Membuat aplikasi dengan Python tentunya memiliki beberapa step dasar dalam memulainya. Namun, sebelum melangkah ke step pembuatannya terlebih dahulu marilah kita mengenal lebih dekat tentang bahasa yang satu ini.

Python sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mampu melakukan sebuah eksekusi yang multi guna secara langsung. Bahasa ini dapatlah kita pelajari dengan mudah, dengan cara semantik dinamis sebagai upaya untuk meningkatkan keterbacaan syntaxnya.

Python pada umumnya biasa digunakan oleh data Scientist, serta developer untuk mereka gunakan sebagai bahasa pemrograman. Hal ini karena kelebihan yang python miliki jika dibanding dengan bahasa yang lainnya. Seperti R yang pada umumnya biasa digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk menganalisis data oleh para Data Scientist atau yang biasa disebut dengan Analyst.

R secara spesifikasinya biasa digunakan pada sektor pekerjaan yang erat kaitannya dengan statistik serta analisis data. Sehingga memang tidak dianjurkan untuk membuat aplikasi, website, dan lain-lain yang masih tergolong memiliki macam yang sama. Sehingga dalam penggunaannya kita dianjurkan membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman berbasis Python ini.


Beberapa Ide Membuat Aplikasi dengan Python

Terdapat beberapa ide aplikasi yang bisa dibuat dengan menggunakan python. Jika Anda dapat menyelesaikannya dengan baik, maka akan meningkatkan kemampuan Anda. Selain itu juga, dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki dalam hal pemrograman. Simak 3 ide diantaranya sebagai berikut.


1. Kompilasi Konten Digital

Salah satu sumber informasi yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari adalah internet. Kini, internet telah dipercaya serta digunakan oleh jutaan umat manusia setiap harinya. 

Dengan adanya aplikasi maupun website, kita dapat dengan mudah menghemat waktu saat melakukan pencarian spesifik dengan topik pembahasan tertentu. Selain itu, dapat mengkompilasikan konten digital yang ada atau yang biasa disebut sebagai content aggregator.

Content aggregator sendiri merupakan sebuah alat yang dapat mengumpulkan ataupun memberikan sebuah informasi perihal salah satu topik dari kebanyakan situs web pada suatu tempat. 

Dalam pembuatannya, Anda dapat menggunakan requests library, Requests library ini berfungsi untuk menangani HTTP requests serta beautifulSoup yang berfungsi untuk mem-parsing dan atau mengekstrak informasi yang Anda perlukan, bersamaan dengan database yang berfungsi sebagai penyimpanan informasi yang telah terkumpul.


2. Aplikasi/Website Penyingkat URL atau URL Shortener

URL merupakan sumber utama pada navigasi, menuju ke sumber daya apapun pada internet. Baik dalam halaman web, ataupun sebuah file. Kadang-kadang dapat kita teumu beberapa URL sangat besar dengan memiliki karakter yang aneh.  

Membuat aplikasi dengan python dapat mempermudah penyingkatan URL dengan mengurangi karakter pada URL dan dapat membuatnya lebih mudah untuk kita ingat dan kita gunakan.

Dalam proses pembuatannya, Anda dapat menggunakan modul yang acak serta string yang dapat menghasilkan sebuah URL pendek baru yang berasal dari URL panjang yang Anda masukkan. Setelah itu masukkan URL panjang dan singkat serta simpan dalam database supaya pengguna dapat menggunakannya di masa yang akan datang.


3. Pemutar Musik (MP3 Player)

Membuat aplikasi dengan python salah satunya adalah pada pemutar musik atau yang disebut MP3 player. Sebagian besar orang tentu menyukai musik, bukan? Anda dapat membuatnya dengan interface dan beberapa kontrol dasar sebagai pemutaran, ataupun menampilkan sebuah informasi media yang terintegrasi semacam artis, panjang media, hingga nama album dan hal lainnya lagi.

Dengan python juga dapat membuat kita memiliki sebuah opsi untuk dapat menavigasi ke folder serta melakukan pencarian file mp3 untuk pemutar musik yang tengah kita buat. Membuat aplikasi dengan python agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan libraries semacam simple audio, pymedia, serta pygame.  


