Desain grafis merupakan proses mengkombinasikan seperti tipografi, ilustrasi, dan juga fotografi. Desain grafis sendiri memiliki tujuan untuk mengajak, memberikan informasi – informasi, dan juga memberikan perintah kepada orang – orang yang melihat dari karya seni yang dari desain grafis. Selain itu juga desain grafis ini juga sangat dikenal sebagai desain yang memiliki komunikasi visual. Kenapa disebut sebagai komunikasi visual?  Karena dari peran desain grafis itu sendiri yaitu untuk menyampaikan pesan dan juga informasi kepada audiens yang dimana informasi yang diberikan kepada audiens dibungkus dengan sentuhan visual yang sangat kental.

Pada saat ini desain grafis sendiri sering sekali di kategorikan dengan commercial art yang dimana desain grafis sendiri merupakan paduan antara seni rupa yang dimana di dalamnya diberikan komunikasi yang dimana hal ini dilakukan untuk hal bisnis. Pada saat ini desain grafis berkembang dengan begitu pesatnya hal ini dikarenakan desain grafis sudah mulai memasuki era digital. Hal ini diperkuat dengan manusia pada saat ini sudah sangat bergantung dengan teknologi. Yang dimana semua pekerjaan manusia pada saat ini jauh lebih mudah dengan adanya teknologi. Oleh sebab itu segala hal yang ada di dalam kehidupan saat ini sudah mulai masuk ke dalam perekonomian yang sudah mulai terpusat dengan teknologi. Yang dimananya hal ini sudah bisa kita lihat seperti contoh pada saat ini sudah banyak sekali yang membuat bisnis online shop, maraknya industry game, dan masih banyak lagi yang dimana mereka menjualkan barang dagangan dan juga barang bisnis mereka pada platform media sosial.

Bagi anda yang ingin menjadi seorang desainer atau juga anda yang sedang mencari layanan desain untuk anda terapkan di dalam bisnis anda maka sebelum itu anda harus mengetahui jenis – jenis desain grafis yang ada sehingga dengan anda sudah memahami jenis – jenis desain grafis maka anda sudah mengerti yang mana nantinya yang akan anda terapkan di dalam bisnis anda. berikut beberapa jenis – jenis desain grafis yang harus anda ketahui:

Desain Grafis Identitas Visual

Desain grafis identitas visual ini adalah suatu sistem komunikasi yang dimana dari system ini nantinya akan membentuk identitas dari perusahaan tersebut. Identitas dari visual ini sering sekali digunakan dalam membedakan suatu produk atau juga jasa yang sama dengan pemilik produk kompetitornya yang dimana hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pembeli produk agar bisa membedakan produk yang satu dengan yang lainnya. Yang dimana hal ini bisa dilihat seperti pada pengemasan produk dan lain – lain. Jadi bagi anda yang sedang melakukan bisnis maka anda sangat membutuhkan jasa desain grafis ini di dalam pembuatan kemasan pada bisnis anda.

Desain Antar Muka

Desain antar muka adalah desain yang dimana d berfokus dalam menciptakan tata letak, image, dan elemen dari perangkat lunak dan juga sebagainya. Desain grafis ini berkonsentrasi pada penciptaan desain yang lebih interaktif dan juga sangat mudah untuk dimengerti oleh pengguna. Yang dimana nanti para pengguna agar bisa mengoperasikan sebuah perangkat dengan baik dan juga perangkat yang ada.

Dalam konteks desain grafis bertujuan untuk meningkatkan pengalaman visual bagi pengguna dan juga desain grafis ini terdiri dari tombol, menu, dan masih banyak lagi tentunya. Dengan menggunakan desain antar muka maka tampilan yang ada di perangkat lunak, aplikasi dan juga website yang dimana harus memiliki daya Tarik dan juga estetika di dalamnya.

