Perkembangan industri yang terjadi pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali. Yang dimana dengan perkembangan industri yang sangat pesat maka coding adalah salah satu skill yang dimana skill coding ini sangat dibutuhkan sekali oleh perusahaan – perusahaan yang ada saat ini. dengan begitu maka tak perlu heran lagi kenapa pada saat ini banyak sekali sekolah – sekolah yang mana sekolah tersebut mengajarkan tentang seluk dan beluknya mengenai coding ini dan juga memberitahukan dari manfaat – manfaat dari mengenal coding tersebut.

Orang yang memiliki kemampuan coding maka mereka biasanya disebut dengan orang programmer atau juga developer, yang dimana mereka bekerja dengan cara Menyusun rentetan – rentetan kode yang ada yang dimana istilah tersebut disebut dengan namanya pemrograman. Susunan 0- susunan kode yang ada akan disusun dengan baik maka dari kode tersebut dapat menjadi sebuah program yang dimana program tersebut adalah software.

Mengenal Coding

sama seperti dengan manusia, komputer anda juga memiliki cara untuk melakukan komunikasi. Namun Bahasa yang digunakan oleh sebuah komputer bukanlah Bahasa yang sama seperti manusia, Bahasa yang digunakan oleh komputer untuk melakukan komunikasi disebut juga dengan Bahasa yang berbentuk kode atau juga Bahasa mesin. Struktur Bahasa yang ada pada komputer juga sangat sederhana yang mana Bahasa pada komputer hanya memiliki dua angka saja yaitu angka 0 dan juga angka 1. Angka tersebut biasanya disebut dengan angka biner.

Anda bisa saja memberikan instruksi kepada komputer anda dengan menggunakan Bahasa mesin. Tetapi memang dalam memberikan instruksi tersebut harus membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebagai solusi dari kekurangan tersebut maka terbentuklah yang namanya Bahasa pemrograman yang mana bisa memberikan sarana untuk melakukan komunikasi dengan komputer anda, yang dimana anda dalam melakukan komunikasi dengan komputer anda menjadi lebih mudah.

Bahasa yang digunakan oleh programmer dalam menggunakan komunikasi kepada komputer adalah coding. Tanpa adanya bantuan coding maka programmer tentunya sangat sulit sekali bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Na bagaimana apakah anda tertarik dengan namanya coding ini? tenang bagi anda ingin mengenal coding secara lebih mendalam? Namun anda masih ragu dan takut untuk belajar tenang karena ada Coding Studio yang bisa membantu anda dalam belajar mengenai coding ini. anda bisa mengunjungi website dari Coding Studio untuk melakukan pendaftaran untuk kursus ilmu coding, yang dimana di dalam website dari Coding Studio banyak sekali yang mendaftar karena materi yang diberikannya sangat bagus sertta juga dari coding studio memberikan soal – soal berupa kasus yang bisa anda lakukan untuk Latihan coding anda. sangat banyak sekali bukan kemudahan yang diberikan oleh coding studio ini buat anda jadi tunggu apalagi segera daftar kursus di Coding Studio pada link berikut ini https://codingstudio.id/. Setelah anda selesai kursus di Coding Studio ini maka anda dijamin kamu akan handal dengan menggunakan coding ini.

Bahasa Pemrograman

Jika anda betul-betul ingin mengenal coding, maka anda juga perlu berkenalan dengan bahasa pemrograman. Pada saat ini anda banyak sekali menemukan Bahasa pemrograman yang tersedia dan juga dalam berbagai jenis Bahasa pemrograman. Pada saat ini Bahasa pemrograman yang sangat banyak sekali digunakan adalah Bahasa pemrograman seperti C++, Python, Java, Rubby, dan lain – lain. Setiap Bahasa pemrograman tentunya memiliki aturan penulisan sendiri – sendiri dan juga tentunya sangat berbeda – beda. Hal ini pada umumnya disebut dengan nama sintaks.

