Keamanan data adalah tindakan perlindungan perusahaan yang dilakukan untuk melindungi ekosistem teknologi informasi (TI) penting. Di mana, ini termasuk file, database, akun, dan jaringan. Keamanan data yang efektif mengadopsi serangkaian kontrol, aplikasi, dan teknik yang mengidentifikasi pentingnya berbagai kumpulan data dan menerapkan kontrol keamanan yang paling tepat. Baik menjalankan bisnis kecil atau besar, keamanan data sangat penting dan tidak boleh diabaikan untuk menghindari pelanggaran keamanan. Itulah alasan mengapa salah satu rekomendasi yang harus kamu pertimbangkan adalah menerapkan solusi keamanan data sesegera mungkin jika ingin melindungi perusahaanmu dari serangan siber.

keamanan-data
Photo by FLY:D on Unsplash

Elemen Utama Keamanan Data

Ada tiga elemen inti keamanan data, yaitu kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan. Konsep-konsep ini juga disebut sebagai CIA Triad, berfungsi sebagai model keamanan dan kerangka kerja untuk keamanan data terbaik.

CIA Triad
  • Confidentiality: Memastikan bahwa data diakses hanya oleh pengguna yang berwenang dengan kredensial yang tepat.
  • Integrity: Memastikan bahwa semua data yang disimpan dapat diandalkan, akurat, dan tidak tunduk pada perubahan yang tidak beralasan.
  • Availability: Memastikan bahwa data siap dan aman, serta dapat diakses dan tersedia untuk kebutuhan bisnis yang sedang berlangsung.

Jenis Keamanan Data

1. Access Controls

Jenis tindakan keamanan data ini termasuk membatasi akses fisik dan digital ke sistem dan data penting. Ini termasuk memastikan semua komputer dan perangkat dilindungi dengan entri login wajib, serta bahwa ruang fisik hanya dapat dimasuki oleh personel yang berwenang.

2. Authentication

Mirip dengan access controls, authentication mengacu secara khusus untuk mengidentifikasi pengguna secara akurat sebelum mereka memiliki akses ke data. Ini biasanya mencakup hal-hal seperti kata sandi, nomor PIN, token keamanan, kartu gesek, atau biometrik.

3. Backups & Recovery

Keamanan data yang baik berarti kamu memiliki rencana untuk mengakses data dengan aman, jika terjadi kegagalan sistem, bencana, kerusakan data, atau pelanggaran. Kamu memerlukan salinan data cadangan, disimpan dalam format terpisah seperti physical disk, local network, atau cloud untuk memulihkan jika diperlukan.

4. Data Erasure

Data erasure menggunakan software untuk sepenuhnya menimpa data pada perangkat penyimpanan apa pun. Serta, data erasure memverifikasi bahwa data tidak dapat dipulihkan dan karenanya tidak akan jatuh ke tangan yang salah.

5. Data Masking

Dengan menggunakan data masking software, informasi disembunyikan dengan mengaburkan huruf dan angka dengan karakter proxy. Ini secara efektif menutupi informasi kunci, bahkan jika pihak yang tidak berwenang memperoleh akses ke sana. Data berubah kembali ke bentuk aslinya hanya ketika pengguna yang berwenang menerimanya.

6. Data Resiliency

Keamanan data yang komprehensif berarti bahwa sistemmu dapat bertahan atau pulih dari kegagalan. Membangun ketahanan ke dalam hardware dan software berarti bahwa peristiwa seperti pemadaman listrik atau bencana alam tidak akan membahayakan keamanan.

7. Encryption

Algoritma komputer mengubah karakter teks menjadi format yang tidak dapat dibaca melalui kunci encryption. Hanya pengguna yang berwenang dengan kunci yang sesuai yang dapat membuka dan mengakses informasi. Segala sesuatu mulai dari file dan database hingga komunikasi email dapat dan harus dienkripsi sampai batas tertentu.

Ada banyak alasan mengapa keamanan data sangat penting untuk suatu bisnis. Yuk, disimak!

