pentingnya-business-intelligence

Langkah Awal dalam Mempelajari Programming

Teknologi berkembang dengan sangat pesat dan canggih saat ini. Setiap tahunnya ada banyak sekali teknologi baru yang dapat masyarakat nikmati dengan mudah dan nyaman. Perkembangan teknologi ini membuat bidang teknologi menjadi bidang yang sangat digemari oleh anak muda karena keren dan memiliki peluang yang sangat besar untuk berkarir. Nah, tapi, tentunya jika kamu ingin berkarir di bidang teknologi, programming adalah hal yang perlu kamu ketahui!

Programming adalah salah satu bidang yang banyak digemari anak muda yang memang menyukai computer, software dan lain sebagainya. Meskipun terkenal sebagai bidang yang sulit, namun bukan berarti bidang ini mustahil untuk dikuasai. Bahkan ada banyak programmer yang belajar secara otodidak yang kemudian menjadi programmer yang sangat handal.

Survey juga menunjukkan bahwa ada lebih dari 60% dari lebih dari 50 ribu programmer yang bisa menguasai Bahasa pemrograman secara otodidak atau belajar mandiri. Bidang pemrograman ini saat ini dan bahkan di masa depan akan sangat dibutuhkan di berbagai bidang mulai dari bidang teknologi, bisnis, Kesehatan, dan lain sebagainya.

Mengingat teknologi yang pastinya akan terus berkembang, programmer akan selalu dibutuhkan kedepannya. Bahkan peran programmer akan sangat penting untuk kemajuan teknologi kedepannya. Untuk itu, jika kamu ingin mempelajari pemrograman secara mandiri, tidak ada kata tidak mungkin selama kamu melakukannya dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Memahami Pengertian Programming

Sebelum kamu memutuskan untuk mempelajari pemrograman secara, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu pengertian dari programming. Dengan memahami pengertiannya kamu akan mendapat gambaran kasar tentang apa saja yang kira-kira akan kamu pelajari dan kerjakan nantinya.

Pemrograman sendiri adalah aktivitas proses membuat berbagai program di computer dengan cara membuat code, menulis, memperbaiki code yang kurang sesuai, dan pengujian program berkali-kali. Penulisan kode harus ditulis dengan Bahasa pemrograman yang terdiri dari banyak jenis. Kode-kode yang dibuat berisikan perintah-perintah khusus pada software yang ada di computer.

Itulah mengapa programmer harus dapat memahami logaritma, matematika, logika, dan pengetahuan lainnya yang akan sangat membantu dalam proses pemrograman. Bukan hanya mengharuskanmu belajar pemrograman itu sendiri, kamu juga harus siap mempelajari banyak hal lainnya yang tentu saja akan sangat membantumu dalam proses pembuatan program di computer.

Tahapan Proses Belajar Menjadi Seorang Programmer

Seperti tahapan belajar pada umumnya, menjadi seorang programmer tentu saja membutuhkan tahapan yang harus dilakukan secara tekun. Setiap calon programmer tentu saja memiliki tahapan yang berbeda, namun secara umum kamu akan mempelajari hal-hal di bawah ini.

1. Algoritma Dasar

Algoritma sangat dibutuhkan dalam pemrograman karena Sebagian besar proses pembuatan program di computer menggunakan algoritma. Sebelum menuju ke Bahasa pemrograman, kamu harus lebih dulu setidaknya dapat menguasai algoritma dasar. Algoritma akan digunakan untuk memecahkan masalah pada coding Ketika menciptakan kode-kode unik pada saat pemrograman berlangsung.

Teknologi informasi yang sudah berkembang dengan sangat pesat seperti saat ini akan sangat membantumu dalam melakukan banyak hal, termasuk dalam belajar. Ada banyak sekali penjelasan sederhana mengenai algoritma dasar di internet. Namun akan lebih baik jika kamu juga belajar algoritma melalui buku. Perpaduan informasi di internet dan buku dapat kamu lakukan sebagai pembelajaran mandiri atau otodidak.

2. Bahasa Inggris

Pembelajaran lainnya yang tak kalah penting adalah memahami Bahasa Inggris. Meskipun terlihat tidak berkaitan langsung dengan bidang pemrograman, namun kamu akan menemukan sedikit banyak istilah-istilah dan penjelasan tentang pemrograman dalam Bahasa Inggris. Mayoritas istilah dalam pemrograman berasal dari Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa internasional.