Cara Membuat Aplikasi dengan Python

Langkah pertama dalam melakukannya adalah pastikan Anda telah menginstal python dalam perangkat. Step selanjutnya, lakukan percobaan dengan mengeksekusi program python itu sendiri. Namun, ada baiknya untuk mengetahui lebih detail apa saja komponen yang dimiliki oleh python.


1. Sintaks

Python sintaks sendiri dapat Anda eksekusi secara langsung dengan cara mengetikkannya di Command Line. Selain itu, Anda pun dapat membuat filenya yang berada di dalam server dengan menggunakan ekstensi.py serta menjalankannya menggunakan Command Line.

>>>print (“Hello, World!”) Hello, World!

Juga bisa secara langsung menggunakan sebuah terminal atau CMD :

$ python filePython.py


2. Komentar

Sama halnya dengan bahasa pemrograman pada umumnya, membuat aplikasi dengan python juga memiliki kode untuk menjadikan sebuah barisan program dan menjadikannya komentar. Anda Pun dapat menggunakan tanda pagar “#” yang dapat menjadikannya sebagai baris kode di Python menjadi sebuah komentar.

Tanda # ini merupakan baris komentar di Python.print (Hello, World!”)


3. Python Indentation

Terdapat perbedaan dasar dari bahasa pemrograman ini dengan yang lain. Jika Anda menulisnya memakai bahasa Python, maka penempatan kalimat atau baris kode harus diperhatikan. 

Python, menggunakan sebuah identitas sebagai alat untuk mengindikasikan baris kode. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika baris kode dituliskan menjadi satu kolom ataupun pada satu tab yang sama, maka program akan error.


4. Variabel

Membuat aplikasi dengan python juga memiliki sebuah variabel. Variabel ini berguna untuk memproses penyimpanan serta bekerja menggunakan tipe sebuah data. Python sendiri memiliki sebuah standar pendeklarasian variabel. Yang berupa nama singkat, ataupun yang lebih mendeskripsikan seperti usia, nama, hingga alamat.


5. Booleans

Membuat aplikasi dengan python juga haruslah mengenal booleans. Kegunaannya pada python yakni untuk menyimpan sebuah tipe pada data, serta menyimpan bilangan dengan satu tipe data. Tipe tersebut hanyalah berupa “benar” ataupun “salah.” Mirip seperti saklar lampu yang memiliki dua pilihan saja.


6. Number

Dalam sebuah python number, terdapat tiga tipe numerik variabel pada python, yaitu int, float, serta complex. Ketiga tipe tersebut memiliki range yang berbeda-beda. Misalnya folat adalah angka yang mengandung satu atau lebih bilangan desimal. Sedangkan Complex merupakan bilangan kompleks yang biasanya ditulis dengan “J” sebagai bagian dari sebuah imajiner.


Kesimpulan

Mempelajari python dasar tergolong cukup mudah. Anda tidaklah perlu menghafal beberapa sintaks yang mungkin tidak familiar Anda dengar sehari-hari. Membuat aplikasi dengan python sangatlah memiliki bahasa pemrograman yang mudah dipahami sehingga mudah untuk kita pelajari.

Cara penulisannya pun ringkas, serta sangat mudah dibaca. Selain itu dengan kegunaan yang meluas pada berbagai bagian dalam proses pengembangan aplikasi ataupun perangkat lunak.

Dengan adanya artikel mempelajari tentang pembuatan aplikasi dengan Python dasar ini diharapkan dapat membantu. Tentu dalam memahami berbagai cara belajar menggunakan Python secara mudah.

Segera terapkan ilmunya, dengan bergabung bersama memilih sebuah platform pembelajaran secara online, seperti Coding Studio. Di sana Anda dapat lebih meningkatkan ilmu data, serta membangun portofolio data sebagai bahan persiapan membangun karir di Industrial data.

Anda juga dapat menikmati modul membuat aplikasi dengan Python secara gratis. Dengan pengalaman belajar yang mengasyikkan serta menyenangkan dengan segala pembelajaran yang aplikatif ada sebuah industri nyata.