Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman yang Tepat

Menguasai sebuah bahasa pemrograman merupakan sebuah skill yang penting di era digital seperti sekarang. Akan tetapi, jangan sampai kamu asal pilih bahasa pemrograman hanya karena bahasa tersebut sedang populer. Jika kamu ingin menjadi sebuah developer yang handal, kamu harus mulai dengan membuat sebuah roadmap, serta mulai mempelajari konsep dasar terlebih dahulu. Berikut adalah langkah awal bagi kamu yang ingin mulai belajar bahasa pemrograman!

Memilih Bahasa Pemrograman

belajar coding
Photo by Go With Code

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih bahasa yang ingin dipelajari. Pastikan bahasa tersebut sesuai dengan roadmap yang telah kamu buat. Jika ini pertama kalinya kamu belajar programming, mulailah dengan Python. Python memiliki bahasa yang simpel dan mirip dengan bahasa Inggris sehingga bahasa ini sangat cocok bagi pemula. Tidak hanya itu, untuk kamu yang tertarik dengan data science, Python dan R merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari. Jika tujuan akhir kamu adalah untuk menjadi seorang mobile app developer, maka pelajarilah bahasa Java atau Kotlin. Akan tetapi, jika kamu ingin menjadi seorang web developer, mulailah dengan JavaScript.

Fokus dengan Hal Dasar Terlebih Dahulu

belajar bahasa pemrograman
Sumber: Codingem

Seorang programmer handal harus memiliki fundamental yang kuat. Mempelajari dasar pemrograman dengan memecahkan masalah merupakan salah satu cara yang paling efektif. Berikut adalah beberapa fundamental yang harus kamu kuasai terlebih dahulu:

  • Tipe Data dan Variable
  • If statement
  • Looping
  • Array atau List
  • Function
  • Class dan Object

Terlebih dari itu, pastikan kamu belajar dengan konsisten. Jangan sampai kamu belajar terlalu banyak dan malah mengambil istirahat berminggu-minggu. Akan jauh lebih baik jika kamu belajar beberapa jam saja setiap hari. Hal ini tidak hanya membuat kamu mudah mengingat materi sebelumnya, tetapi juga membangun kebiasaan yang baik buat kamu untuk tetap produktif setiap hari.

Carilah Website yang Cocok

belajar bahasa pemrograman
Photo by CodingStudio

Setelah kamu menentukan bahasa yang kamu ingin pelajari, mungkin kamu bingung ke mana kamu harus mempelajari bahasa tersebut. Untuk itu carilah website yang cocok untuk menemani kamu belajar. Usahakan untuk mencari website yang dapat memberikan kamu sertifikat di akhir pembelajaran untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar sudah menguasai bahasa tersebut. Jika bingung, Coding Studio menyediakan kursus programming yang interaktif dan lengkap dengan video learning. Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar sambil membuat project kamu sendiri yang membawa kita ke poin berikutnya.

Buatlah Project Pertama Kamu

belajar bahasa pemrograman

Photo by AbelTesyafe on GitHub

Mengerjakan sebuah project, baik itu besar maupun kecil, merupakan cara terbaik untuk menganalisis apa saja yang telah kamu pelajari. Dengan ini kamu bisa langsung mempraktikkan hal yang kamu pelajari secara langsung dengan hasil yang bisa kamu gunakan atau orang lain gunakan. Sebagai tambahan, selagi kamu membuat project, jangan lupa untuk menambahkan project tersebut dalam akun GitHub kamu. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika kamu ingin mencari pekerjaan ke depannya.

Programnya Kok Nggak Jalan!?

Photo by June Spring Multimedia on Pinterest

Di tengah perjalanan menguasai sebuah bahasa pemrograman, kemungkinan akan ada waktu ketika code kamu tidak jalan dan kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan error tersebut. Jangan khawatir, hal ini sudah biasa terjadi, bahkan programmer yang jago sekalipun masih sering menemukan error. Dalam hal ini Google adalah sahabat nomor satu kamu. Copy error yang kamu temukan, search di Google, dan kemungkinan besar solusi dari permasalahan tersebut akan muncul. Selain itu, website seperti StackOverflow dan Quora juga dapat kamu gunakan, situs tersebut merupakan tempat di mana para developer berkumpul dan mendiskusikan error yang mereka temukan.

Gimana? Apakah kamu sudah siap untuk belajar bahasa pemrograman pertama kamu? Buat kamu yang sudah siap, langsung saja check kursus yang tersedia di Kodio! Jika kamu tertarik dengan konten-konten seperti ini, jangan lupa juga untuk terus mengikuti blog Coding Studio!