Apakah anda mengetahui sosial media seperti facebook, Instagram, whatsapp dan media sosial lainnya. Apakah anda pernah membayangkan bagaimana media sosial seperti facebook, Instagram, dan whatsapp dalam melakukan penyimpanan terhadap data penggunanya? Sedangkan pengguna dari media sosial tersebut banyak sekali yang dimana dari media sosial tersebut bisa menampilkan informasi dan juga status – status yang dibuat oleh penggunanya? Jika pertanyaan tersebut yang sedang anda pikirkan maka jawabannya adalah database. jika jawabannya adalah database maka apakah anda sudah mengetahui tentang apa itu database? Apakah anda sudah mengetahui istilah dalam database yang sering ditemui? jika anda masih belum mengetahui tentang apa itu database maka simak baik – baik ya!

Apa Itu Database?

Database atau juga disebut dengan basis data ini adalah kumpulan data yang dimana datanya tersimpan di dalam komputer anda secara sistematis yang dimana database ini digunakan untuk menghasilkan informasi yang akan dibutuhkan. Dengan munculnya database ini dikarenakan informasi yang harus dicatat adalah data yang dimana data tersebut sangatlah besar. Jika anda melakukan pengolahan data dengan cara manual maka anda membutuhkan tenaga yang sangat besar, selain itu juga anda akan membutuhkan waktu yang sangat kama dalam melakukan pengolahan data. Jika anda menggunakan database di dalam melakukan pengolahan data anda maka anda bisa dengan cepat melakukan pengolahan terhadap data anda dan selain itu juga di dalam anda melakukan pengolahan anda tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. 

Istilah database ini sudah bukan yang asing lagi yang didengar dan juga ditemui oleh orang – orang yang sudah lama bergerak di bidang komputer. Yang dimana database disini diibaratkan seperti satu buah rak yang sangat besar yang dimana di dalam rak besar tersebut terdapat dokumen – dokumen yang ada di dalam sebuah rak tersebut. Dokumen yang ada di dalam sebuah rak yang besar tersebut dapat disusun dengan rapi yang dimana nomor yang ada pada dokumen tersebut bisa diidentifikasi yang dimana bisa diidentifikasi berdasarkan kategori pada dokumen tersebut sehingga dokumen bisa disusun dengan rapi tanpa adanya data satu dan juga data yang lain yang datanya saling bercampur. 

Banyak sekali pada saat ini perusahaan – perusahaan besar yang menggunakan system database di dalam perusahaan mereka hal ini dikarenakan dengan menggunakan database maka anda bisa menyimpan sebuah dokumen menjadi lebih efektif. Selain itu juga dengan anda menggunakan system database maka anda akan bisa meminimalisir terjadinya duplikasi terhadap data anda. duplikasi data sendiri dapat menyebabkan terjadinya tidak konsisten terhadap data anda yang ada di dalam database. sebagai contoh apabila anda mengerjakan data yang dimana data tersebut adalah data dari seluruh pegawai, jika terdapat di dalam data anda tersebut memilki data yang mengandung adanya alamat, dan dimana tersebut diperbaharui misalnya maka apabila anda sudah menggunakan system database di dalam pekerjaan anda maka anda sudah bisa memperbarui alamat yang ada pada data pegawai tersebut dengan cara otomatis.

Istilah dalam Database yang Penting

Pada saat ini banyak sekali terdapat jenis – jenis dari database untuk mengolah data, namun yang paling banyak digunakan adalah relasional database. dengan begitu maka anda harus lebih tau istilah dalam database yang sering ditemui. agar pada saat anda menggunakan database maka anda sudah tahu mengenai istilah – istilah yang terdapat di dalam sebuah database. berikut istilah dalam database yang sering digunakan, terutama pada relational database.

