Mengenal CRUD pada MySQL

Database merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan berbagai kegiatan saat ini. Sebagai salah satu komponen penting, database digunakan untuk menyimpan dan mengelola data. Data yang dimaksud berupa informasi terkait identitas, survei, hasil penelitian, dan lainnya.

Setelah sebelumnya kamu mengenal apa itu MySQL, kamu sudah selangkah lebih dekat dalam menjalankan CRUD pada database. CRUD adalah operasi khusus yang nantinya akan mengharuskan database untuk membuat, membaca, memperbarui, atau menghapus data. Apakah kamu penasaran bagaimana operasi-operasi ini dapat mempengaruhi database? Yuk, kenal lebih dalam dengan CRUD pada MySQL di bawah!

Siapkan Database Terlebih Dahulu

Pertama-tama, kamu harus punya konsep tabel database seperti apa yang kamu inginkan. Kamu dapat mulai dengan memikirkan sebuah tabel sederhana, seperti tabel absen, tabel transaksi, tabel to-do-list, dan lainnya. Jika kamu mengalami kesulitan dalam menentukan konsep tabel database, tenang saja! Kamu boleh kok mengambil contoh dari tabel yang ada di atas.

Nah, setelah kamu punya konsepnya, kamu sudah bisa membuat tabel database dengan statement MySQL. Agar tabel database dapat terbuat dengan baik, kamu dapat menggunakan statement berikut:

CREATE TABLE Nama_tabel (
     ID CHAR(5) PRIMARY KEY, ~> ID harus 5 karakter dan data utama.
     Nama VARCHAR(21), ~> Nama maksimal 21 karakter.
     Gender VARCHAR(10), ~> Kolom Gender maksimal 10 karakter.
     Usia INT, ~> Usia harus berupa angka bulat.
     Pekerjaan VARCHAR(21) ~> Pekerjaan maksimal 21 karakter.
);

Jika kamu sudah yakin dengan tabel database yang kamu buat, maka kamu sudah bisa melakukan CRUD data pada tabel database.

Buat Data dengan CREATE

Data yang berwarna ini adalah data baru.

Tabel database yang baru saja dibuat pastinya kosong. Agar kamu bisa memasukkan data baru, kamu dapat menggunakan operasi CREATE. Operasi tersebut dapat kamu akses melalui statement berikut:

INSERT INTO Nama_tabel
VALUES
(‘CS014’, ‘Maylina Robertson’, ‘Wanita’, 21, ‘Mahasiswa’); ~> data baru

Penggunaan operasi CREATE pada MySQL mudah bukan? Berdasarkan contoh di atas, apabila kamu ingin memasukkan data lebih dari satu baris secara langsung, kamu dapat menggunakan statement seperti berikut:

INSERT INTO Nama_tabel
VALUES
('CS015', 'Nama pertama', 'Wanita', 21, 'Mahasiswa'),
('CS016', 'Nama kedua', 'Pria', 17, 'Mahasiswa'),
('CS017', 'Nama ketiga', 'Wanita', 18, 'Mahasiswa');

Meskipun memasukkan data ke tabel terkesan sederhana, perlu kamu ingat bahwa data yang kamu masukkan harus sesuai dengan urutan kolom yang dimulai dari kiri.

Baca Data dengan READ

Apabila kamu sudah membuat sebuah perubahan pada tabel database dan ingin melihat hasil perubahan tersebut, kamu dapat menggunakan operasi READ. Operasi ini akan meminta database untuk menampilkan tabel database beserta datanya. Operasi tersebut dapat kamu akses melalui statement berikut:

SELECT
     *           ~> ‘ * ’ menandakan semua kolom pada tabel.
FROM Nama_tabel

Perbarui Data dengan UPDATE

Data yang berwarna ini adalah data yang telah diubah.

Ketika salah memasukkan data pada tabel database, kamu tidak perlu membuat database yang baru. Sama seperti aplikasi dokumen pada umumnya, kamu bisa memperbarui data yang salah, lho! Kamu cukup menggunakan operasi UPDATE dan MySQL akan memperbarui data. Operasi tersebut dapat kamu akses melalui statement berikut:

UPDATE Nama_tabel
SET Usia = 25, Pekerjaan = ‘Karyawan Swasta' ~> Menentukan kolom dan data baru.
WHERE ID = 'CS004'; ~> Kondisi untuk menentukan data yang akan diperbarui.

Penggunaan WHERE dan data ID sebagai kondisi pada statement di atas sangatlah penting. Apabila tidak ada penggunaan WHERE dan data ID, MySQL akan menganggap bahwa kamu ingin memperbarui semua data. 

Hapus Data dengan DELETE

Apakah kamu ingin menghapus data? Jika kamu ingin, maka kamu dapat menggunakan operasi DELETE. Operasi tersebut dapat kamu akses melalui statement berikut:

DELETE FROM Nama_tabel
WHERE Usia = 20; ~> Kondisi untuk menentukan data yang akan dihapus.

Nah, itulah apa saja yang harus kamu kenali tentang CRUD pada MySQL. Sebenarnya masih banyak hal yang dapat kamu lakukan di MySQL, lho! Apabila kamu tertarik untuk mengenal lebih dalam dengan MySQL, jangan lupa untuk selalu update dengan blog Coding Studio ya!