Kepanjangan GUI adalah Graphical User Interface untuk dunia komputer. Pada komputer terdapat GUI atau antarmuka penggunanya secara grafis. Istilah tersebut bukan hal yang lumrah pada saat awal munculnya komputer.

Namun setelah komputer generasi keempat mulai tercipta. Muncul televisi berwarna dan evolusi pada perangkat penampil gambar. Hal itu yang membuat komputer mulai memperoleh adanya sistem baru.

Pengertian GUI  

GUI yang merupakan suatu media virtual ini dapat membuat penggunanya untuk memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik adanya perintah. Namun menggunakan gambar yang tersedia.

Pengguna tidak perlu mengetikkan perintah, seperti halnya komputer dengan shell atau teks. Dengan GUI, perintahnya dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitornya. Ikon di layar monitor diklik untuk menjalankan fungsinya.

Sebagai halnya, adanya ikon dengan bentuk huruf W. Ikon tersebut untuk menjalankan Microsoft Word. Sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media pengetikan. Anda juga pasti sering melihat tombol di pojok kiri bawah. Tombol bertuliskan Start atau logo Windows tersebut. Segala sesuatu yang terlihat pada komputer anda saat ini merupakan GUI.

Sejarah Mengenai GUI

Pada awal penciptaannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah. Perintah tersebut diketik pada layar monitornya menggunakan keyboard. Hal ini berlaku pada semua program atau perintah-perintah. Tentunya yang berhubungan dengan sistem informasinya.

Hal tersebut sepertinya tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menjalankannya. Sehingga para ahli terdorong untuk dapat menciptakan segala sesuatunya, namun yang dapat digunakan oleh kebanyakan orang. Dengan cara yang praktis dan lebih mudah mengingatnya.

Pada akhirnya, terciptalah dengan GUI atau Graphical User Interface. Kepanjangan dari GUI ini merupakan seperangkat aplikasi untuk menampilkan semua menunya. Selain itu, juga ikon dan alat penunjuk yang lainnya. Hal itu menggantikan perintah ketik di shell.

Hal tersebut menjadikan penggunaan komputer lebih mudah. Menjalankan sebuah perangkat dibandingkan mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu.

Hal tersebut didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat suatu gambar daripada tulisan. GUI pertama kalinya, digunakan pada komputer produksi dari Apple. Seperti halnya Macintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun pada saat ini sistem operasi lainnya juga mengikutinya. Seperti halnya Microsoft dengan GUI Windows. Kini yang menjadi trendsetter penggunaan start menunya dan taskbar di bawah.

GUI Kini Ada Dimana-Mana

Tidak hanya pada komputer, penggunaan dari kepanjangan GUI juga sudah banyak. Untuk beberapa jenis usaha yang spesifik,  seperti halnya ATM milik bank. Meskipun dengan basis teks, namun sudah seperti semi GUI.

Hal itu karena penggunanya tidak perlu mengetikkan perintah. Pada saat akan melakukan transfer uang. Anda hanya perlu menekan tombol sejajar dengan menu yang tersedia. Saat ini mesin ATM bank juga banyak yang melengkapinya dengan layar sentuh.


Baca Juga: Apa Beda Hosting dan Domain?


Pentingnya Penggunaan GUI

GUI adalah salah satu hal umum dan bahkan dibutuhkan saat ini. Namun sebenarnya suatu komputer benar-benar membutuhkan GUI atau tidak. Apabila komputer tersebut digunakan oleh orang awam, maka akan membutuhkan GUI.

GUI juga sebuah alat yang digunakan untuk menyederhanakan penggunaan fungsinya. Penggunaan komputer saat ini terkesan sangat mudah. Hal itu karena komputer untuk keperluan komersial tidak akan berguna apabila tidak terdapat GUI. 

Komputer merupakan sebuah alat yang penggunaannya untuk memudahkan pekerjaan manusia. Apabila komputer yang anda miliki fungsi-fungsinya perlu mengetiknya secara manual, maka setiap orang yang ingin menggunakan komputer harus belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Tidak semua orang memiliki waktu dalam pelajari bahasa pemrograman. Hal tersebut membuat pemakaian GUI kini lebih menarik. Selain itu, juga wajib untuk pengguna komputer yang masih awam. 

Fungsi GUI

Kepanjangan GUI adalah  Graphical User Interface. Sesuai dengan namanya, GUI ini menggunakan grafis. Hal itu sebagai perantara antara komputer dengan manusia. Penggunaan dari GUI ini untuk perangkat elektronik. Seperti halnya komputer, laptop, dan smartphone.

