapat mengakses atau juga mencari informasi di dalam sebuah tabel yang mana tabel tersebut berbeda – beda. Query ini dapat dilakukan kepada beberapa tabel karena dari fungsi relasi yang ada pada database ini. pada umumnya system yang digunakan adalah Structured Query Language (SQL) yang dimana SQL ini sebagai Bahasa pemrograman untuk pemeliharaan basis data dan juga query.

Distributed Database

Sesuai dengan nama dari database ini, yang dimana database satu ini bisa mendistribusikan suatu data dengan cara tersebar dan juga tetap saling berkaitan tentunya. Database ini juga bisa diakses dengan cara bersamaan. Database ini pada umumnya digunakan pada Lembaga atau juga perusahaan yang terdiri dari beberapa cabang, yang dimana agar memudahkan pengguna untuk mengakses data dari tempat satu ke tempat yang lainnya.

External Database

External database ini mampu menyediakan akses ke bagian eksternal, data yang disimpan nantinya akan berguna sekali untuk keperluan komersial. Akses yang dilakukan database ini akan lebih mudah karena database ini diperuntukan bagi public dan juga lebih efisien tentunya karena anda tidak perlu mencari informasi dari internet.

Analytical Database

analytical database menyimpan data dan juga informasi yang diambil dari database eksternal dan juga operational database. Database ini terdiri dari data dan juga informasi yang dirangkum dan juga data ini paling dibutuhkan oleh sebuah organisasi manajemen dan End user lainnya. 

Database Warehouse

Database warehouse ini disebut dengan data warehouse (DW atau DWH) yang dimana system database ini kerap digunakan sebagai pelaporan dan juga analisis data. Database warehouse menjadi tempat penyimpanan dari repository sentral dari satu database dan juga bisa lebih. Database yang berada di warehouse ini akan diunggah dari sistem operasional yang ada seperti pada sistem pemasaran dan juga penjualan.

Dengan mengenal database ini banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan untuk membantu anda dalam melakukan pekerjaan anda. hal ini juga sangat penting bagi anda yang ingin menjadi seorang programmer yang dimana anda akan dihadapkan dengan database – database yang sudah dijelaskan seperti di atas tadi. Yang dimana jika anda menggunakan database ini dalam pekerjaan anda maka pekerjaan anda akan lebih terstruktur dengan baik.