4 Jenis Excel Chart Penting yang Wajib Kamu Ketahui!

Microsoft Excel menjadi salah satu software yang sangat tidak asing lagi dalam bidang pengolahan data baik bagi pelajar maupun pekerja sekalipun. Mengapa Microsoft Excel bisa menjadi begitu populer dan bahkan menjadi andalan para praktisi data? Hal ini dikarenakan kemungkinan yang bisa dilakukan oleh software ini hampir tidak terbatas, mulai dari perhitungan yang simpel hingga menganalisis data dan menjadikannya sebuah grafik atau chart yang pastinya dapat membantu kita dalam pengambilan keputusan. Nah, kali ini kita bakal lebih fokus untuk membahas pembuatan Excel chart. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak artikel berikut, yah!

Sebelum kita mulai, perlu diketahui terlebih dahulu nih, ada banyak sekali jenis chart yang disediakan oleh Microsoft Excel, loh! Untuk membuat sebuah chart, pertama-tama kamu perlu menentukan atau membuat sebuah tabel data yang ingin kamu konversikan menjadi sebuah chart. Kita ambil contoh ada sebuah perusahaan teknologi yang ingin membandingkan jumlah pengunjung website-nya dari tahun ke tahun. Perusahaan ini ingin mengetahui apakah jumlah pengunjung mereka semakin meningkat setiap tahunnya atau malah menurun. Berikut adalah data dari pengunjung perusahaan tersebut dari tahun 2017 hingga tahun 2021.

Cara untuk membuat chart sebenarnya sangatlah mudah dan langkah yang digunakan pun sama persis. Langkah pertama yang akan berlaku sama bagi semua jenis chart adalah kamu perlu memblok cell B2 hingga C7. Langkah kedua dan terakhir adalah memilih jenis chart yang kamu inginkan. Nah, di sini kita akan membuat 4 jenis chart, yakni bar chart, line chart, area chart, dan pie chart. Untuk pilihan lebih detailnya akan dijelaskan per poin yah, biar kamu lebih mudah dalam membedakan jenis chart-nya!

1. Bar Chart

Untuk membuat bar chart, pada ribbon pilihlah tab insert. Kemudian, kamu tinggal memilih jenis bar chart yang kamu inginkan dengan cara menekan icon chart-nya. Langkah ini akan berlaku sama untuk ketiga chart lain, jadi jangan lupa dicatat yah! Biasanya, jenis bar chart paling template atau yang paling sering digunakan adalah jenis 2D clustered bar chart. Jenis chart ini biasa digunakan ketika kamu ingin membuat perbandingan simpel yang cepat dan kamu tidak terlalu mementingkan urutan dari kategori yang ingin kamu bandingkan. Berikut adalah tampang bar chart yang akan kamu hasilkan:

2. Line Chart

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa langkah membuat line chart sama dengan chart lainnya juga. Untuk line chart sendiri yang paling umum digunakan adalah 2D line chart. Kamu bisa menggunakan jenis chart ini ketika poin-poin data yang ingin kamu bandingkan lumayan banyak dan urutan kategori sangat penting bagi kamu. Berikut adalah tampang line chart yang akan kamu hasilkan:

3. Area Chart

Dengan menggunakan cara yang telah disampaikan sebelumnya, pilihlah area chart yang paling umum digunakan yaitu, 2D area chart. Jenis chart ini digunakan ketika urutan kategori yang ingin kamu bandingkan cukup penting dan kamu juga ingin menitikberatkan tingkat perubahan kategori dari waktu ke waktu. Berikut adalah tampang area chart yang akan kamu hasilkan:

4. Pie Chart

Untuk membuat chart yang terakhir yaitu pie chart, cara yang digunakan masih sama dengan sebelumnya. Dalam membuat pie chart ini pilihlah opsi 2D pie chart. Nah, biasanya chart jenis ini kita gunakan untuk membuat perbandingan yang berjumlah penuh atau 100%. Data yang digunakan pun usahakan jangan terlalu banyak apabila ingin menggunakan chart jenis ini karena akan menyebabkan irisan chart sangat tipis sehingga susah dilihat. Berikut adalah tampang pie chart yang akan kamu hasilkan:

Nah, itu dia tutorial membuat 4 chart pada Excel yang akan sangat mempermudah kamu dalam proses pengolahan data. Apabila kamu tertarik untuk mempelajari rumus-rumus Excel lainnya secara lengkap, langsung saja bergabung dengan Kodio di sini, yah!