GUI biasanya digunakan untuk representasi visualnya. Untuk melakukan perintah dan fungsinya pada operating system juga pada software. Dengan adanya GUI ini, maka penggunaannya akan lebih mudah.

Bisa untuk dapat menggunakan fitur-fitur yang penting  pada sebuah perangkat elektronik. Lalu untuk menjalankan fungsinya dengan mudah tersebut. Ada beberapa hal yang biasanya digunakan, salah satunya alat input. Seperti keyboard, mouse, dan yang lainnya. 

Kelebihan Penggunaan GUI 

Tidak hanya mengetahui pengertian GUI. Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan GUI.

1. Membuat Tampilan Lebih Menarik

Kepanjangan GUI atau Graphical User Interface ini memiliki tampilan yang menarik.  Sehingga menjadikan pengguna komputer lebih tertarik apabila menjalankan komputer atau perangkat elektronik yang lainnya. 

2. Memberikan Banyak Kemudahan

Kelebihan dari penggunaan GUI ini, mengenai kemudahan yang diberikannya. Dalam operating system yang terdahulu, seperti halnya MS Dos serta bahasa pemrograman serupa, banyak yang masih menggunakan interface CLI. Penggunanya harus mengetikkan berbagai perintahnya untuk bisa menjalankan fungsinya yang ada pada sebuah sistem. 

Dengan penggunaan GUI ini, maka pengetikan sistemnya sudah tidak diperlukan lagi. Keberadaan GUI membuat penggunaan sebuah software lebih mudah. Selain itu, juga operating system kini lebih mudah. 

Hal itu karena penggunaannya yang lebih mudah ini, membuat user tidak memahami dalam dunia coding. Nantinya dapat menggunakan komputer untuk memudahkan pekerjaannya. Hal tersebut merupakan kelebihan utama dari GUI. 

3. Membuat Navigasi Tampilan Lebih Jelas

Kemudahan diperoleh dengan tampilan berbasis GUI. Penggunanya akan menjadi dimudahkan dengan navigasi yang tampak jelas. Anda tidak perlu lagi mengetikkan perintahnya apabila akan melakukan sesuatu.

4. Tidak Diperlukan Keahlian Khusus

Kepanjangan GUI atau Graphical User Interface membuat penggunanya tidak memerlukan keterampilan khusus. Maka menjadikan siapa saja dapat menggunakannya. Selain itu, juga menjalankan software atau aplikasi yang ada secara langsung.


Baca Juga: Coding Studio: Teman Belajarmu untuk #MahirTeknologi!


Kekurangan Penggunaan GUI 

Penggunaan GUI ini juga masih memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari penggunaan GUI.

1. Tampilan GUI Sangat Dipengaruhi oleh Pengembang

Pengguna dari GUI hanya bisa menggunakan GUI yang dibuat oleh para developer sebelumnya. Sehingga untuk menambahkan fungsinya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. 

2. Memerlukan Memori Lebih Besar

Kepanjangan GUI atau Graphical User Interface adalah sebuah teknologi dengan menggunakan grafis. Sehingga komputer dengan GUI memerlukan spesifikasi hardware yang lebih besar. 

GUI adalah sebuah teknologi yang memberikan beban yang cukup besar. Sehingga ia dapat menjadikan hardware melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Selain itu, juga dapat mengurangi kecepatan kerja mesinnya.

3. Lebih Banyak Menggunakan Daya

GUI juga memiliki kekurangan dari segi penggunaan dayanya. Pada komputer yang melengkapinya dengan GUI, maka daya yang digunakan akan menjadi semakin besar. 

Untuk memahami bahasa pemrograman dan dunia coding, anda bisa mengikuti kursus IT online bersertifikat terbaik di Indonesia Coding Studio. Maksimalkan skill untuk menunjang kesuksesan sekarang juga. Kunjungi Coding Studio sekarang juga!

Coding Studio menyediakan akses materi, studi kasus, dan soal latihan apabila menginginkan pelatihan dengan pengajar berpengalaman. Selain itu, waktu belajar fleksibel dan memperoleh sertifikat. Coding Studio solusi tepat untuk belajar anda.

Kepanjangan GUI adalah Graphical User Interface untuk dunia komputer. Keberadaan GUI membuat penggunaan software dan operating system lebih mudah.