Desain Grafis Pemasaran dan Periklanan

Jika perusahaan anda dan juga produk anda bisa dikenal oleh masyarakat luas maka anda harus harus mempercantik di dalam pemasaran dan juga periklanan terhadap perusahaan anda dan juga produk anda. pemasaran dan juga periklanan bertujuan untuk membujuk masyarakat agar mau untuk membeli produk anda.

Dengan visual yang menarik dan juga dengan ide – ide yang bagus maka hal itu sangat mempengaruhi sekali bagi pembeli untuk melirik barang ataupun produk anda. larena sudah hal yang lumrah bagi pembeli untuk menginginkan produk yang lebih menarik karena pada saat ini banyak sekali produk – produk yang unik yang menjadi laku di pasaran. Nah untuk membantu itu semua maka sangat dibutuhkannya desain grafis untuk menunjang itu semua.

Publikasi 

Publikasi adalah jenis desain grafis yang terkenal di bagian industri yang dimana pada bagian inilah yang berkomunikasi dengan masyarakat dalam melakukan distribusi ke publik. Maka dari itu banyak sekali yang menyebutkan bahwa publikasi ini disebut sebagai industri media cetak. Yang dimana mereka mencetak seperti buku, koran, majalah, dan juga katalog. Yang dimana pada saat ini pada bagian publikasi ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan di dalam dunia penerbitan.

Desainer grafis mengkhususkan diri di dalam publikasi yang dimana desainer harus melakukan Kerjasama dengan editor dan juga penerbit yang dimana untuk membuat tata letak dari tipografi yang akan dipilih secara cermat dan karya seni yang akan menyertainya adalah fotografi dan juga ilustrasi.

Motion Grafis

Jenis desain grafis selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah Motion grafis. Motion grafis adalah cabang dari seni desain yang dimana penggabungan dari ilustrasi, tipografi, fotografi yang dimana nantinya akan digabungkan dengan menggunakan Teknik animasi yang bergerak. Hal ini akan mencakup animasi, audio, tipografi, citra, dan lain – lain yang dimana akan digunakan di dalam media online dan juga televisi. Popularitas media ini sudah sangat jauh melesat dari beberapa tahun terakhir yang dimana seiring dengan berkembangnya teknologi dan juga konten – konten yang berupa video. Contoh dari motion grafis adalah iklan, logo animasi, cuplikan, presentasi, video promosi, video tutorial, situs web aplikasi, video game spanduk dan juga gif.

Desain Kemasan

Bagi sebuah produk yang akan dipasarkan maka sangat memerlukan yang namanya kemasan yang dimana fungsi dari kemasan sendiri adalah untuk melindungi isi produk dari segala bentuk yang dapat merusak isi dari produk tersebut. Sehingga pada saat produk tersebut didistribusikan ke konsumen maka produk akan tetap terjaga dengan baik tanpa mengalami kecacatan terhadap produk tersebut.

Di dalam mencetak kemasan juga sangat perlu memperhatikan terhadap desain kemasan yang dimana desain kemasan sendiri sangatlah penting yang dimana dengan kemasan yang bagus maka pembeli akan tertarik dan membeli produk anda. pada desainer kemasan ini harus bisa membuat konsep kemasan, mengembangkan kemasan, yang dimana  nantinya agar kemasan yang akan di distribusikan bisa jauh lebih menarik dan juga bisa menarik perhatian dari para pembeli.

Jika anda menjadi desainer kemasan maka anda harus memiliki jiwa disiplin yang sangat tinggi hal ini dengan ditunjukkannya bahwa tidak jarang desainer dari kemasan ini yang tidak disiplin sehingga dengan hal tersebut bisa merugikan tempat anda bekerja. karena keberhasilan dalam penjualan produk suatu perusahaan maka yang paling besar dalam mempengaruhi hal tersebut dari segi kemasan. Karena kemasan disini sangatlah penting karena kemasan jugalah pesan – pesan yang disampaikan bisa tersampaikan dengan baik kepada pembeli.