Pernahkah kamu berpikir untuk membangun bisnis sendiri? Jika pernah, fakta yang harus diketahui adalah membangun bisnis dari awal bukanlah perkara mudah. Ada banyak persiapan yang harus dijalani, belum lagi rintangan yang akan datang seiring berjalannya waktu. Salah satu hal yang perlu kamu pikirkan secara matang adalah penjualan dari produk yang ditawarkan. Ada banyak jalan dalam melakukan penjualan dari suatu produk, baik itu marketing secara fisik maupun digital. Saat ini, teknologi juga sudah semakin berkembang, bisnis yang ada mulai beralih ke marketing secara digital. Oleh karena itu, penting bagi suatu bisnis memahami konsep digital marketing untuk dapat mengembangkan bisnis. Di mana, penerapannya akan berguna dalam meningkatkan penjualan produk yang ingin masuk ke pasar online. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren dalam bisnis juga semakin banyak dan salah satunya adalah tren digital marketing.

Sepenting apa digital marketing diterapkan dalam bisnis?

Digital marketing adalah berbagai kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital. Di mana, hal ini akan berguna bagi bisnis yang terjun secara online, misalnya mempunyai website, akun marketplace, atau media sosial. Semua hal tersebut akan dioptimalkan apabila menerapkan konsep digital marketing. Tanpa hal tersebut, digital marketing tidak mampu mencapai tujuan pemasaran yang sebenarnya, yaitu untuk meningkatkan penjualan atau pengguna jasa yang ditawarkan.

Dalam hal ini, digital marketing memiliki 5 konsep yang membantu bisnismu. Berikut penjelasannya!

1. Menjangkau pelanggan secara online

konsep-digital-marketing
Photo by Melanie Deziel on Unsplash

Saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktu menggunakan internet untuk melakukan kegiatannya, terutama di masa pandemi. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya orang yang online setiap hari, di mana satu post yang diunggah di internet saja bisa diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Nah, orang-orang tersebutlah yang berpotensi untuk menjadi pelanggan dari bisnismu.

Untuk mendapatkan perhatian pelanggan, dapat dilakukan dengan memanfaatkan media online, seperti media sosial, website, e-mail, dan sejenisnya. Jika kamu mulai memperluas jangkauan bisnis secara online, dari mana pun bisnis dijalankan, akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara luas. Oleh karena itu, dengan menggunakan digital marketing, bisnismu dapat menjangkau orang-orang tersebut.

2. Menjual produk atau jasa secara online

konsep-digital-marketing
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan bisnismu secara online tentunya dibutuhkan di era digital ini agar bisa bersaing dipasaran. Hal ini dikarenakan tren jual beli online yang semakin populer, sehingga orang-orang hanya perlu memesan di rumah tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu. Hal ini juga dibuktikan oleh pengguna marketplace online dari Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, seperti yang disampaikan sebelumnya, digital marketing akan mengoptimalkan website atau aplikasi yang dimiliki oleh suatu bisnis. Sehingga, tujuan pemasaran yang sebenarnya dapat tercapai, yaitu menjual produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnismu.

3. Memahami apa yang disukai pelanggan

konsep-digital-marketing
Photo by Scott Graham on Unsplash

Ketika membangun suatu bisnis, kamu harus mengetahui kebutuhan target pasar yang akan selalu berubah. Sehingga, penting bagi pemilik bisnis atau karyawannya rajin melakukan riset. Tujuannya adalah agar kamu bisa memahami kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan, serta untuk mengetahui tren yang sedang disukai oleh pasar saat ini. Dengan begitu, kamu jadi mempunyai bekal untuk menentukan arah bisnis ke depannya.

Dengan menggunakan digital marketing, bisnismu akan lebih mengetahui apa yang disukai pelanggan. Digital marketing dapat melakukan analisis tingkah laku pelanggan, iklan mana yang sering mereka buka, dan menghasilkan lebih banyak pengguna produk.

4. Memperbanyak pelanggan dengan iklan

konsep-digital-marketing
Photo by Will Francis on Unsplash

Dengan menggunakan iklan, produk atau jasa yang kamu tawarkan akan semakin banyak dikenal orang dan tentunya menghasilkan lebih banyak penjualan. Saat ini, industri iklan sudah menjadi populer karena banyaknya penawaran yang ada. Hal ini menyebabkan kompetisi antar-bisnis juga meningkat dan membuat setiap bisnis harus memahami dan mempelajari teknik iklan baru.

Oleh karena itu, melalui digital marketing, kamu dapat menjangkau audience iklan yang sesuai dengan target pasar, artinya iklan hanya tampil pada orang yang tepat. Misalnya, orang yang mencari produk fashion akan melihat iklan serupa.

5. Memperkuat penjualan melalui analisis pemasaran

konsep-digital-marketing
Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Pada digital marketing, analisis pemasaran sangatlah memengaruhi performa iklan yang dibuat. Ada banyak metode dan tools riset yang dapat digunakan seperti melihat tren pasar menggunakan Google Trends, analisis data penjualan online, dan lain-lain. Apabila bisnismu berbasis website, kamu juga bisa menggunakan Google Analytics agar membantu strategi digital marketing. Namun, pada dasarnya untuk memahami Google Analytics terbilang cukup rumit pada awalnya. Jika kamu menguasainya, maka hal tersebut dapat membantu bisnis dalam memahami pelanggan dan memperkuat strategi pemasaran. Google analytics adalah salah satu tools yang dapat memberikan insights kepada bisnis terkait seluruh kegiatan dan interaksi user.

Nah, untuk pemahaman lebih dalam terkait digital marketing, bisa banget nih, untuk ikut kursus online yang disediakan oleh Coding Studio. Selain menambah ilmu, tentunya dapat membantu kamu yang ingin meningkatkan pemasaran bisnis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi Website Coding Studio. Jangan sampai ketinggalan ilmunya, ya!