Selain itu banyak sekali penjelasan secara mendetail dan akurat mengenai pemrograman yang dijelaskan dengan Bahasa Inggris entah itu di artikel, buku, maupun video di Youtube. Itulah mengapa dengan setidaknya bisa memahami Bahasa Inggris, kamu akan dapat lebih mudah memahami materi yang akan kamu pelajari.

Jika kamu memang belum bisa memahami Bahasa inggris dengan mahir, kamu bisa mempelajarinya dengan tekun. Memahami Bahasa Inggris secara pasif juga akan sangat membantu proses belajar pemrograman yang sedang kamu jalani.

  • Pilih Bahasa Pemrograman

Belajar Bahasa pemrograman sebaiknya fokus pada hal yang ingin kamu pelajari saja. Kamu tahu bahwa ada banyak jenis dan macam Bahasa pemrograman. Jika kamu mempelajarinya sekaligus, ditakutkan kamu menjadi kurang focus dan kurang menguasai masing-masing Bahasa pemrograman tersebut.

Kita semua tahu bahwa mempelajari coding dalam programming tidaklah mudah dan cenderung sangat rumit. Oleh karena itu, jika kamu lebih tertarik pada salah satu hal, contohnya program website, maka fokuskan dulu pikiranmu untuk mempelajari Bahasa pemrograman pada PHP, HTML, ataupun NodeJS.

Contoh lainnya, jika kamu lebih tertarik pada program versi desktop, kamu bisa mempelajari Bahasa program seperti Delphi, Java, dan lainnya. Jika kamu memaksakan untuk mempelajari semuanya sekaligus, hasil yang akan kamu dapatkan kurang maksimal. Bisa saja malah kamu menyerah sebelum bisa menguasai salah satu Bahasa program yang seharusnya sudah bisa kamu kuasai.

Beberapa Jenis Pemrograman

Ada beberapa jenis program di computer yang sangat popular beberapa tahun belakangan ini dan yang akan datang. Pemrograman ini dibedakan sesuai dengan fungsinya. Simak penjelasan singkat di bawah ini.

1. Web development program

Seperti Namanya, web programming ini berfokus pada perancangan dan pengembangan website. Web developer akan bertanggung jawab pada semua kelancaran sebuah web Ketika dibuka dan bagaimana tampilan web tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan web development program ini semakin kompleks sehingga membutuhkan beberapa specialist yang berbeda. Specialist tersebut termasuk WordPress Developer, Front End Web Developer, Full Stack Web Developer, dan lain sebagainya.

2. Application development program

Program ini berfokus pada perancangan aplikasi yang biasanya diaplikasikan pada smartphone dan gadget. Mobile apps ini berkembang dengan sangat cepat mengingat masyarakat saat ini sangat bergantung pada kemudahan teknologi yang salah satunya didapat dari berbagai jenis aplikasi.

Menjadi seorang mobile application developer harus kreatif dan pandai beradaptasi karena trend dan kebutuhan masyarakat sangat cepat berubah. Kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks juga menjadi tantangan tersendiri bagi mobile apps developer untuk dapat memenuhinya.

3. Game development program

Dunia game berkembang dengan sangat pesat beberapa tahun terakhir ini dan menjadi sangat advance sekarang. Game tersaji dengan tampilan, cerita, karakter, dan petualangan yang semakin seru sehingga banyak orang yang tertarik untuk bermain game. Game bahkan dijadikan sebagai ajang kompetisi dunia yang sangat bergengsi.

Menciptakan game yang akan disukai dan dimainkan oleh banyak orang adalah tanggung jawab game developer. Tidak hanya berfokus pada proses programming pada game, seorang game developer juga akan bekerja sama dengan banyak pihak seperti penulis cerita, animator, pembuat music, dan lain sebagainya.

Untuk dapat meningkatkan kemampuanmu dalam pemrograman, mengikuti les atau kursus akan sangat membantumu. Ada banyak sekali course yang gratis maupun berbayar yang bisa kamu ikuti secara fleksibel karena dilakukan secara online. beberapa website online yang bisa kamu gunakan untuk belajar pemrograman secara gratis adalah BitDegree, Code Academy, dan Coursera. Kamu juga bisa mulai belajar dari kursus game development Coding Studio, apabila mencari kursus dengan bahasa Indonesia untuk pemula.