Tabel

Pada dasarnya tabel ini terdiri yang namanya kolom dan juga baris yang ada di dalam sebuah tabel. Maka hal itu juga berlaku dengan anda menggunakan database. yang dimana di dalam database tabel merupakan elemen yang menggunakan model kolom vertikal dan juga memiliki baris yang horizontal. Kolom itu sendiri didefinisikan bahwa sebagai struktur pada tabel itu sendiri yang biasanya disebut dengan nama konten. Sebuah kolom yang ada pada tabel terdiri dari beberapa baris di dalamnya. Dalam relasional database model, kolom akan disebut dengan nama attribute sedang baris yang ada di dalam kolom maka disebut dengan nama tuple. Di dalam tabel sendiri memiliki aturan – aturan di dalam anda membuat sebuah struktur tabel yang ada di dalam database anda, diantaranya sebagai berikut.

  • Di dalam memberikan penamaan maka anda harus menggunakan kata objek yang harus sesuai dengan konten yang akan anda simpan di dalam database.
  • Pada setiap tabel yang ada di dalam database maka tidak boleh menggunakan kata yang sam yang dimana agar pada saat menggunakan system database ini tidak terjadinya redundancy pada data anda.
  • Di setiap tabel yang ada pada database maka sangat harus memiliki satu kolom yang harus unik yang dimana kolom yang unik ini memiliki fungsi sebagai kunci primer.
  • Di dalam anda membuat tabel pada database maka anda harus menggunakan huruf kecil untuk penamaan di dalam sebuah database.

Query

Bagi anda yang akan melakukan pekerjaan sebagai programmer maka anda tidak akan asing dengan mendengar kata query ini. query dapat diartikan sebagi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengolah data di dalam tabel ataupun database itu sendiri. Yang dimana perintah – perintah yang ada di dalam query ini secara umum seperti:

  • Create

Create adalah perintah untuk membuat database dan juga membuat tabel di dalam database.

  • Read

Read adalah perintah yang dimana untuk menampilkan data – data yang berada di dalam database.

  • Update

Update adalah perintah yang dimana sebagai memanipulasi data yang ada di dalam database.

  • Delete

Delete untuk menghapus segala data yang berada di dalam database.

Field

Di dalam membuat database, banyak sekali para pengguna yang keliru dengan mengartikan kata field itu sendiri. Yang dimana field memiliki fungsi yang berbeda dengan yang namanya attribute atau juga istilah kolom yang berada di dalam database. field sendiri merupakan sekumpulan karakter yang dimana di dalamnya terdapat satu atribut yang menunjukan suatu item.

Record

Jika dilihat dari definisi record secara sederhana maka record ini adalah rekaman. Namun berbeda dengan database yang dimana di dalam database record ii juga disebut dengan update tuple yang diamana kumpulan – kumpulan elemen yang ada di dalam field yang tentunya saling berkaitan dalam meberikan informasi mengenai entita kepada pengguna dengan sangat lengkap.

Insert

Insert memiliki arti menyisipkan. Di dalam database insert merupakan salah satu perintah yang ada di dalam SQL yang termasuk dalam DML yang dimana untuk menambah atau juga menyisipkan data kedalam suatu tabel baik itu seluruh data maupun juga hanya data yang anda butuhkan saja.

Primary Key

Sebelum anda membuat database maka ada beberapa hal yang harus anda pahami dengan baik yaitu atribut kunci yang akan anda gunakan, yangdimana itu adalah primary key. Desuai dengan namanya juga bahwa primary key ini adalah kunci primer yang akan memastikan keunikan dari setiap baris yang terdapat di dalam tabel.Demikian beberapa penjelasan mengenai istilah – istilah umum yang ada di dalam database yang harus diketahui oleh anda sebelum anda melakukan pembelajaran mengenai database lebih dalam. Bagi anda yang ingin kursus atau juga ingin belajar mengenai sistem database ini maka anda harus kursus di Coding Studio yang dimana di Coding Studio ini adalah tempat yang cocok bagi anda yang ingin belajar mengenai database. daftarkan diri anda menjadi bagian coding studio pada link berikut.