Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah startup karena saat ini sudah banyak bermunculan berbagai startup di Indonesia sehingga masyarakat sudah mulai familiar dengan istilah ini. Awalnya startup bisa didefinisikan sebagai sebuah bisnis rintisan, artinya orang – orang yang baru mendirikan sebuah bisnis atau baru merintis dari kecil hingga perusahaan itu berkembang menjadi semakin besar. Namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini definisi startup menjadi sedikit berbeda, yang mana startup diartikan sebagai suatu bisnis yang berbasis teknologi dan biasanya dalam perkembangannya bisnis ini mengutamakan ide – ide yang inovatif dan memberikan solusi atas permasalahan dari konsumen. Definisi startup di era digital ini banyak mengarah ke bisnis atau perusahaan yang berbau teknologi, internet, web dan lain sebagainya. Nah dengan adanya perkembangan teknologi di era digital inilah maka banyak bermunculan berbagai startup yang ada di Indonesia yang mana ini akan menjadi sebuah peluang bisnis bagi masyarakat.

Ciri – Ciri Bisnis Startup

Bagi anda yang masih bingung akan bisnis startup ini, maka anda dapat mengidentifikasi bisnis ini melalui karakteristiknya. Dengan mengetahui beberapa karakteristik dari bisnis startup ini maka anda bisa mengenali lebih jauh lagi tentang perusahaan atau bisnis startup. Berbagai karakteristik bisnis startup ini antara lain sebagai berikut:

1. Perusahaan atau bisnis di bawah tiga tahun

Seperti yang anda ketahui bahwa bisnis startup merupakan sebuah bisnis atau perusahaan yang baru dirintis untuk bisa menjadi bisnis yang besar. Oleh karena merupakan bisnis yang baru merintis tentunya usia bisnisnya pun masih belum terlalu lama namun memiliki sebuah produk atau jasa yang bisa memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi dan tentunya dengan berbasis teknologi yang canggih. Jadi perusahaan baru yang masih berada di rentang usia dibawah tiga tahun bisa dikatakan sebagai bisnis startup.

2. Pada umumnya memiliki jumlah pegawai kurang dari 20 orang

Jumlah pegawai yang dimiliki oleh bisnis startup ini biasanya cukup sedikit tetapi pegawai – pegawai tersebut memiliki keahlian atau skill yang tinggi serta dapat bekerja multitasking dan tentunya memiliki semangat kerja yang tinggi. Hal ini dikarenakan startup biasanya dibangun oleh para generasi muda yang memiliki semangat kerja yang tinggi.

3. Pendapatannya kurang dari $100.000 / tahun

Pada awal masa merintis suatu perusahaan tentu pendapatan yang didapatkan juga pasti bukan pendapatan yang sangat tinggi, sehingga biasanya pada perusahaan startup ini memiliki pendapatan yang kurang dari $100.000 / tahun. 

4. Masih pada tahapan perusahaan berkembang

Perusahaan atau bisnis startup diartikan sebagai sebuah bisnis rintisan yang mana bisnis ini menggunakan basis teknologi, jadi dari sini tentu perusahaan startup kebanyakan memiliki ciri sebagai sebuah perusahaan yang masih pada tahap berkembang

5. Pada umumnya beroperasi pada bidang teknologi

Lalu ciri berikutnya yaitu biasanya perusahaan atau bisnis startup ini beroperasi pada bidang teknologi, yang mana bisanya bisnis ini bisa memberikan sebuah solusi bagi setiap permasalahan yang ada. Karena dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat maka ini bisa dikatakan sebagai peluang yang besar bagi sebuah startup

6. Produk yang dibuat berupa aplikasi yang berbentuk digital

Ciri selanjutnya yaitu perusahaan atau bisnis startup ini biasanya memiliki sebuah aplikasi digital, yang mana ini bertujuan untuk lebih mendekatkan bisnisnya melalui interaksi yang mudah bersama dengan konsumen ataupun penggunanya.

7. Beroperasi menggunakan website

Ciri perusahaan atau bisnis startup yang terakhir yaitu biasanya beroperasi menggunakan website, biasanya website ini akan memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk bisa mengenal suatu produk dari bisnis tersebut yang mana dapat diaksess secara mudah dengan mengunjungi website dari perusahaan atau bisnis tersebut.

Jenis Startup di Indonesia

Dari definisi startup serta ciri-cirinya di atas, tentu anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas terkait apa itu startup, setelah itu anda harus mengetahui jenis – jenis startup yang banyak berkembang di Indonesia. Beberapa jenis startup tersebut antara lain:

Startup Games

Di masa saat ini pasti tidak asing lagi dengan berbagai games online, yang mana memang bermain game ini menjadi sebuah habit dan kebiasaan yang banyak dilakukan oleh para milenial untuk mengisi waktu luangnya. Karena hal ini maka banyak bermunculan berbagai startup games yang bisa diunduh melalui smartphone anda. Apalagi apabila games dibuat semenarik mungkin dengan aplikasi yang mudah diakses maka tentunya akan bisa menarik perhatian masyarakat, baik millennial, anak – anak maupun orang dewasa.

Startup Properti

Startup property ini merupakan jenis bisnis atau perusahaan startup yang memberikan informasi untuk para client atau para pengguna dengan memberikan solusi bagaimana mencari hunian yang cocok dan pas, kemudian jenis startup ini juga memberikan solusi kepada masyarakat dalam proses peminjaman kredit rumah ataupun apartemen. Dan tentunya jenis startup ini juga cukup banyak berkembang di Indonesia.

Startup Perdagangan

Startup jenis perdagangan ini biasanya disebut sebagai e-commerce yang tentunya juga banyak berkembang di Indonesia. Hal ini dikarenakan semua orang saat ini banyak melakukan proses jual beli barang secara online dan ini merupakan sebuah kebiasaan baru yang terus berkembang hingga akhir – akhir ini. Berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan e-commerce ini dikarenakan kemudahannya dalam berbelanja yang hemat tenaga serta terkadang harganya yang jauh lebih murah. Oleh sebab itu makanya startup pedagangan banyak berkembang di Indonesia.

Startup di Indonesia

Di Indonesia sendiri pertumbuhan startup juga bisa dikatakan cukup tinggi dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Oleh karena itu bisa dikatakan hal ini menjadikan peluang yang besar untuk bisa mendirikan suatu startup. Dan ini bisa dilihat dari pertumbuhan startup yang sangat pesat di beberapa tahun terakhir. Seperti halnya pada kemunculan startup Coding Studio, yang mana startup ini bergerak di bidang jasa kursus teknologi informasi. Coding Studio ini didirikan pada tahun 2020, yang artinya bisnis ini juga termasuk dalam definisi startup yang dijelaskan diatas bahwa startup biasanya beroperasi kurang dari 3 tahun. Kemudian Coding Studio ini juga merupakan sebuah startup yang bisa menjawab dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat, yaitu mengenai perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini namun tidak dibarengi dengan daya kemampuan masyarakat akan teknologi, untuk itu Coding Studio memberikan solusi dengan jasa kursus IT yang mana masyarakat dapat menambah atau meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi agar bisa mengikuti perkembangan teknologi yang cukup pesat ini. Coding Studio juga memiliki website yang bisa anda akses melalui link codingstudio.id, dan disini anda dapat melihat berbagai tawaran jasa kursus yang sesuai dengan kebutuhan anda.