Jenis-Jenis Layanan Microsoft Office

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat banyak hal dapat dilakukan dengan lebih mudah. Salah satunya adalah pengolahan data yang kini bisa dibuat melalui salah satu perangkat lunak populer di dunia yaitu Microsoft Office dengan berbagai layanannya. Software yang dimiliki Microsoft ini nyatanya menjadi yang paling banyak digunakan di piranti komputer dan bahkan di sebagian ponsel.

Penggunanya juga dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan kantoran, dan lainnya. Layanan yang diberikan dari perangkat lunak ini memang dibutuhkan untuk berbagai keperluan pengolahan data digital, baik itu huruf, gambar, maupun angka. Perangkat lunak ini memiliki peran penting untuk tugas-tugas administrasi dan perkantoran.

Microsoft pun menghadirkan beberapa layanan untuk mempermudah pengolahan data secara digital. Lantas apa saja layanan dari Microsoft tersebut? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tentang Microsoft Office

Perangkat lunak ini diumumkan pertama kali pada 1 Agustus 1988 oleh penemu sekaligus pemilik hak cipta yaitu Bill Gates di Comdex, Las Vegas. Sekarang, perangkat lunak ini dikembangkan oleh Microsoft dan menjadi perangkat lunak paling populer yang banyak digunakan di seluruh dunia. Sebelum Microsoft Office lahir, pada awal peluncuran paket software ini memiliki nama Office Suite.

Pada awalnya memang dibuat untuk tujuan tugas-tugas perkantoran. Penggunaannya pun paling banyak adalah versi desktop yang tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows maupun macOS. Namun sekarang dengan perkembangannya yang begitu pesat, Microsoft juga hadir dalam aplikasi seluler yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS, bahkan dalam versi web.

Fungsinya pun sekarang semakin beragam, tidak hanya untuk mengolah huruf, angka, atau data digital biasa saja. Perangkat lunak dari Microsoft ini sudah memiliki banyak fungsi seperti membuat dan mengirim email, menyimpan data, melakukan video call, dan membuat slide presentasi. Fungsi-fungsi tersebut tersedia di layanan-layanan Microsoft.

Jenis Layanan Microsoft Office dan Fungsinya

Saat pertama kali dirilis, Microsoft hanya memiliki layanan utamanya yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Masing-masing memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. Microsoft yang menjadi perusahaan teknologi raksasa ini pun terus melakukan pengembangan untuk layanan-layanannya.

Setiap layanannya dihadirkan untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dan untuk mempermudah pekerjaan. Beberapa layanan dari Microsoft Office dan masing-masing fungsinya dapat Anda simak di penjelasan berikut.

1. Microsoft Word

Salah satu layanan yang paling penting dan paling sering digunakan dari Ms Office adalah Microsoft Word. Perangkat lunak ini menjadi ranking pertama sebagai aplikasi yang sering digunakan di perangkat komputer. Dirilis pada 21 Oktober 1983, Ms Word merupakan layanan pertama yang diluncurkan dalam paket Ms Office.

Fungsi utamanya adalah untuk pengolahan kata dengan fitur yang beragam. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa membuat dokumen seperti jurnal, brosur, kartu nama, surat, dan lain sebagainya. Selain membuat dokumen, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk pengguna mengeditnya dan memformat dokumen.

Saat ini layanan Ms Word tidak hanya untuk desktop saja, pengguna bisa mengakses layanan ini melalui perangkat Windows, MacOs, Android, dan iOS. Hadirnya perangkat lunak ini dibekali dengan beberapa fitur dan keunggulan seperti berikut.

  • Membuat dokumen dengan lebih mudah dan cepat
  • Mengoreksi dan menghitung kata di dalam dokumen dengan tepat
  • Fitur unggulan seperti auto formatting, autocorrect, Autopage index, html editor, mailmerge, dan booklet layout
  • Mengedit dan membagikan dokumen dengan lebih mudah kapan saja dan di mana saja

Menariknya lagi, sekarang pengguna juga bisa membuat dokumen tanpa perlu mengetik di keyboard. Anda bisa menggunakan pengetikan suara untuk membuat dokumen dengan lebih cepat. Cara ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang akan membuat dokumen panjang dan malas untuk mengetik di papan keyboard.

