Cloud security adalah sebuah perlindungan data yang disimpan secara online melalui layanan cloud. Perlindungan ini bertujuan untuk menghindari adanya pencurian, penghapusan hingga kebocoran data. Cloud security sangat penting bagi banyak pengguna yang mengkhawatirkan keamanan data yang mereka simpan pada layanan cloud. Mereka masih percaya bahwa data yang disimpan di server lokal mereka sendiri lebih aman. Padahal tingkat keamanan pada layanan cloud lebih tinggi, dikarenakan penyedia layanan cloud memiliki teknisi yang sudah ahli di bidangnya. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila menggunakan cloud security, berikut beberapa manfaatnya:

1. Perlindungan dari DDoS attack

manfaat-cloud-security
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Server atau database lokal adalah titik rentan terhadap serangan cyber. Salah satu serangan yang paling umum terjadi adalah DDoS attack. DDoS (Distributed Denial of Service) attack adalah serangan cyber yang terjadi akibat banjirnya jaringan internet oleh fake traffic pada server, sistem atau jaringan itu sendiri. Apabila menggunakan layanan cloud, hal tersebut bisa diatas. Layanan cloud menawarkan bandwidth dan kedalaman yang sangat besar untuk melindungi dari serangan DDoS. Dengan alat keamanan cloud yang dapat mengubah rute lalu lintas internet, menyediakan sumber daya cadangan. 

2. Real time

manfaat-cloud-security
Photo by insung yoon on Unsplash

KKeuntungan lainnya adalah ketersediaan dan support yang tinggi. Maksud dari hal tersebut adalah cloud security memiliki fitur untuk terus bekerja selama 24 jam. Bekerja dalam artian melakukan pemantauan langsung dan memberikan report. Fitur ini penting karena banyak perusahaan, asset perusahaan mereka berupa website atau aplikasi bisnis selalu aktif selama 24 jam. Dengan fitur tersebut, perusahaan dapat memastikan bahwa aplikasi atau website bisnis mereka selalu aktif 24 jam kapanpun user ingin mengaksesnya. Dikarenakan fitur inilah, maka banyak perusahaan berpindah ke layanan cloud dibandingkan traditional.

3. Cepat dalam melakukan deployment

manfaat-cloud-security
Photo by Pankaj Patel on Unsplash

Seperti kebanyakan layanan cloud lain, di mana apabila menggunakan layanannya, setelah diperoleh maka diaktifkan lalu memberi tahu mana yang harus dilindungi. Ini merupakan manfaat yang menguntungkan apabila menggunakan cloud security. Apabila dibandingkan dengan beberapa traditional security. Cloud security unggul jauh, dikarenakan traditional security masih mengharuskan memasang perangkat keras di jaringan dan alat keamanan. Serta traditional security memiliki aturan dan kebijakan yang rumit dirancang, diuji, dan diimplementasikan.

4. Sudah menerapkan AI

manfaat-cloud-security
Photo by Hitesh Choudhary on Unsplash

Banyak layanan cloud yang sudah menerapkan AI pada layanan mereka. Fungsi AI tersebut adalah untuk memantau peristiwa dan dapat melaporkan aktivitas yang tidak normal. Penggunaan AI ini sendiri lebih cepat dibandingkan dengan layanan tradisional yang masih membutuhkan banyak hal seperti patch rutin, pembaruan firmware, dll. Dengan layanan cloud, semua pembaruan terjadi secara langsung dan instan. Fitur ini sangat penting, dikarenakan apabila pembaruan dilakukan sesekali saja. Dapat menyebabkan pemadaman di miliaran instans operasional.

5. Mengurangi biaya operasional

manfaat-cloud-security
Photo by freepik on freepik

Di luar kemudahan aksesibilitas dan keamanannya, manfaat utama dari cloud security adalah pemotongan biaya. Biaya yang dipangkas adalah biaya untuk perangkat keras khusus, aplikasi dan staf untuk menjalankannya. Sementara banyak alat keamanan di lokasi yang rentan terhadap kegagalan serta serangan. Pengguna cloud pastinya tidak akan mentolerir apabila terjadi penyerangan tersebut. Dengan dashboard dan alat peringatan, beban kerja tenaga IT profesional juga dapat berkurang. Sehingga, memungkinkan mereka untuk fokus pada masalah operasional saja.

Itu dia 5 manfaat cloud security yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui beberapa manfaat cloud security. Mulai dari sekarang, kamu bisa mempertimbangkan untuk berpindah ke layanan cloud. Apakah kamu tertarik dengan topik ini? Jika ya, ikuti terus blog Coding Studio untuk mendapatkan pengetahuan seputar dunia cyber security