1. Setiap bisnis dapat menderita serangan cyber

keamanan-data
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Banyak bisnis kecil mungkin berasumsi bahwa mereka tidak cukup besar untuk menjadi target peretas, tetapi peretas diketahui menargetkan semua jenis bisnis, baik kecil maupun besar. Faktanya, bisnis kecil yang sedang berkembang paling menderita dari serangan siber karena mereka tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan masalah setelahnya. Di sisi lain, bisnis besar dapat menangani beban keuangan yang disebabkan oleh serangan siber. Namun, itu tidak berarti bahwa kamu harus mengabaikan pentingnya keamanan data karena kamu berada dalam posisi keuangan yang bagus. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan solusi keamanan data bagi bisnismu untuk membatasi serangan siber.

2. Aset bisnismu termasuk datamu sendiri

keamanan-data
Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Siapa pun yang menjalankan bisnis juga memiliki informasi tentang bisnis itu sendiri. Ini mencakup informasi tentang layanan atau produk yang ditawarkan, rencana keuangan dan rencana bisnis, serta informasi mengenai pembeli layanan atau barang. Data bisnis lain digunakan untuk pengoptimalan pendapatan, mitigasi risiko, dan peningkatan keseluruhan bisnismu. Dikarenakan data dapat menghasilkan manfaat di masa depan, tidak diragukan lagi itu adalah aset penting yang dimiliki bisnismu. Setiap aset yang digunakan untuk meningkatkan bisnismu harus tetap rahasia dan aman dan inilah mengapa keamanan data penting untuk melindungi aset bisnismu.

3. Menghindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

keamanan-data
Photo by Pixabay on Pexels

Bisnis bertanggung jawab atas kehilangan data seperti rincian keuangan, file rahasia pelanggan, dan informasi karyawan. Tetapi beberapa perusahaan tidak mengetahui bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh kerentanan tersebut pada bisnis mereka dan mereka gagal berinvestasi dalam keamanan data dan protokol keamanan yang diperlukan. Kekurangan data tidak hanya bersifat moneter, tetapi juga dapat memengaruhi keandalan dan kepercayaan perusahaan. Ini juga dapat memengaruhi masa depan bisnis dan membahayakan peluang pertumbuhanmu.

4. Lindungi Reputasi Bisnismu

keamanan-data
Photo by fauxels from Pexels

Setiap bisnis ada untuk memberikan layanan atau produk yang baik kepada orang lain. Bahkan dengan hanya membeli barang dengan kartu kredit, pelanggan mempercayaimu dengan informasi sensitif. Tidak ada bisnis serius yang akan menyalahgunakan informasi pelanggan mereka dengan sengaja. Tetapi bahkan kebocoran data yang tidak disengaja dapat memengaruhi reputasi bisnismu. Setiap pelanggaran data dan kebocoran data adalah ancaman yang nyata bagi bisnis dari semua ukuran. Ketika ada pelanggaran keamanan, ada lebih dari sekadar uang yang dipertaruhkan. Jika bisnismu memiliki keamanan data yang lemah, itu menempatkan semua klienmu dalam risiko dan dapat membahayakan masa depan bisnis. Selalu perhatikan bahwa reputasi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diperoleh dan dapat dihancurkan dalam beberapa detik jika kamu terus mengabaikan pentingnya keamanan data.

5. Memastikan Integritas

keamanan-data
Photo by Razvan Chisu on Unsplash

Integritas data adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada keandalan dan akurasi data. Untuk dipertimbangkan dan dapat diandalkan, data harus lengkap tanpa kompromi atau variasi dari aslinya. Kamu dapat melindungi integritas data bisnis melalui penggunaan konsolidasi penyimpanan, yang dapat dicapai dengan memusatkan penyimpanan data dan menempatkannya di server yang berbeda. Tujuan utama melakukan ini adalah untuk menyediakan cadangan yang aman untuk mencegah ketidaknyamanan saat mengakses data.

Keamanan data adalah upaya tim yang harus ditangani dari semua sudut. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu keamanan data, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkannya. Kamu akan meminimalkan risiko pelanggaran, peretasan, atau kehilangan data yang tidak diinginkan. Selain itu, apakah kamu ingin mengetahui pekerjaan di bidang data yang dibutuhkan perusahaan? Cek artikel berikut!