Pengetikan suara ini dapat dilakukan di Ms Word desktop maupun di ponsel. Jika Anda menggunakan android atau smartphone, pengetikan suara ini dapat dibuat dengan klik tombol microphone. Pengetikan suara di Ms Word di laptop atau komputer dilakukan melalui pengaturan Tools. Bisa juga dengan menggunakan shortcut keyboard yaitu ctrl + shift + s dan Anda bisa mulai mengetik dengan perintah suara.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak dengan fungsi pengolahan data yang lebih spesifik yaitu untuk teks dan angka. Aplikasi ini berupa lembar kerja yang dibuat Microsoft Corporation untuk memudahkan penggunanya mengelompokkan data. Perangkat lunak ini sangat membantu terutama untuk pekerjaan akuntansi dan administrasi.

Pengguna dapat mengatur data, menghitung, dan membuat diagram tanpa khawatir salah penghitungan. Ms Excel terkenal sebagai perangkat lunak yang memiliki kalkulator otomatis untuk perhitungan nominal kecil hingga besar. Namun pengguna perlu mempelajari rumus-rumus Excel untuk bisa melakukan perhitungan otomatis tersebut.

Fungsi dari aplikasi ini sangat berguna untuk berbagai pekerjaan seperti menyusun data anggota, menganalisis keuangan, mengatur pemasukan dan pengeluaran, evaluasi dan riset harga, menyusun data pinjaman, dan masih banyak lagi. Lembar kerja di Ms Excel ini bukan lembar kosong seperti di Word, melainkan berupa kolom-kolom yang bisa dibuat dalam jumlah sangat banyak.

3. Microsoft Power Point

Microsoft Power Point merupakan perangkat lunak yang dirancang Microsoft untuk keperluan presentasi. Adanya software ini dapat membantu Anda membuat lembar presentasi dengan lebih mudah dan mengeditnya agar lebih menarik. Tidak sedikit presentasi yang menggunakan aplikasi atau software ini, baik itu presentasi di kantor, di sekolah, atau di tempat umum lainnya.

Tampilan dari Ms Power Point adalah berupa lembaran-lembaran presentasi yang dapat dirangkai dan disinkronasi dengan lembaran lain menggunakan hyperlink. Pengguna bisa membuat slide presentasi dengan berbagai dukungan audio, gambar, animasi, template, hingga video. Keunggulan inilah yang membuat banyak orang memilih menggunakannya, mulai dari karyawan, pelajar, trainer, dan lainnya.

Anda bisa membuat slide presentasi di Ms Word yang bisa diakses di berbagai jenis perangkat. Software ini sudah tersedia untuk desktop dan smartphone, yang mendukung sistem operasi Windows, MacOS, iOS, dan Android. Jadi akan lebih mudah untuk Anda membuat slide presentasi di mana saja.

  • 4. Microsoft Outlook

Layanan Microsoft Office selanjutnya adalah Microsoft Outlook. Perangkat lunak ini termasuk personal information manager yang diluncurkan oleh Microsoft untuk berbagai fungsi seperti membuat jadwal, catatan, kalender, buku alamat, dan jurnal.

Secara umum, aplikasi ini berfungsi untuk mengelola informasi pribadi dan membaca email. Namun, Microsoft Outlook ini dapat membantu Anda mempermudah mengatur email dengan akses pesan yang lebih terorganisir. Layanan ini dapat membantu pekerjaan dan produktivitas kerja terutama bagi karyawan yang bertugas di bidang administrasi.

  • 5. Microsoft Access

Layanan dari Microsoft ini merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah basis data. Jika Anda membuat data menggunakan Microsoft Access, maka datanya bisa saling berkaitan. Sesuai dengan namanya, basis data merupakan pusat dari data-data yang terpisah yang dibuat di Ms Access ini.

6. Microsoft OneNote

Salah satu aplikasi atau layanan dari Microsoft untuk keperluan pencatatan adalah Microsoft One Note. Namun berbeda dengan word, Ms OneNote lebih berfungsi sebagai kertas catatan dengan fitur kolaborasi antar beberapa pengguna. Jika membuat catatan di Ms Word, pengguna hanya bisa mengikuti format halaman default, maka berbeda dengan OneNote.