Hal yang paling penting yang harus anda perhatikan dalam melakukan Bahasa pemrograman adalah terkait sintaks itu sendiri karena setiap dari Bahasa pemrograman yang ada maka Bahasa tersebut memiliki aturan – aturan dalam penulisan kode didalamnya. Ketika terjadi kesalahan dalam penulisan kode maka kode tersebut tidak bisa dibuka.

Apakah Coding Sulit?

Banyak sekali yang menganggap bahwa melakukan coding itu sangatlah sulit, namun pada kenyataannya coding adalah aktivitas yang dimana aktivitas tersebut cukup mudah. Anda bisa belajar mengenai coding ini dengan mengikuti kursus dan juga belajar secara otodidak. Selain itu juga anda dapat secara bebas untuk melakukan coding dengan berbagai Bahasa pemrograman yang ada. Kemudahan dalam belajar coding ini juga tentunya ditunjang dengan banyaknya sumber – sumber yang sudah tersedia yang bisa anda manfaatkan dalam belajar coding ini.

Anda juga dapat membeli buku yang dimana buku tersebut tentang coding dan juga Bahasa pemrograman yang ada di jual di pasaran saat ini, atau juga anda dapat mencari sumber bahan bacaan anda mengenai coding ini pada website – website yang tersedia di platform saat ini yang dimana pada saat ini banyak sekali yang membuka jasa kursus untuk mempelajari coding ini, seperti Coding Studio yang dimana pada website membuka jasa kursus bagi anda yang ingin memperdalam tentang ilmu coding.

Agar proses pembelajaran anda mengenai coding ini semakin baik dan juga lancer, maka anda sangat perlu mengetahui jenis – jenis Bahasa pemrograman yang ada dan juga tepat untuk anda. berikut beberapa Bahasa pemrograman yang bagus untuk anda pelajari.

  1. Python

Python adalah Bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam banyak hal, yang dimana Bahasa pemrograman ini banyak sekali digunakan pada semua sistem operasi pada komputer modern saat ini. anda juga bisa menggunakan python ini untuk memproses text, angka, gambar, dan juga berbagai data yang anda simpan pada komputer anda. 

Python ini juga Bahasa yang perlu diterjemahkan. Karena Bahasa pemrograman seperti python ini tidak dikonversi ke kode yang bisa dibaca komputer sebelum program pada komputer tersebut dijalankan. Bahasa seperti ini juga sering disebut dengan istilah Bahasa scripting.

  1. Rubby

Ruby adalah Bahasa pemrograman yang paling banyak disukai. Hal ini dikarenakan Bahasa pemrograman ruby ini dirancang agar ramah dan juga mudah digunakan oleh developer. Ruby ini juga tergolong Bahasa pemrograman high level yang mana bertujuan untuk mencapai banyak hal dengan beberapa baris kode yang bersin dan juga tentunya mudah untuk dibaca. Kode ruby ini juga ditulis dengan menggunakan Bahasa inggris.

  1. Java 

Bahasa pemrograman java ini juga tergolong sangat popular dikarenakan hampir 90% dari perusahaan – perusahaan menggunakan Bahasa pemrograman ini. Bahasa pemrograman java ini juga memiliki Java Virtual Machine (JVM) yang sangat kuat, sehingga membuat Bahasa pemrograman yang satu ini banyak sekali disukai.

  1. C++

Bahasa pemrograman ini pertama kali dibuat pada tahun 1985. Yang mana C++ ini juga Bahasa yang sangat efisien dan juga fleksibel. Bahasa ini masih tetap diminati karena dari performanya, yang mana reliabilitasnya dan juga berbagai konteks yang dapat anda gunakan. C++ ini juga banyak sekali digunakan oleh sistem – sistem yang besar seperti Microsoft, oracle, paypal, dan adobe yang mana membuat dan mengelola dari program – program mereka.

Meskipun sangat rumit C++ ini juga akan memberikan anda pemahaman yang lebih mendalam tentang cara kerja Bahasa pemrograman satu ini.