Anda bisa membuat tulisan atau menambahkan gambar di sudut mana pun layaknya mencatat di kertas biasa. Selain teks, pengguna juga menambahkan format audio, kliping layar, dan gambar untuk catatan yang lebih bagus dan jelas. Pengguna dapat berbagi di Microsoft OneNote secara online atau melalui jaringan internet.

7. Microsoft Front Page

Microsoft Front Page merupakan aplikasi atau perangkat lunak dari Microsoft yang berfungsi sebagai aplikasi editor html dan program administrasi situs web. Aplikasi ini juga dapat membaca data yang Anda buat dengan program Ms Office yang lain.

Salah satu fitur yang menarik dari perangkat lunak ini adalah Template Web otomatis. Melalui aplikasi Front Page, Anda bisa dengan mudah melihat struktur data dan navigasi situs web.

8. Microsoft Publisher

Ada lagi Microsoft Publisher yang merupakan perangkat ajaib untuk membantu kegiatan desktop publishing. Anda bisa membuat konten-konten publishing melalui program Ms Publisher, seperti membuat majalah, kalender, madding, poster, dan koran.

9. Microsoft InfoPath

Salah satu aplikasi Ms Office ini memiliki fungsi untuk pengembangan data berbasis xml. Microsoft InfoPath dapat membantu tugas-tugas seperti merancang, mengisi, mengirim, dan mendistribusikan formulir elektronik dengan data struktur di dalamnya. Perangkat lunak ini juga sudah dikembangkan untuk menampilkan dokumen xml dengan dukungan skema xml sendiri.

10. Microsoft OneDrive

OneDrive merupakan layanan hosting dan sinkronasi data yang dikelola oleh Microsoft. Pengguna dapat memanfaatkan Microsoft OneDrive sebagai cloud atau penyimpanan berbasis awan. Jadi pengguna bisa menyimpan dan membuka data dari OneDrive dari berbagai perangkat dan web.

Data yang disimpan dapat dibuka dalam mode baca. Namun Anda juga bisa membukanya dalam mode edit untuk dokumen dari Word, Excel, OneNote, dan Power Point. Dokumen tersebut dapat diubah dan kemudian disimpan kembali di cloud atau didownload di penyimpanan perangkat.

11. Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah salah satu layanan dari Microsoft yang berupa platform komunikasi dan kolaborasi terpadu. Aplikasi ini dapat digunakan dengan berbagai fitur untuk keperluan rapat video, penyimpanan berkas, percakapan kerja, dan integrasi antar aplikasi.

Pengguna dapat mengakses beragam fitur menarik lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan. Perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk menghadirkan komunikasi dan informasi pengguna dengan aman dan lancar.

Sekarang ini Microsoft menghadirkan paket terbarunya dengan Ms Office 365 yang isinya beragam layanan terbaru dari Microsoft. Ms 365 berisi beberapa aplikasi office seperti Word, PowerPoint, Excel, Outlook, Access, dan Publisher. Namun untuk Ms Access dan Ms Publisher hanya tersedia untuk PC atau perangkat komputer.

Anda perlu membeli atau berlangganan untuk mendapatkan paket Ms 365 ini. Walaupun Anda mungkin bisa mencoba gratis untuk layanan uji coba satu bulan.

Dapat disimpulkan bahwa Microsoft Office adalah layanan perangkat lunak dari Microsoft Corporation yang dirancang untuk kebutuhan perkantoran dengan fungsi dan fitur-fitur khusus. Perangkat lunak atau layanan-layanan tersebut dapat digunakan pada perangkat yang memang sudah memiliki lisensi Microsoft atau pada perangkat yang sudah diinstall dengan aplikasi Ms Office.

Kamu bisa mempelajari Microsoft office lebih dalam dengan mengambil kursus di coding studio :

Untuk mempelajari Microsoft Word bisa ke link : https://codingstudio.id/kursus-word/

Untuk mempelajari Microsoft Excel bisa ke link : https://codingstudio.id/kursus-excel/

Untuk mempelajari Microsoft Power Point bisa ke link : https://codingstudio.id/kursus-powerpoint/